Tumis Daging Kambing Kecap Lada Hitam


Apa kabar, teman-teman? Sehat-sehat terus ya...

Dalam rangka ada daging kambing dari qurban kemarin, kali ini saya bikin tumis kambing kecap lada hitam yang dikombinasikan dengan sayur juga, yaitu wortel dan jagung muda.

Ini bahan-bahannya:
300 gram daging kambing
5 buah jagung muda, potong menyerong
2 buah wortel, potong menyerong
4 siung bawang merah, iris
3 buah cabe hijau, iris menyerong
3 buah cabe merah, iris menyerong
1 batang daun bawang, iris menyerong
1 buah tomat merah, belah dua lalu iris
½ sdt lada hitam
2 sdm kecap manis
½ sdt gula

3 sdm minyak untuk menumis
1 sdm margarin untuk menumis
500 ml air untuk merebus daging pertama
500 ml air untuk merebus daging kedua
150 ml air untuk tumisan  

Bumbu rebusannya, giling halus:

5 siung bawang merah
6 siung bawang putih 
1 sdt ketumbar
5 butir cengkeh
½ ibu jari biji pala (pakai setengahnya aja ya)
½ ibu jari jahe
Secukupnya garam

Lalu cara masaknya...

Rebus daging dengan 500 ml air kurang lebih setengah jam dengan api pelan. Angkat.

Rebus daging dengan 500 ml air (yang baru) berikut bumbu gilingnya dengan api pelan, hingga lunak.

(Ini saya masaknya nggak pakai panci presto, dan saya kalau masak daging sapi atau kambing memang lebih suka diganti airnya, biar lebih bening).

Potong-potong daging ukuran dadu.

Panaskan minyak dan margarin, lalu tumis bawang merah.

Masukkan cabe hijau, cabe merah, daun bawang, tomat, lada hitam, dan sisa bumbu rebusan daging. Tumis hingga lalu.

Masukkan 150 ml air, lalu masukkan wortel dan jagung muda. Masak dengan api sedang hingga matang.

Masukkan daging, lalu aduk.

Masukkan kecap dan gula. Aduk lagi hingga merata.

Ini hasilnya memang ada kuahnya dan jadinya cukup banyak juga. Selamat masak dan minta dimasakin ya, teman-teman...  Makasih udah mampir.

4 comments:

  1. Aku dagingnya belum di apa-apain, wkwkwk.
    Boleh dicoba nih reepnya. Tapi adanya daging sapi nih. Bisa dimodif kan ya Mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mba Rotun: sip, mba. Di dapurrotun apa sih nggak bisa dimodif? :D

      Delete
  2. simple resepnya tapi kayaknya enak ih, coba ah..

    ReplyDelete

Makasih ya udah meluangkan waktu untuk berkomen. Semua komen melewati jalur sensor dulu ya sebelum mejeng di blog.

Memang tidak ada notif setelah klik posting, tapi komen teman2 tetap masuk ya :)