Resep Gado-Gado Padang

Resep Gado Gado Padang

Apa kabar, teman-teman? 


Kalau ngomongin masakan Padang, mungkin lebih identik ke menu serba daging atau yang bersantan ya. Kali ini saya mau merekomendasikan menu sayurannya, yaitu Gado-Gado Padang. 

Gado-Gado Padang yang saya buat versi yang nenek saya ajarkan. Untuk sayurannya mungkin nggak semuanya kami gunakan, atau mungkin ada yang kami tambahkan. Begitu juga dengan penambahan terasi yang mungkin nggak ada di resep aslinya. Pokoknya ini disesuaikan dengan selera penghuni rumah kami ya, hehe...

Kalau misalnya ada bahan atau proses pembuatannya ada yang beda dari yang teman-teman biasa masak, yuk share aja...


Untuk bahan sayuran, yang perlu disiapkannya itu...

½ kol ukuran sedang, cuci, iris tipis
2 ikat kacang panjang, potong pendek, cuci, rebus hingga lunak, tiriskan
2 buah telur, rebus, belah dua, iris tipis

2 buah timun, cuci, belah dua, iris tipis
2 buah kentang, rebus hingga lunak, belah dua, iris tipis
1 bungkus mie telur, masak hingga matang, tiriskan

1,5 gelas air (gelas belimbing)
Secukupnya minyak goreng
Secukupnya kerupuk merah, bisa juga gunakan kerupuk udang atau emping (karena sekarang riskan juga ya beli kerupuk merah)
Secukupnya bawang goreng


Kalau untuk bumbunya...

4 siung bawang merah, iris
1 siung bawang putih, iris
1 sdm cabe giling (kadar pedas disesuaikan aja ya), atau bisa gunakan cabe merah 10 buah, blender halus

100 gram kacang tanah, goreng, blender halus (kalau saya blendernya dicampur sedikit air dari 1,5 gelas di atas)
1/2 sachet terasi, haluskan 
5 lembar daun jeruk

2 ruas jeruk nipis
Secukupnya garam


Lalu ini cara masaknya ya...

Panaskan minyak goreng, lalu tumis bawang merah dan bawang putih hingga matang.

Masukkan cabe dan daun jeruk, tumis hingga harum.

Masukkan blenderan kacang tanah, terasi, jeruk nipis, dan garam, lalu aduk.

Masukkan air sedikit demi sedikit, jangan sampai cair, sembari diaduk hingga mendidih.

Dicobain dulu ya rasa garamnya.

Tata sayuran di piring secukupnya, siram dengan bumbu kacang, lalu aduk hingga merata.

Taburi bawang goreng dan kasih kerupuk. 



Kalau saya, yang bikin saya suka banget makan gado-gado Padang itu karena ada kol yang mentah ini. Biasanya Gado-Gado Padang ini kami makan bersama nasi hangat atau potongan ketupat. Hasilnya bisa untuk 4 piring kurang lebih ya. Kadar pedasnya ini sedang kok, nggak pedas amat.

Makasih banyak ya teman-teman udah mampir dan selamat mencoba...