Pesta Kuliner di SIAL Interfood 2016

SIAL Interfood 2016

Apa kabar, teman-teman?

Kali ini saya mau cerita-cerita tentang kelayapan saya ke SIAL Interfood 2016 ya. Saya tau event ini dari salah seorang teman lama. Sebagai juragan kue plus bimbel juga, Miss Ella ini emang update banget tentang acara perkulineran, haha... 

Di akhir Oktober lalu teman saya ini ngabarin kalau tiket SIAL Interfood 2016 ini bisa didapatkan secara gratis lewat daftar online sebelum hari H. Eh tapi saya lupa daftarnya. Kalau beli, harga tiketnya 150 rebeng. Alamakkk... ya sudahlah nggak usah ke sana.

Eh di tanggal 10 Novembernya, Miss Ella ngabarin lagi kalau punya dua undangan hard copy dari temannya. Satu mau dikasih buat temannya dan satu lagi buat saya. Horeyyy... jadilah saya berangkat juga ke SIAL Interfood 2016.

SIAL Interfood 2016
Undangan SIAL Interfood 2016
Mungkin ada teman-teman yang belum tau, kalau SIAL Interfood ini semacam pameran kuliner internasional. Kata Miss Ella, 2016 ini merupakan tahun kedua event ini diadakan. Acaranya mulai tanggal 9-12 November 2016, di JI EXPO Kemayoran, atau ngetopnya PRJ.

Dari rumah, saya naik ojek online menuju JI EXPO, ketemuan sama Miss Ella dan sholat Dzuhur dulu di Musholla hall D, baru deh siap kelayapan ke hall D. Oh ya, sebelum masuk, saya register dulu untuk cetak name tag. Jadilah saya daftar sebagai chef-nya Dapoer Manieez, nama brand-nya Miss Ella. Nggak kepikiran kalau bisa daftar sebagai food blogger, hahah...

Selesai cetak name tag, kami pun masuk ke hall D. Di pintu masuknya cuma disensor barcode aja yang ada di name tag. Kalau udah punya name tag ini, datang tiap hari selama acara pun bisa, kayak si Miss Ella itu, haha...

Label Halal Samyang

SIAL Interfood 2016
Samyang - SIAL Interfood 2016
Stand pertama yang kami kunjungi adalah stand-nya Samyang, karena Miss Ella mau beli Samyang. Oh ya, kemarin ini kan sempet heboh ya tentang label halal-nya Samyang. Ini di meja stand-nya dipampangin sertifikat halal dari Korea.

SIAL Interfood 2016
Samyang - SIAL Interfood 2016
Yang non halal itu yang bungkus kuning karena walau bahan-bahannya halal tapi proses pembuatannya (mesinnya mungkin) masih dicampur dengan yang non halal. Makanya dari KMF ijinnya nggak keluar.

Untuk label halal MUI sedang diurus, dan untuk dibungkusnya nggak bisa didabel dengan label halal Korea. Terima kasih banyak ya, mba SPG, yang mau ngasih infonya untuk kami. Dan ini infonya saya teruskan ya di sini, karena mungkin ada teman-teman yang juga penyuka Samyang, jadi nggak perlu khawatir lagi.

Minum Teh dan Mamam Es Krim di Kerry

Kerry - SIAL Interfood 2016
Dari stand Samyang, kami menuju stand Kerry. Di sini saya nyobain tester-an Caramel Tea. Rasanya kayak teh susu yang pastinya enak bangettt... 


SIAL Interfood 2016
Caramel Tea by Kerry - SIAL Interfood 2016
Abis nyobain teh, saya nyobain tester-an Vanilla Blue Ice Cream. Tadinya pingin yang matcha, tapi belum bisa, haha... Ternyata Vanilla Blue-nya enak juga, ada rasa mint-nya.


