Gado-Gado Padang

Apa kabar, teman-teman? 



Kalau ngomongin masakan Padang, mungkin lebih identik ke menu serba daging atau yang bersantan ya. Kali ini saya mau merekomendasikan menu sayurannya, yaitu Gado-Gado Padang. 


Tapi ini Gado-Gado Padang versi yang nenek saya ajarkan, yang disesuaikan dengan selera penghuni rumah kami. Jadi mungkin ada yang berbeda dengan yang teman-teman pernah buat, atau pernah baca dari resep lain. Misalnya bahan atau proses pembuatannya ada yang beda, yuk kita sharing aja...

Untuk bahan sayuran, yang perlu disiapkannya itu...

½ kol ukuran sedang, cuci, iris tipis
2 ikat kacang panjang, potong pendek, cuci, rebus hingga lunak, tiriskan
2 buah telur, rebus, belah dua, iris tipis
2 buah timun, cuci, belah dua, iris tipis
2 buah kentang, rebus hingga lunak, belah dua, iris tipis
1 bungkus mie telur, masak hingga matang, tiriskan
Secukupnya minyak goreng
+_ 1 gelas belimbing air
Secukupnya kerupuk merah, bisa juga gunakan kerupuk udang atau emping (karena sekarang riskan juga ya beli kerupuk merah)
Secukupnya bawang goreng

Kalau untuk bumbunya...

5 siung bawang merah, iris
+_ 1 sendok makan cabe giling (kadar pedas disesuaikan aja ya), atau bisa gunakan cabe merah 10 buah, blender halus
1/2 ons kacang tanah, goreng, blender halus
1/2 sachet terasi, panggang, haluskan 
5 lembar daun jeruk
1 ruas jeruk nipis
Secukupnya garam

Trus cara masaknya...

Panaskan minyak goreng, lalu tumis bawang merah hingga matang.

Masukkan cabe dan daun jeruk, tumis hingga harum.

Masukkan kacang tanah, terasi, jeruk nipis, dan garam, lalu aduk.
Masukkan air sedikit demi sedikit, jangan sampai cair, sembari diaduk hingga mendidih.

Tata sayuran di piring secukupnya, lalu siram dengan bumbu kacang.

Taburi dengan bawang goreng dan kerupuk. 

Biasanya Gado-Gado Padang ini kami makan bersama nasi hangat atau potongan ketupat. Hasilnya bisa untuk 4 piring kurang lebih ya. Kadar pedasnya ini sedang kok, nggak pedas amat.

Makasih banyak ya udah mampir... 

8 comments:

  1. Mantap! Udah lama nih gak makan gado-gado Padang :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya pun udah lama nggak masak ini, Uni :D

      Delete
  2. Bener banget krupuk merah tuh riskan ya xixi,tapi kalo sudah disuguhkan bareng gitu bener2 menggoda selera deh. Wahh kenyang juga pasti mesti pakai lontong wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha waktu di BPOM juga dibahas ya kerupuk merah ini.

      Delete
  3. ooo pake terasi ya bumbunya. Baru tau. Besok coba aaah. Kerupuknya enakan yang kerupuk putih, ta. ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenernya enggak sih. Cuma pas dicoba, jadi enak, haha... Kadang emping juga :D

      Delete
  4. weh padang lah punya resepngado2 jg y miss suer baru tahu hahaha sipp mesti save ni resep 😁

    ReplyDelete

Makasih ya udah meluangkan waktu untuk berkomen. Semua komen melewati jalur sensor dulu ya sebelum mejeng di blog.

Memang tidak ada notif setelah klik posting, tapi komen teman2 tetap masuk ya :)