Sambal Terasi Mangga

Apa kabar, teman-teman?



Memikirkan olahan sambal terasi merupakan salah satu kegiatan yang saya lakukan kalau lagi kurang kerjaan, dan bagi saya ini lebih menyenangkan ketimbang saya terlibat dalam perdebatan adu bacot
Pedes iye, kenyang kagak.

Setelah membuat Sambal Terasi Daun Melinjo, Sambal Terasi Kukus, dan Sambal Terasi Belimbing Sayur, sambal terasi yang saya buat selanjutnya adalah Sambal Terasi Mangga. 

Oh ya, pertama kalinya saya bikin sambal terasi mangga ini karena di keluarga kami ada yang lagi hamil muda dan susah makan. Karena katanya cuma enak makan mangga muda, jadi saya masakin sambal mangga ini aja. 

Mari kita siapkan bahan-bahannya:


Lalu ini cara masaknya...

Panaskan minyak, lalu goreng cabe merah, cabe rawit, bawang merah, bawang putih, dan tomat hingga layu.

Giling bersama terasi dan garam. Kalau terasinya belum matang, panggang dulu aja.

Panaskan sedikit minyak, lalu masukkan gilingan sambal, bersama kecap, gula pasir, dan mangga. Tumis hingga mangga terlihat agak layu. Ini sih sebentar aja tumisnya, sekitar 5 menit.

Rasanya cukup pedas. Kalau nggak gitu suka pedas, gunakan 20 atau 15 cabe merah aja ya. Hasilnya lumayan banyak juga sih.

Mungkin sambal terasi mangga ini bisa jadi rekomendasi untuk teman-teman yang lagi hamil juga. Ya bukan sebagai makanan utama memang, untuk pembuka selera makan aja mungkin ya. 

Makasih banyak ya udah mampir.


Comments

  1. Mau jg dong dibikinin sambel mangga :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mba Nathalia: Mama Jav lagi hamil ya 😁

      Delete
  2. mantap dan pastnya pedas dan seger karena da mangganya

    ReplyDelete
  3. Ini tu kyk sambalnya bebek goreng di madura yg aku pernah makan mba he he sambal pencit ato sambal plecit gt namanya mba,,

    ReplyDelete
  4. wah wah wah kayaknya enak nih.. menggiurkann

    ReplyDelete
  5. nah masalahnya, ditempatku susah nyari mangga muda... yg banyak mangga mateng, pengen nyoba... pasti nendang josss rasanya, seger ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mama Keisha: mangga Marengo enaknya dijus ya 😁

      Delete
  6. hemmm yummyyyy.. Aku sering bikin tuh mba, enak bangeeeetttt.. Pedas manisnya mantep yaaa hihihi

    ReplyDelete
  7. Wah enak nih sambal terasi mangga pake ayam atau ikan goreng. Minumnya teh tawar panas makin maknyuzzz tq info resepnya ya mbak Nita.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mba Nurul: haha makin lengkapi ya 😁

      Delete

Post a Comment

Makasih banyak ya teman-teman udah meluangkan waktu untuk mampir. Semua komen akan melewati jalur sensor dulu yaaa...

BTW don't call me "Mak" or "Bunda" cause I'm not Emak-Emak or Bunda-Bunda :P