SIAL Interfood 2016
Vanilla Blue Ice Cream by Kerry - SIAL Interfood 2016
Stand Kerry ini cukup besar juga. Di sisi kiri ada Chef Henry lagi masak kayak ayam bulgogi gitu deh. Jadi ini ceritanya saya misah dari Miss Ella, saya nyariin sampe muterin satu jalan, eh nggak taunya Miss Ella lagi nonton demo masak Chef Henry, haha... Saya nggak nyobain tester-an hasil masakan Chef Henry.

Nonton Chef Degan di Stand Oxone

SIAL Interfood 2016
Chef Degan - SIAL Interfood 2016
Pas muter lagi, kami nggak sengaja melewati stand Oxone. Di sini ada Chef Degan lagi demo masak. Saya nggak tau si Chef lagi masak apaan karena rame banget yang nonton.

Minum Teh Thailand di Stand Ny. Liem

SIAL Interfood 2016
Ny Liem - SIAL Interfood 2016
SIAL Interfood 2016
Thai Tea - SIAL Interfood 2016
Langkah kami selanjutnya yaitu ke stand-nya Ny. Liem, karena Miss Ella mau beli bahan kue. Di stand Ny. Liem ini ada SPG yang bawa satu nampan teh tester-an. Saya nyobain ini Thai Tea. 

Tadinya saya pikir itu saus keju, hahahah... karena dari jauh kayak saus keju. Saya kurang doyan yang Thai Tea ini.

Makan Roti Almond dan Mozarella Goreng

Inilah dua tester-an yang saya cobain lagi dalam satu stand. Saya lupa lagi ini di stand apa, tapi rasanya ini dari stand terigu.


SIAL Interfood 2016
Roti almond - SIAL Interfood 2016
Ini yang pertama roti almond. Rotinya lembut banget dengan irisan kacang almond di atasnya. Manisnya pas, enggak kelewat manis.


SIAL Interfood 2016
Mozarela - SIAL Interfood 2016
Lalu ini yang kedua ada mozarella goreng. Saya nggak tau ini namanya apa, jadi saya bilang mozarella goreng aja ya, haha... Mozarella yang dibalut dengan tepung panir trus digoreng.

Makan Siang Duluuu...


SIAL Interfood 2016
Makan siang di salah satu kedai makan di SIAL Interfood 2016
Dari tester-an yang saya cobain di atas itu emang cuma saya doang yang makan, haha... karena Miss Ella udah nyobain di hari sebelumnya. Selanjutnya Miss Ella ngajakin makan siang di luar hall D. Ini yang saya beli, nasi goreng dengan ikan tepung asam manis. Ini menunya bisa pilih-pilih sendiri. Tau nggak ini harganya berapa? 55 ribu with no water, haha... Iya maklum sih namanya juga di event kayak gini ya, modal sewa tempatnya aja juga udah mahal.

Nasi gorengnya kayak nasi goreng Singapur dengan rasa yang nggak pedas dan nggak kelewat gurih. Kalau ikan tepung asam manisnya juga perpaduan saus asam dan manisnya pas, dan nggak pedas juga.

Masuk Ke Hall D Lagi...

Selesai makan, kami masuk ke hall D lagi. Di sini saya merasa nyesel udah beli makan siang, hahahah... Ngelihat tester-an makanan lagi, apalagi ada pastry, tapi udah kenyang. Jadinya lihat-lihat makanan yang lucu-lucu aja deh. Ini saya lupa nama-nama stand-nya tapi kue-kuenya cakep-cakep banget.

SIAL Interfood 2016
SIAL Interfood 2016
SIAL Interfood 2016
SIAL Interfood 2016
Ibu Berpenampilan Mewah Nan Ramah

Karena Miss Ella masih punya satu belanjaan lagi bahan kue, tapi lupa letak stand-nya, kami pun balik lagi ke area masuk untuk nanya ke salah satu crew. Pas Miss Ella keluar, saya cuma nunggu di dekat pintu.

Di tengah pengunjung yang keluar masuk, saya berpapasan dengan seorang ibu yang berpenampilan mewah, sibuk menyeret travel bag-nya di tengah keramaian. Beliau senyum duluan ke saya.

