4 Resep Gulai Ikan


Apa kabar, teman-teman?

Kalau ngomongin tentang masakan laut, yang paling sering dimasak di rumah kami adalah ikan. Kita semua udah tahu dong ya kalau beberapa jenis ikan itu nggak cuma enak untuk dimakan aja, tapi juga penting banget untuk kesehatan tubuh kita.
Dalam beberapa ikan segar, terkandung nutrisi yang pastinya sangat dibutuhkan oleh tubuh kita, di antaranya:

Omega 3

Selain untuk membantu mencerdaskan otak, omega 3 juga bermanfaat sekali untuk mencegah inflamasi yang menjadi penyebab penuaan dini. Nih, selain hunting kosmetik anti aging, haha... makan ikan juga perlu banget nih biar kulit tetap sehat.

Lalu Omega 3 juga bisa membantu untuk menstabilkan darah tinggi, menjaga kesehatan jantung, mencegah depresi pada tubuh dan otak, mencegah dimensia, mengurangi kelahiran prematur pada ibu hamil, serta meningkatkan fungsi otak janin dalam kandungan. Makanya ikan bagus banget ya dikonsumsi oleh ibu hamil.

Omega 3 ini banyak terkandung dalam ikan salmon dan mackerel.

Vitamin D dan B2 yang berguna untuk kesehatan tulang dan kulit.

Kalsium. Manfaatnya juga untuk tulang.

Fosfor yang bisa membantu menjaga kesehatan mata dan kulit. 

Mineral
Selain untuk menjaga kesehatan tulang, mineral juga berguna untuk mencegah terjadinya gangguan pada otot, membantu pembentukan hemoglobin, untuk kesehatan kulit, menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh, memperlancar metabolisme, serta bermanfaat juga untuk memelihara fungsi otak

Ternyata selain itu, menyantap ikan segar juga bermanfaat untuk mencegah kolesterol, mengurangi stroke dan kanker, mencegah alzheimer, dan juga diabetes.

Gulai Ikan

Gulai ikan merupakan salah satu kuliner dari kampung kami, Sumatera Barat. Penggunaan daun ruku-ruku dan daun kunyit bisa menambahkan kelezatan gulai ikan. Memang daun ruku-ruku agak susah juga didapat, tapi nggak apa-apa. Gunakan daun kunyitnya aja.

Resep gulai ikan ini memang sudah dikreasikan sesuai dengan selera penghuni rumah kami, seperti penggunaan santannya yang nggak pekat serta rasanya yang nggak kelewat pedas.  

Gulai Ikan Tongkol – Belimbing Sayur

Gulai Ikan Tongkol - Belimbing Sayur
Kalau dilihat dari manfaatnya, menyantap ikan tongkol ternyata bisa mengurangi penyakit mata yang disebabkan oleh penuaan, serta juga dapat mencegah penyakit rematik.

Dalam 100 gram ikan tongkol, terdapat energi sebanyak 117 kkal, protein 23,2 gram, lemak 2,7 gram, karbohidrat 2,7 gram, vitamin A, C, B1, B6, dan B12, dan tentunya omega 3. 

Ini dia bahan-bahan yang perlu dipersiapkan:

500 gram ikan tongkol. (kalau saya menggunakannya ikan tongkol potong)
15 buah belimbing sayur, belah dua
3 gelas santan dari ½ kelapa
10 butir cabai rawit hijau, keprek atau belah dua
2 sdm cabai giling
1 batang sereh, keprek
1 lembar daun kunyit, potong-potong sedang aja
10 lembar daun ruku-ruku

Bumbu gilingnya:

6 siung bawang merah
2 siung bawang putih
½ ibu jari kunyit
½ ibu jari jahe
½ sdt lada
1 sdt ketumbar
Secukupnya garam

Lalu cara masaknya:

Campur santan, bumbu giling, cabai rawit, cabai giling, sereh, daun kunyit, dan daun ruku-ruku. Didihkan sembari diaduk sesekali.

Masukkan ikan dan belimbing. Aduk sesekali hingga ikannya matang.

