Sambal Terasi Mangga

Apa kabar, teman-teman?



Memikirkan olahan sambal terasi merupakan salah satu kegiatan yang saya lakukan kalau lagi kurang kerjaan, dan bagi saya ini lebih menyenangkan ketimbang saya terlibat dalam perdebatan adu bacot
Pedes iye, kenyang kagak.

Setelah membuat Sambal Terasi Daun Melinjo, Sambal Terasi Kukus, dan Sambal Terasi Belimbing Sayur, sambal terasi yang saya buat selanjutnya adalah Sambal Terasi Mangga. 

Oh ya, pertama kalinya saya bikin sambal terasi mangga ini karena di keluarga kami ada yang lagi hamil muda dan susah makan. Karena katanya cuma enak makan mangga muda, jadi saya masakin sambal mangga ini aja. 

Mari kita siapkan bahan-bahannya:


Lalu ini cara masaknya...

Panaskan minyak, lalu goreng cabe merah, cabe rawit, bawang merah, bawang putih, dan tomat hingga layu.

Giling bersama terasi dan garam. Kalau terasinya belum matang, panggang dulu aja.

Panaskan sedikit minyak, lalu masukkan gilingan sambal, bersama kecap, gula pasir, dan mangga. Tumis hingga mangga terlihat agak layu. Ini sih sebentar aja tumisnya, sekitar 5 menit.

Rasanya cukup pedas. Kalau nggak gitu suka pedas, gunakan 20 atau 15 cabe merah aja ya. Hasilnya lumayan banyak juga sih.

Mungkin sambal terasi mangga ini bisa jadi rekomendasi untuk teman-teman yang lagi hamil juga. Ya bukan sebagai makanan utama memang, untuk pembuka selera makan aja mungkin ya. 

Makasih banyak ya udah mampir.


58 comments:

  1. Rasanya gimana yah? Lihatnya sih ngiler.

    ReplyDelete
  2. Sebagai pecinta sambal aku mesti save fotonya nih.hihihi...
    Mau bikin tapi sayangnya disini belum musimnya, ntar bila udah banyak mangga muda bakalan bikin deh, alternatif selain bikin rujak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mom Syuna: iya buat di musim mangga 😁

      Delete
  3. Mbak Nita, aku penasaran sama rasanya. Sayang belum musim mangga. Kalo dah musim aku bakal bikin nih. Makasih resepnya ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mba Wid: ntar klo udah musim, tengok2 lagi resepnya 😁

      Delete
  4. temen2ku banyak yang suka, kalo mereka liat pasti pada ngiler hehe

    ReplyDelete
  5. Aduh sumpah itu enak banget,, ibu hmil boleh ya makan pedes emangnya??
    Mangga di jerman satu bijinya mahal selangit udah gitu mangganya nggak sedap, itu mangga dari Brazil,, pengen iniiii #nangis gulung2

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mba Giri: jangan langsung makan satu mangkok 😂 buat pembuka selera makan aja 😁

      Delete
  6. 10 + 5 + 5
    wih mayan nih cabenya mbak

    ReplyDelete
  7. Sayangnya suami tuh ga doyan sambel klo aku masak sambel makan sendiri ga ada lwannya ga seru hahahah...enak bener dah miss liatnya sampe nelen ludah

    ReplyDelete
  8. pernah cobain sambel mangga wuih..puedesss..apa lagi ini sambal terasi tambah sedep pastinya

    ReplyDelete
  9. Samaan mba, aku suka bikin sambel mangga ini. Makannya pake ikan bakar enak,..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mba Manda: wow lebih mantap ini pake ikan bakar 😁

      Delete
  10. Saya sangat suka mangga, selain saya makan langsung, biasanya mangga saya bikin sambal acar dengan campuran cabe dan garam di padukan dengan ikan lamuru kesukaan saya rasanya mantap.

    ReplyDelete
  11. Resepnya gampang buat dipraktekin. Thank you, Nita! ^_^

    ReplyDelete
  12. Hmmm..enak sepertinya mbak..
    Blm pernah aku mbikin yang pke terasi banyak gitu. Biasanya klo punya mangga mentah, di cocol ke sambel rujak (gula jawa-kencur-cabe-sedikit terasi).
    Makasih resepnya mbak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mba Sulis: sambal kencur juga sama enaknya ya 😁

      Delete
  13. Kalo ini pedesnya enak mba, klo debat nggak yaa hihiii mending maem :D
    Oh iyah aku udah lama mau bikin sambel ini nggak jadi2 deh .. Sama sambal matah..sedapnya mbaaa

    ReplyDelete
  14. enak pasti ya asem2 pedes seger :D

    ReplyDelete
  15. pedes, kecut, seger nih kayaknya...

    ReplyDelete
  16. Ini pakai mangga jenis apa mbak? Kebayang rasanya :D

    ReplyDelete
  17. hiyaa... membayangkannya saja sudah kemecer aku :P

    ReplyDelete
  18. Wah enaknyaaaa. langsung nyontek ikutan buat aaaah. Makasi resepnya maaak

    ReplyDelete
  19. makan ini biasanya kalo pas makan bebek sinjay aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mba Maya: wow enak ya bebek sinjay? Saya blm pernah lihat 😁

      Delete
  20. Wah aku baru tau Kalo sambal belacan bisa dimodifikasi dengan mangga muda. Sedep kali tuh pasti. Salam kenal mbak, baru pertama nyasar kesini. Blog nya tak follow ya mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyah: hai makasih ya udah mampir. Iya nanti saya folbek 😁

      Delete
  21. Enak yah mba... Suka sih sama mangga tpi yg manis. Klo yng muda kaga demen.. hehehhe

    Tpi bisa nih dicoba.. kayanya cocok sama lidah babeku yg doyan banget sama sambel..
    Makasih yah resepnya..

    Oh ya salam kenal juga... :)

    ReplyDelete
  22. Mau jg dong dibikinin sambel mangga :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mba Nathalia: Mama Jav lagi hamil ya 😁

      Delete
  23. mantap dan pastnya pedas dan seger karena da mangganya

    ReplyDelete
  24. Ini tu kyk sambalnya bebek goreng di madura yg aku pernah makan mba he he sambal pencit ato sambal plecit gt namanya mba,,

    ReplyDelete
  25. wah wah wah kayaknya enak nih.. menggiurkann

    ReplyDelete
  26. nah masalahnya, ditempatku susah nyari mangga muda... yg banyak mangga mateng, pengen nyoba... pasti nendang josss rasanya, seger ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mama Keisha: mangga Marengo enaknya dijus ya 😁

      Delete
  27. hemmm yummyyyy.. Aku sering bikin tuh mba, enak bangeeeetttt.. Pedas manisnya mantep yaaa hihihi

    ReplyDelete
  28. Wah enak nih sambal terasi mangga pake ayam atau ikan goreng. Minumnya teh tawar panas makin maknyuzzz tq info resepnya ya mbak Nita.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mba Nurul: haha makin lengkapi ya 😁

      Delete

Makasih banyak ya teman-teman udah meluangkan waktu untuk mampir. Semua komen akan melewati jalur sensor dulu yaaa...

BTW don't call me "Mak" or "Bunda" cause I'm not Emak-Emak or Bunda-Bunda :P