Resep Sambal Terasi Mangga

Resep Sambal Terasi Mangga. Cara memasak sambal terasi dengan campuran mangga muda.

Resep Sambal Mangga Muda
Sambal Terasi Mangga
Apa kabar, teman-teman?

Sebagai penyuka sambal terasi, bikin sambal terasi dengan ditambahan campuran bahan makanan lainnya, rasa sambal terasinya jadi makin enak ya. Begitupun dengan sambal terasi yang dicampur dengan irisan mangga muda.


Teman-teman pastinya udah tau dong ya, kalau mangga muda merupakan mangga yang belum matang. Biasanya ditandai dengan warna dagingnya yang kuning pucat. Dari yang saya baca di web manfaat.co.id, mangga muda memiliki kandungan vitamin C yang tinggi, tapi vitamin A nya rendah.

Selain berguna untuk menyehatkan tubuh - yang ada hubungannya dengan vitamin C, seperti gigi dan juga tulang, mangga muda juga bisa untuk mengatasi gangguan pencernaan dan sembelit.

Mangga muda ternyata juga memiliki kandungan kalori dan karbohidrat, makanya bisa juga sebagai sumber energi. Pastinya ini energi tambahan ya. Ye kali kite makan mangga muda doang seharian, hahah... kagak kenyang, kecut iye.

Mangga muda biasanya juga dikonsumsi oleh ibu hamil, untuk mengurangi mual atau morning sickness. Itu sekilas tentang manfaat mangga muda yang saya baca ya. Yuk mari kita mulai bikin sambalnya.

Cara membuat Sambal Terasi Mangga, bahan-bahan yang perlu disiapkan itu...

1 buah mangga muda, iris tipis memanjang
Secukupnya minyak goreng
5 siung bawang merah

1 siung bawang putih
15 - 20 buah cabe merah atau 10 cabe merah dan 5 cabe rawit merah
1 buah tomat

sachet terasi
1 ruas jeruk nipis
Sedikit garam

Lalu ini cara memasak Sambal Terasi Mangga:

Panaskan minyak goreng secukupnya, lalu goreng bawang merah, bawang putih, cabe, dan tomat hingga layu.

Giling bersama terasi, jeruk nipis, dan garam. Bisa halus maupun kasar.

Campurkan irisan mangga, lalu aduk hingga merata.

Resep Sambal Mangga Muda
Sambal Terasi Mangga

Sambal Terasi Mangga yang saya buat ini rasanya cukup pedas dan pastinya asam segar khas mangga muda. Tinggal disantap bersama lalapan dan juga lauk lainnya.

Makasih banyak ya teman-teman udah mampir. Moga bisa jadi rekomendasi memasak sambal, bagi teman-teman yang penyuka pedas.


Mampir juga ya di resep masakan sambal saya lainnya...