Proses memasaknya gunakan api sedang aja. Untuk rasa, perpaduan antara pedas dan asam, jadi segar untuk disantap dengan nasi hangat. Hasilnya kurang lebih satu mangkok sedang.

Gulai Ikan Tongkol - Daun Singkong
Lalu ini resep yang kedua, masih menggunakan ikan tongkol, yaitu Gulai Ikan Tongkol – Daun Singkong.

Bahan-bahannya:

500 gram ikan tongkol. (Saya juga menggunakan ikan tongkol potong)
2 genggam daun singkong. Pilih yang tidak tua ya.
1 buah asam kandis.

Untuk penggunaan bumbu lainnya sama, begitu juga dengan proses memasaknya. Hanya menjelang matang, masukkan asam kandis.

Gulai Ikan Tuna - Mangga
Gulai Ikan Tuna – Mangga. Ini resep ketiga yang menggunakan ikan tuna dicampur dengan mangga muda.

Ikan tuna memiliki kadar protein yang tinggi, antara 22,6 hingga 26,2 gram per 100 gram. Menyantap ikan tuna dapat mencegah obesitas, tekanan darah tinggi, serta baik untuk kesehatan jantung.

Bahan-bahannya:

500 gram ikan tuna fillet
1 buah mangga muda, iris memanjang

Bumbu lainnya dan proses memasaknya juga sama. Gulai ikan tuna – mangga ini juga memberikan perpaduan rasa asam dan pedas.

Gulai Ikan Kakap - Tahu
Gulai Ikan Kakap – Tahu. Ini resep masakan yang terakhir, menggunakan ikan kakap yang dicampur dengan tahu putih.

Dalam 100 gram ikan kakap mengandung 70% selenium yang bisa membantu kalau teman-teman ada yang sedang dalam program diet. Selain itu, selenium juga mendukung fungsi sel-sel darah putih agar kelenjar tiroid bisa berfungsi dengan baik.

Selain itu, pada ikan kakap merah juga mengandung vitamin A, kalium, serta omega 3.

Bahan-bahannya adalah:

500 gram ikan kakap fillet
500 gram tahu putih, potong dadu
1 buah asam kandis

Untuk bumbu lainnya dan proses memasaknya juga sama. Hanya menjelang matang, masukkan asam kandis.

Untuk memilih ikan yang segar itu gampang-gampang susah juga ya, karena takutnya ikan yang kita pilih malah mengandung pengawet berbahaya yang bisa merusak kesehatan tubuh.

Berikut ini tips yang saya dapat untuk memilih ikan segar:

Warna kulit ikan terang dan cerah.
Daging ikan kalau ditekan akan terasa keras.
Mata ikannya jernih menonjol dan cembung.
Sisik ikan segar, masih kuat melekat, dan mengkilat.
Insangnya berwarna merah.
Siripnya kuat.
Daging dan kulit ikan nggak gampang robek, terutama di bagian perutnya.
Dan yang terakhir, pastinya enggak mau busuk.

Sumber info: 
www.manfaat.co.id
www.superindo.co.id
www.pengayaan.com
www.seputarikan.com

Comments

  1. Memang ikan itu banyak manfaatnya ya. "Ikan tongkol ternyata bisa mengurangi penyakit mata yang disebabkan oleh penuaan, serta juga dapat mencegah penyakit rematik" ,nah ini aku baru tau dari tulisan Ms. Nita. Lanjutkan makan ikan! Anak2ku doyan banget, aku juga, kecuali papanya gak suka dia.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mumpung anak2 doyan, jadi mesti dibiasakan juga ya, Mba. Papanya paksain suruh makan ikan, haha...

      Delete
    2. Papanya anak2 ga doyan ikan hahaha ga bisa dipaksa. Gawat bisa muntah dan trauma wkwkwkkw...sukanya teri dipedesin pake kacang aja. Ikan asin pun pilih2 dia. Padalah enak banget yach menu ikan tuh.

      Delete

Post a Comment

Makasih banyak ya teman-teman udah meluangkan waktu untuk mampir. Semua komen akan melewati jalur sensor dulu yaaa...

BTW don't call me "Mak" or "Bunda" cause I'm not Emak-Emak or Bunda-Bunda :P