Nasi Goreng Fiesta Seafood Sarden


Apa kabar teman-teman?

Untuk ke sekian kalinya saya mau pamer, haha... Materi pamer saya kali ini adalah tiga hari yang lalu saya dapet paket dari Fiesta Seafood. Mungkin teman-teman ada yang sama kayak saya, kalau ngomongin Fiesta Seafood itu taunya nugget dan sejenisnya.

Tapi ini hadiah yang dikirimkan adalah sarden, varian baru dari Fiesta Seafood. Selesai tanda-tangan kertas pak kurir, saya langsung buka box-nya. Wow... ada lima kaleng Fiesta Seafood Sarden, plus kartu ucapan dengan nama lengkap saya.


Untuk kartu ini, mungkin kalau buat Fiesta cuma hal yang sederhana. Tapi kalau buat saya... rasanya dihargai banget, haha... Kayak sebuah kartu ucapan ulang-tahun.

Dari ke lima kaleng ini, ada dua yang saus cabe dan tiga saus tomat. Saya baru buka satu yang saus cabai untuk dibikin Nasi Goreng Fiesta Seafood Sarden ini.

Oh ya, ini makasih juga untuk mak Linda dari KEB karena waktu itu mak Linda yang bikin pengumumannya di grup FB-nya KEB.


Seneng deh kalau kaleng sarden ada bukaan yang tinggal tarik gini. Kalau sarden jaman dulu kan mesti diketok-ketok dulu sekeliling.

Begitu dibuka, ada empat potong ikan kecil-kecil. Karena saus cabai, jadi ya ada rasa pedasnya tapi nggak kelewat pedas.

Ini ya bahan-bahan untuk bikin nasi gorengnya:

450 gram nasi (kurang lebih 2 piring)
1 kaleng Fiesta Seafood Sarden saus cabe
4 siung bawang merah, iris
1 batang daun bawang, iris tipis
1 buah tomat sedang, belah empat lalu iris
3 buah cabe ijo, iris tipis
2 sdm kecap manis
1 buah timun, belah empat, iris
Secukupnya minyak goreng

Bumbu gilingnya:

1 siung bawang putih
½ sdt lada hitam (lada putih bisa juga cuma kalau buat saya lada putih lebih pedas)
1 sdt ketumbar
Secukupnya garam

Cara masaknya:

Panaskan minyak lalu tumis bawang merah sampai matang.

Masukkan bumbu giling, daun bawang, tomat, cabe ijo, lalu aduk sampai harum dan irisannya layu.

Masukkan Fiesta Seafood Sarden (kuah sardennya juga masukkin ya), lalu aduk sambil dihancurkan ikannya.

Masukkan nasi, kecilkan api, aduk sampai merata.

Masukkan kecap, lalu aduk lagi sampai merata.

Masukkan timun, aduk sebentar aja. Kalau timunnya dipisah juga sama enaknya.


Udah deh. Ini hasilnya kurang lebih jadi tiga piring.  Kalau untuk anak-anak atau teman-teman yang nggak suka pedas, bisa gunakan yang saus tomat aja. Lalu cabe ijo, lada, dan ketumbarnya nggak usah dipakai aja.

Selamat masak atau minta dimasakin teman-teman. Makasih ya udah mampir... 

No comments:

Post a Comment

Makasih banyak ya teman-teman udah meluangkan waktu untuk mampir. Semua komen akan melewati jalur sensor dulu yaaa...

BTW don't call me "Mak" or "Bunda" cause I'm not Emak-Emak or Bunda-Bunda :P