Ikan Goreng Sambal Kecap

Resep Ikan Goreng Sambal Kecap. Cara memasak ikan goreng dengan adukan sambal kecap.


Resep Sambal Kecap
Ikan Goreng Sambal Kecap
Apa kabar, teman-teman?

Selain lezat, menyantap ikan saat ini juga makin digalakkan ya. Ikan yang memiliki kadar gizi yang tinggi, pastinya sangat dianjurkan untuk lebih sering kita santap. Dari sisi hargapun, ada beberapa ikan yang harganya lebih murah ketimbang daging ayam dan juga daging sapi.


Ikan goreng, pastinya banyak orang yang senang menyantapnya. Mungkin begitu juga dengan teman-teman ya. Salah satu cara memasak ikan goreng yang simple adalah dengan menambahkan siraman sambal kecap. Jadi sesudah ikannya digoreng, tinggal disiram aja sambal kecapnya. Nggak perlu ada tumis-tumis lagi. Cukup praktis kan..

Ada banyak variasi untuk memberi bumbu ikan sebelum digoreng. Kalau saya, ikannya dibaluri dulu dengan gilingan bawang putih, ketumbar, jeruk nipis, dan garam. Lalu didiamkan sebentar sebelum digoreng. Bisa juga sembari nunggu minyak panas aja.

Membumbui ikan dengan bawang putih memang bisa bikin minyak gorengnya jadi keruh, jadi pake minyaknya secukupnya aja ya. Dengan menggunakan gilingan bawang putih, ikannya jadi nggak amis.

Menggoreng ikan baiknya dilakukan dengan api pelan, biar bagian dalamnya matang dan nggak hangus. Menggoreng ikan juga sampe kering banget, walau dari sisi kesehatan kurang dianjurkan ya, haha... Bisa juga yang penting kulitnya udah terlihat matang ya, yaitu kuning keemasan.

Karena di warung ibu sayur lebih sering ada ikan tongkol potong, jadi saya pakai ikan ini aja. Nanti disesuaikan aja ya dengan ikan favorit teman-teman. Kalau ikan yang per-ekor macam ikan kembung, bisa kurang lebih gunakan 5 ekor ya.

Cara membuat Ikan Goreng Sambal Kecap, ini dia bahan-bahan yang perlu disiapkan:


250 gram ikan
Secukupnya minyak goreng


Bumbu giling untuk ikan:

2 siung bawang putih
½ sdt ketumbar
2 ruas jeruk nipis
Sedikit garam


Bumbu sambal kecap:

3 siung bawang merah, iris
1 siung bawang putih, iris
10 buah cabe merah / 5 cabe merah dan 5 cabe rawit ijo atau merah, iris

1 buah tomat merah kecil, belah empat lalu iris
1 ruas jeruk nipis
Sedikit garam

Lalu ini ya cara memasak Ikan Goreng Sambal Kecap:


Lumuri ikan dengan bumbu giling, lalu diamkan sebentar biar bumbunya meresap.

Panaskan minyak goreng, lalu goreng ikan dengan api pelan hingga kuning keemasan.

Campurkan bawang merah, cabe, tomat, jeruk nipis, dan garam bersama kecap, lalu aduk. Diamkan kurang lebih 3 menit, lalu siram di atas ikan goreng yang udah ditata di atas piring.

Resep Sambal Kecap
Resep Ikan Goreng Sambal Kecap
Kalau cuma pake irisan cabe rawit, apalagi cabe rawit merah, ini pedas di adukan kecapnya jadi lebih berasa. Kalau misalnya kecapnya rasanya kedikitan, bisa ditambahin sedikit lagi aja ya. Jadi disesuaikan aja penggunaan kecapnya, begitupun dengan cabenya.

Makasih banyak ya teman-teman udah mampir. Moga bisa jadi rekomendasi ya untuk masakan harian teman-teman.


Mampir juga ya di resep masakan goreng saya lainnya...