Singkong Udang Sambal Kelapa


Apa kabar, teman-teman? Hari ini masak sendiri, beli mateng aja, atau lagi wisata kulineran? Apapun itu semoga bikin kita happy ya...

Singkong biasanya dijadikan cemilan macam kolak atau singkong keju. Dan kali ini saya masak singkong untuk dijadikan menu utama, yang dicampurkan dengan udang dan sambal kelapa. Makan singkong pakai nasi, bener bangettt... haha.. Oh iya, masakan ini dalam rangka dikasih singkong gratis :P

Bahan-bahannya itu cuma...
Singkong, kupas lalu potong dadu (kurang lebih 1 genggam aja ya)
¼ kg udang
½ kelapa parut (kelapanya yang setengah tua ya)
1 siung bawang putih, 
Secukupnya garam
1 ruas jeruk nipis
Secukupnya minyak goreng

Bumbu gilingnya:

15 buah cabe merah
4 siung bawang merah
1 siung bawang putih
½ sdt ketumbar
Secukupnya garam

Lalu ini cara masaknya...

Campurkan singkong dengan bawang putih giling dan garam, lalu goreng.

Campurkan udang dengan garam, lalu goreng.

Giling bumbu sampai halus, lalu masukkan kelapa, giling lagi.

Goreng gilingan sambal kelapa dan jeruk nipis sampai matang dengan api sedang.

Campurkan dengan singkong dan udang.

Sambal kelapanya jadi mirip serundeng dan rasanya nggak gitu pedes-pedes amat. Jadinya kurang lebih satu piring penuh. Makasih ya udah mampir. 

Ini resep sambal saya yang lainnya...

Sambalado Hijau Teri Padang

4 comments:

  1. kreasi baru dari singkong nih. Saya tahunya singkong cuma digoreng, direbus atau dibikin kolak. Terima kasih inspirasinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mba Haeriah: iya kalau ini untuk lauk :D

      Delete
  2. Wahhh kaya yang enak nih Mba.. Eh iya tapi kalo pake nasi lagi nanti karbo nya jadi double ya? Hihihi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mba nola: haha saya makan nggak ngitung2 kalori :D

      Delete

Makasih ya udah meluangkan waktu untuk berkomen. Semua komen melewati jalur sensor dulu ya sebelum mejeng di blog.

Memang tidak ada notif setelah klik posting, tapi komen teman2 tetap masuk ya :)