Ikan Suwir Sambal Kukus



Apa kabar, teman-teman?

Sebelumnya saya pernah masak ikan kukus yang disuwir dan dipadukan dengan sambal matah. Kali ini kembali saya masak menggunakan olahan ikan kukus yang diaduk dengan sambal merah yang dikukus juga.
Masaknya gampang kok dan bahan-bahannya juga enggak banyak. Oh iya, untuk yang mau masak Ikan Kukus Sambal Matah, ini link-nya ya...



Untuk Ikan Suwir Sambal Kukus, ini bahan-bahan yang perlu dipersiapkan...

1 ekor ikan tongkol ukuran sedang
10 buah cabe merah
1 buah tomat merah kecil
4 siung bawang merah
1 siung bawang putih
1 ruas jeruk nipis
Sedikit garam

Bumbu giling untuk ikan:

1 siung bawang putih
2 ruas jeruk nipis
Sedikit garam

Lalu cara masaknya...

Setelah ikan dibersihkan, lumuri ikan dengan bumbu giling. Ikannya mau dipotong 2 juga bisa.

Kukus ikan barengan aja dengan cabe merah, tomat, bawang merah, dan bawang putih selama kurang lebih 15 menit. Lihat aja kalau cabenya udah layu dan kulit tomat udah pecah.

Giling cabe merah, tomat, bawang merah, bawang putih, jeruk nipis, dan garam hingga halus. Setengah halus juga sama enaknya kok.

Note: Jeruk nipis gunanya biar ada rasa yang sedikit lebih asam. Jadi bisa digunakan, bisa enggak juga sih.

Suwir ikan, lalu aduk bersama sambal kukus.

Sajikan dengan nasi hangat.

Ikan Suwir Sambal Kukus
Ini jadinya kurang lebih semangkuk kecil. Rasa pedasnya sedang, karena nggak pake cabe rawit. Ada rasa asam segar dari tomat dan jeruk nipis. Porsinya mungkin untuk dua orang.


Selamat mencoba, teman-teman. Makasih ya udah mampir... 

36 comments:

  1. Hmmm...jadi laper..kebayang tinggal nambahin nasinya aja.. btw bikininnya ngga sulit juga ya mba nita

    ReplyDelete
  2. Boleh ini biasanya aku goreng blum coba yg di kukus,,, nti mau coba deh,,, lbh sehatkan no minyak

    ReplyDelete
  3. Aku sering bikin ini mba Nita :D
    Tp krn jarang ketemu tongkol, aku masaknya pakai ikan peda, senengnya itu kutambahin daun jeruk supaya aromanya mantab, dan pastinya cabe rawit yg banyak, hihi
    Yg pasti kalau masak ini pasti nambah nasi!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Campur peda akan lebih enak karena ikan asin :D

      Delete
  4. brrrr, enak itu ikan kalau sudah didalam mulut mbak.

    ReplyDelete
  5. Simpel dan mudah.. makasih resepnya Mbak Nita :)

    ReplyDelete
  6. Tambah enak makannya pake nasi liwet miss terus tambah lalapannya endess banget dah. Tapi sayang suamiku ga doyan ikan tongkol pernah dulu masak di suwir tetep ga terlalu suka meski dimakan juga siy :p *krn ga ada lagi makanan*

    ReplyDelete
  7. Save resep.
    Kapan2 coba.
    Kalau ada sambel pasti mantab deh makannya

    ReplyDelete
  8. Rasanya asam pedas ya, seger ih...

    ReplyDelete
  9. Cara masak dan bahannya simpel ya bun tapi menggugah selera 😃

    ReplyDelete
  10. jadi ngiler teeh. sha kurang suka makan ikan bulat2 (ada kepalanya) tapi kalo di suwir2 gini mah doyaaan

    ReplyDelete
  11. nasi hangat oh nasi hangat enggak terasa habis sebakul ini...wkwkwk
    bayangin pasti enak banget...apalagi kalau nasinya agak lemes gituuu

    ReplyDelete
  12. aaaaaakkk.... ide bagus mbaaaa....ngurangin kolesterol dibanding kalo ikan dn sambalnya digoreng ya. sayalangsung ngalir air liurnya. bayangin juga tongkolnya bisa diganti-ganti sama peda juga kali ya mbak... sedaaappp!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya di-tukar2 aja ikannya Mba Ella, biar nggak bosan juga, hehe...

      Delete
  13. Gampaaang.. Asyiik ada varisi masak tongkol. Lgsg eksekusi

    ReplyDelete
  14. Waaahhh, idenya mantap jeruk nipisnya ikut digiling berarti ya.. kalau di aceh ada sambal dr udang yang digoreng tanpa minyak, asam2nya dari belimbing, semua bahan (termasuk udang) juga digiling, hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wow lebih resap banget ya rasa udangnya kalau digiling juga :D

      Delete
  15. resepnya kliatam enak mba.. tapi aku mungkin bakal ganti ikannya dengan ikan lain :).. krn rada trauma ama ikan tongkol -__- . dulu pernah keracunan ikan ini, sejak itu kalo tongkol aku agak menghindari.... ganti ikan jenis lain :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya tukar ikan tuna juga akan lebih enak, Mba. Wduh serem juga ya kalau keracunan gitu.

      Delete
  16. Aku biasanya digoreng, next coba cara dikukus ini ahh. Makan ini pake nasi hanget plus emping ehmmm, bakalan nambah dech.

    ReplyDelete
  17. Nyam2... bisa jadi referensi buat varian sahur nih.. maklum anak kosan

    Klo masak sendiri lebih hemat..

    ReplyDelete
  18. Jadi menu sehat buat ngurangin gorengan ya karena dikukus :-)

    ReplyDelete

Makasih ya udah meluangkan waktu untuk berkomen. Semua komen melewati jalur sensor dulu ya sebelum mejeng di blog.

Memang tidak ada notif setelah klik posting, tapi komen teman2 tetap masuk ya :)

I'm a member of

I'm a member of