Resep Godo Pisang Roti Keju

Godo Pisang Roti Keju

Apa kabar, teman-teman?

Pertama kali saya belajar bikin godo pisang ini dari almarhumah nenek. Seringkali saya iseng mengkreasikan makanan tradisional, dan ini salah satunya... godo pisangnya saya tambahin dengan roti dan keju.

Rasanya tetap sama, tapi jadi tambah kenyang karena dicampur roti, dan ada rasa asin gurih dari keju dan margarin sewaktu menggoreng. Mungkin teman-teman ada yang suka bikin godo pisang dengan resep dasar yang berbeda. Yuk sharing aja... 


Ini bahan-bahannya:

5 buah pisang ambon, kalau bisa yang udah mateng banget, biar bejek-bejeknya lebih cepat dan aromanya lebih menguar. Pisangnya dibejek-bejek sampai halus ya.

3 lembar roti tawar, potong dadu.
Satu genggam keju yang udah dipotong dadu.
2 SDM terigu.

¼ sdt garam.
Secukupnya minyak goreng.
1 sdm margarin.


Untuk saus gula merahnya:

2 buah gula merah.
Segelas air (gelas belimbing)
1 sdt maizena

Sedikit kayu manis
Sedikit garam


Lalu ini cara masaknya ya...

Campurkan pisang, roti, keju, terigu, dan garam. Aduk sampai merata. Misal adonannya terlalu lembek banget, tambahin aja sedikit terigunya. Kelewat lembek rada susah pas menggorengnya. Tapi kebanyakan terigu juga jadi bikin adonan keras dan jadi rasa terigu doang.

Panaskan minyak campur margarin.

Goreng adonan kayak goreng bakwan, tapi kalau bisa pakai teflon aja ya, karena biasanya lengket.


Sekarang kita buat saus gula merahnya:

Didihkan gula merah, kayu manis, dan air, sampai gula merahnya menyatu semua.

Gula merahnya disaring, trus didihkan lagi dengan kayu manisnya, sambil ditambahkan maizena dan garam. Aduk sampai mengental. Gunakan api pelan aja ya.

Masukkan adonan gorengannya, trus diaduk dengan saus gula merahnya. Kadang saya cuma tuangin aja saus gula merahnya ke atas adonan yang udah diletakkan di atas wadah.


Udah jadi deh. Mungkin ini bisa jadi bekal untuk anak-anak sekolah, karena rasanya manis, bikinnya nggak susah, dan pastinya kenyang dan sehat. Bikin adonan dan saus gula merahnya bisa dari malam trus disimpan di kulkas, jadi paginya tinggal goreng dan saus gula merahnya tinggal dipanasin aja.

Makasih ya teman-teman udah mampir dan selamat mencoba ya...

Comments