Bakwan Tempe


Apa kabar, teman-teman?

Kalau sebelumnya saya pernah bikin olahan tempe menjadi Martabak Tempe Jagung, kali ini saya mau bikin Bakwan Tempe.


Untuk resep Martabak Tempe Jagung ada di link ini ya -> Martabak Tempe Jagung

Bahan-bahan yang diperlukan untuk bikin bakwan tempe ini enggak banyak. Yuk mari kita siapkan. Cuma butuh...

200 gram tempe
+_ 5 sdm terigu
+_ 100 ml air
1 buah telur
2 siung bawang merah, iris halus
1 batang daun bawang, iris tipis
Secukupnya minyak goreng

Bumbu gilingnya:

2 siung bawang merah
1 siung bawang putih
3 buah cabe merah
½ sdt lada putih
1 sdt ketumbar
Secukupnya garam

Lalu ini cara masaknya:

Hancurkan tempe, dengan tangan aja biar halus.

Masukkan telur, bawang merah, daun bawang, dan bumbu giling. Aduk hingga merata.

Masukkan terigu dan air, lalu aduk hingga merata. Penggunaan terigu dan airnya diatur aja ya, mungkin di adonan teman-teman perlu sedikit ditambahkan. Yang penting adonan nggak terlihat keras atau kelewat cair.

Panaskan minyak goreng, masukkan adonan +_ 1 sdm, lalu goreng hingga kuning kecoklatan.

Bakwan Tempe
Kalau pakai takaran 1 sdm, jadinya kurang lebih 12 buah. Ini rasanya nggak pedas karena cuma pakai cabe merah dan sedikit lada. Biasanya kami memang nggak suka bikin gorengan yang pedas, karena pedasnya itu lebih enak dengan guyuran sambel kacang atau colekan saus sambal.


Makasih banyak ya udah mampir. Moga bisa menambah variasi masakan teman-teman ya, terutama untuk olahan tempe. 

26 comments:

  1. Belum pernah makan ini nih. Kayaknya enak. Apalagi kalau dikasih :)

    ReplyDelete
  2. as always ga cuman kreatif nulis miss tapi kreatif olah masakan kepikiran aja tempe bisa jadi martabak lah aku dirumah kalau masak tempe yo wis di goreng paling banter dibumbu kecap :D

    ReplyDelete
  3. Anak kosan mah mending beli langsung di pinggiran jalan. Hehehe...

    ReplyDelete
  4. Bakwan Tempe..? Simple niyy buatnya and cocok buat menu buka puasa ya Miss. Makannya pake saus sambel, ehmmm endess banged pasti.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuhuuu... buat ganti suasana makan bakwan toge :D

      Delete
  5. Blm pernah juga mb klo tempenya dihancurkan. Biasanya tempenya saya iris..trus baru balut tepung. Jadinya mendoan. Makasih yaa.. Punya alternatif lain untuk ngolah tempe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mendoan pakai cocolan sambal kecap ya :D

      Delete
  6. bisa dicoba nih mba, buat si awam dapur macam saya.
    dulu pernah bikin bakwan tahu, tp tahunya diiris tipis

    ReplyDelete
  7. aku paling suka tempe goreng mba, yang dikasih tepung plus kunyit. Itu enak banget XD

    ReplyDelete
  8. wah jadi pengen makan bakwan, apalagi setelah liat cabenya. tapi biasanya males ngolah makanan, jadi cuma makan tempe goreng dicocol sambel terasi XD

    blog.viniamanda.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cocol sambel terasi iya enak banget ya :D

      Delete
  9. Mungkiiin yaaa, cara ini bisa aku buat utk mengecoh suamiku yg ga doyan tempe blasss.. Moga2 kalo dia nyicipin, dia ga sadar kalo itu tempe :D ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha kalau gitu kurangin dikit aja takaran tempenya, biar ga gitu berasa :D

      Delete
  10. nnah ini sih enak, krn keluargaku penyuka tempe semua

    ReplyDelete
  11. Aku kalau bikin bakwan tempe atau jagung, cabai rawitnya suka aku selundupin di dalam adonan hahhaa jadi pas dimakan kres..kres..kepedesan deh nggigit bangeettt...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha jebakan yang pedes banget itu :D

      Delete
  12. Nyummy ... pas banget ini, resepnya mudah dibuat sama yang nggak jago masak kayak aku.

    ReplyDelete
  13. Wah, ide bagus nih bakwan tempe. Saya belum pernah bikin. Murah meriah. Bikin ah

    ReplyDelete
  14. Resep simpel dan enak adalah resep terbaik, hehe

    ReplyDelete
  15. Belum pernah cobain bakwan tempe. Tapi pastinya recommended banget untuk berbuka puasa. Terima kasih untuk resepnya ya mba :)

    ReplyDelete

Makasih ya udah meluangkan waktu untuk berkomen. Semua komen melewati jalur sensor dulu ya sebelum mejeng di blog.

Memang tidak ada notif setelah klik posting, tapi komen teman2 tetap masuk ya :)

I'm a member of

I'm a member of