Nasi Goreng Kulit Melinjo


Apa kabar, teman-teman?

Kalo ngomongin kulit melinjo, biasanya sama teman-teman atau keluarganya teman dimasak kayak gimana? Kalau saya selain tumis kuning campur teri medan, kali ini saya bikin untuk campuran nasi goreng. Bahan-bahan utamanya juga simple aja kok.

Ini bahan-bahannya:
500 gram nasi (kurang lebih 2 piring)
70 gram kulit melinjo (kurang lebih segenggam), belah dua, rebus dengan air kurang lebih 2 gelas dan kasih sedikit garam
4 siung bawang merah, iris halus
1 batang daun bawang, iris
1 buah tomat, belah 4, iris
2 sdm kecap manis
Minyak untuk menumis

Bumbu gilingnya:

1 siung bawang putih
½ sdt lada hitam
1 sdt ketumbar
3 butir cabe merah
1 terasi sachet-an
Secukupnya garam

Pelengkapnya kalau saya pakai:

2 buah telur, campurkan aja dan kocok
5 buah baso, iris

Lalu cara masaknya:

Panaskan minyak lalu tumis bawang merah.

Masukkan daun bawang, tomat, dan bumbu giling. Tumis hingga harum.

Masukkan telur, aduk dengan api agak pelan biar nggak lengket kalau masaknya nggak pakai teflon.

Masukkan baso dan kulit melinjo, aduk sebentar. (Yang mau ditambahkan suwiran ayam atau yang lain, campurkan di sini aja ya).

Masukkan nasi, aduk sampai merata dengan bumbu. Gunakan api agak pelan aja ya.

Masukkan kecap, lalu aduk lagi sampai merata. Biar lebih kering, apinya dinaikkan sedikit aja.

Karena pakai lada hitam dan cuma cabe merah 3 butir aja, ini rasanya nggak pedas kalau buat saya, haha... Jadinya kurang lebih 3 piring. Rasanya ya perpaduan antara terasi dan kulit melinjo.

Kalau teman-teman biasanya bikin nasgor dicampur apa? Yuk cerita-cerita atau mungkin ada resepnya juga. Makasih ya udah mampir.

12 comments:

  1. Gue sering-sering berkunjung ke blog iji, lama-lama gue jadi pintar masak... Hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mukhsin: haha... sama2 masih belajar :D

      Delete
    2. Hahaha.. Iya kak. Jadi cowok terus jago masak serasa ada plus-plusnya gitu. Hehe

      Delete
  2. waah... bumbunya pakai ketumbar juga ya mba... biasanya bikin nasi goreng ga pake ketumbar, coba ah kapan-kapan. di rumh ortu dulu punya pohon melinjo malah gatau kalau kulitnya bisa dimasak huhuhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mba Retno: kalau kulit melinjo ini saya beli seplastik, mba :D Enak ya kalau ada pohonnya, haha... Iya saya kalau bikin nasgor pakai ketumbar juga :D

      Delete
  3. Nasi goreng nya aku ngak suka tapi melinjo nya suka banget, apalagi kalo di sayur asem hahaha

    ReplyDelete
  4. Wah, boljug ni, bisa untuk variasi masakan nasi goreng. Kapan-kapan coba ah

    ReplyDelete
  5. aku tuh baru tau loh mba kalo kulit mlinjo bisa dimasak gini.. itu krn pembantuku yg awalnya bikinin masakan pake kulit mlinko di iris2... pertama ngeliat aku kirain cabe merah hahahahaha ;p.. biasanya kalo si mba ART di masak tumis ama tempe ato kecombrang.. dibikin pedes.. enaaak ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mba Fanny: iya kalau tumis kuning biasanya saya pake teri medan :D

      Delete

Makasih ya udah meluangkan waktu untuk berkomen. Semua komen melewati jalur sensor dulu ya sebelum mejeng di blog.

Memang tidak ada notif setelah klik posting, tapi komen teman2 tetap masuk ya :)