Resep Daging Kambing Kecap Lada Hitam

Daging Kambing Kecap Lada Hitam

Apa kabar, teman-teman? 

Kalau di rumah kami, daging kambing biasanya cuma masakan setahun sekali aja, haha... pas dapet jatah daging qurban. Jangankan daging kambing, daging sapi aja kami jarang beli, karena lebih sering masak ayam atau ikan.

Kalau ada antaran daging kambing, ya udah dimasak aja dan dimakan secukupnya. Biar nggak nambah lemak, daging kambing ini saya masak dengan kuah kecap aja tanpa menggunakan santan. Selain itu, masakannya dikombinasikan juga dengan sayurannya, yaitu wortel dan jagung muda.


Ini ya bahan-bahannya:

300 gram daging kambing, bersihkan.
500 ml air rebusan pertama
500 ml air rebusan kedua 
Secukupnya minyak goreng


Bumbu rebusan daging, giling halus:

4 siung bawang merah
6 siung bawang putih 
1 sdt ketumbar

5 butir cengkeh
½ ibu jari biji pala (pakai setengahnya aja ya)
½ ibu jari jahe
Secukupnya garam 

Cara memasaknya:

Rebus daging dengan api pelan menuju sedang hingga setengah matang.

Keluarkan daging lalu potong-potong. Rebus kembali dengan air rebusan kedua hingga empuk. Bumbu rebusannya masukkan pas di rebusan kedua ini ya. Gunakan api pelan.

Saya memang nggak menggunakan panci presto, jadi prosesnya merebus dagingnya agak lama. Dan saya memang selalu menukar air rebusan biar bersih dari darah. 

Kalau udah empuk, tiriskan daging, panaskan minyak goreng lalu goreng dengan api sedang hingga matang. Ini sih gorengnya nggak lama karena dagingnya udah empuk.


Bahan selanjutnya:

5 buah jagung muda, iris menyerong
2 buah wortel, iris menyerong

Secukupnya minyak goreng
1 sdm margarin
 
4 siung bawang merah, iris tipis
1/4 bawang bombay, iris 
1 batang daun bawang, iris

1 buah tomat, belah empat, lalu iris
3 buah cabe hijau, iris menyerong
3 buah cabe merah, iris menyerong

1 sdt lada hitam
1 sdt gula 
3 sdm kecap manis
150 ml air untuk menumis


Bumbu giling untuk tumisan

1 siung bawang putih
1 sdt ketumbar
Secukupnya garam

Lalu ini cara masaknya...

Panaskan minyak dan margarin, lalu tumis bawang merah hingga matang.

Masukkan bawang bombay, daun bawang, tomat, cabe hijau, cabe merah, lada hitam, gula, dan bumbu giling tumisan, lalu tumis hingga harum.

Masukkan air, wortel, dan jagung muda. Masak dengan api pelan menuju sedang hingga hingga wortel dan jagungnya empuk.

Masukkan daging, lalu aduk hingga merata.

Masukkan kecap, lalu aduk hingga merata.


Ini hasilnya kurang lebih satu piring dan rasanya perpaduan manis kecap dan lada hitam. Nggak terbilang pedas karena lada hitam kadar pedasnya kalau saya bilang sih di bawah lada putih. Hasilnya memang agak berkuah ya.

Makasih banyak ya udah mampir dan selamat mencoba... 

Note: Untuk daging sapi, silakan dikurangi aja bawang putihnya 1 ya, selebihnya sama.



13 comments:

  1. Kayak e aku pilih versi sapinya ... Wkwkwkwk. Kambing aku ga tahan baunya. Eh tapi mungkin dengan bumbu rebusan yg tertulis itu bisa bikin daging kambingnya ga berbau ya Mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Daging kambing yang penting bawang putihnya banyak sih. Eh tapi memang ada sih daging kambing yang bau banget gitu, haha...

      Delete
  2. Resepnya pas banget dalam nuansa idul Adha. Cocok juga untuk yang pengen icip tapi takut kolesterol ya Mba, karena dikombinasikan dengan sayuran :)

    ReplyDelete
  3. Uwowow... Kalo ntr aku dpt daging kurban, mau aku masak gini aja mba hihihihi.. Slama ini, biasanya dagingnya kita sate. Bosen jg aku kalo di sate mulu :p

    ReplyDelete
  4. tahun ini aku dapet tulang iga. jadi weh bikin sop. padahal tadinya pengen bikin tongseng or yg laennya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau tulang memang enaknya di sup ya, Mba Inna. Segar pula, berkuah.

      Delete
  5. Asyiiik.. cobain aah. Masih ada dagingnya

    ReplyDelete
  6. Toss miss dirikupun jarang beli daging sapi. Karena agak rempong masaknya ya haha. Oia masak daging kambing harus ekstra ketimbang sapi ya, butuh bawang putih yg lumayan banyak juga ya wkkwkw. Nice lah resepnya pas banget sama moment lebaran kurban.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya dan lagi untuk jaga kesehatan kan lebih baik ayam dan ikan.

      Delete
  7. Memang kalau masak daging kambing banyak bawangnya.. Hmmm, jadi pengen nyoba masak begini, abisnya di rumah daging kambing selalu dibuat gulai atau tongseng.

    ReplyDelete

Makasih banyak ya teman-teman udah meluangkan waktu untuk mampir. Semua komen akan melewati jalur sensor dulu yaaa...

BTW don't call me "Mak" or "Bunda" cause I'm not Emak-Emak or Bunda-Bunda :P