Kalau pas kami muter lagi, Miss Ella pun ngajak berhenti dulu, “Eh ada Chef Achen. Lihat bentar dulu ya. Aku sering ikut cooking class-nya Chef Achen.”


SIAL Interfood 2016
Chef Acen - SIAL Interfood 2016
Saya pun jadi ketawa, “Dia perempuan yang tadi senyum duluan pas gua papasan di depan. Ramah banget ya...”

Pindah ke Hall B

Setelah gempor-gempor bergembira, kami sholat Ashar dulu sambil istirahatin kaki sebelum lanjut ngayap ke hall B. Sekalian pulang karena Miss Ella parkir motornya di hall B trus saya mau nebeng pulang, hehe...

Hall B ini ada di seberangnya hall D. Jalannya lumayan jauh juga. Lalu setiba di hall B, ternyata mungkin karena udah hari terakhir, rasanya jam lima deh, stand-nya udah banyak yang tutup. Padahal kami udah ngincer mau ke stand Korea, haha... kurang beruntunggg...

Di hall B ini lebih banyak stand teh, kopi, dan coklat. Eh iya, di salah satu stand di hall B ini saya 
nyobain tester pudding mangga yang lembut banget, kayak silky pudding trus di atasnya dipakein kayak buah-buah kecil-kecil banget. Pas digigit, rasanya kayak kelengkeng atau leci. Saya lupa pula fotonya, haha...

Ngopi di Stand Kopi Kamu

SIAL Interfood 2016
Kopi Kamu - SIAL Interfood 2016
Kembali Miss Ella belanja. Pokoknya dia belanjaannya banyak banget deh, haha... Kalau saya nggak beli apa-apaan, karena tepung donat dan es krim aja di kulkas belum dibikin-bikin.

SIAL Interfood 2016
Kopi Kamu - SIAL Interfood 2016
Kami mampir di stand Kopi Kamu. Di sini ada beberapa kopi lokal. Miss Ella beli kopinya. Sambil nunggu digiling, kami dikasih tester-an kopinya. Rasanya yang exspresso deh. Mantappp... jadi ngopi-ngopi duluuu...

Minum Coklat Super Enak di Stand Coffindo


SIAL Interfood 2016
Coffindo - SIAL Interfood 2016
Dan inilah tester-an terakhir yang saya coba, hahahah... Kami mampir di stand kopi dan coklat Coffindo. Miss Ella juga beli coklat bubuknya. Untuk coklat bubuknya ada yang dark dan milk. Pas saya nyobain yang dark aja juga udah manis. Malah kalau saya lebih suka yang dark ini, manisnya pas.

SIAL Interfood 2016
Cokelat by Coffindo - SIAL Interfood 2016
Ini coklat jualnya limited edition, kayak untuk ke hotel-hotel atau cafe. Harganya 120 ribu sebungkusnya, entah ukuran 250 atau 500 gram deh. Pas dicobain, enak banget. Saya jadi nyesel enggak beli, hehe...

  
Selesai sudah kelayapan kami, gempor-gempor bergembira di SIAL Interfood 2016. So far acaranya super duper keren. Cuma ini sedikit saran dari Miss Ella, stand-stand-nya pada pakai mesin debit dong, karena Miss Ella bingung nyari ATM-nya.

Saya nyesel ke sininya cuma satu hari, jadi nggak bisa muterin semua hall-nya. Padahal keren-keren banget dan gratis pula (bagi yang daftar online).

Makasih SIAL Interfood 2016 untuk event-nya yang super mewah ini. Semoga tahun depan ada lagi ya.

Untuk semua stand yang udah ngasih tester-an, haha... saya cuma bisa bantuin promo ya lewat tulisan ini. Semoga makin tajir...

Makasih juga Miss Ella yang udah ngajak saya menikmati pesta kuliner SIAL Interfood 2016 ini. Tahun depan semoga ada kesempatan ke sana lagi ya. 

Terima kasih juga untuk teman-teman yang udah mampir...