Nasi Goreng Rendang

Nasi Goreng Rendang

Apa kabar, teman-teman?

Tiap kali ada special moment seperti awal Ramadhan atau pas lebaran, rendang merupakan masakan wajib yang ada di rumah kami. Masaknya sih nggak banyak, palingan 2 atau 3 kilo yang dicampur dengan hati.


Karena masaknya lumayan bikin gempor tangan pas ngaduknya, haha... Makanya kalau di rumah mending dimasak sekalian banyak, biar 2 atau 3 hari ke depannya nggak perlu masak lagi.

Dalam rangka masih ada rendang, jadi saya masak nasi goreng rendang aja. Nasi goreng yang saya buat ini nggak pake bumbu ulek, cuma bumbu iris dan bumbu rendang. Biar rasa bumbu rendangnya tetap berasa, jadi nasi gorengnya nggak saya pakein kecap.


Ini ya yang perlu dipersiapkan:

2 piring nasi goreng
4 siung bawang merah, iris
1 siung bawang putih, iris

1 batang daun bawang, iris tipis
½ tomat merah, belah 2, iris
½ sdt lada hitam bubuk (pakai lada putih bubuk juga bisa)

½ sdm cabe giling
Secukupnya garam
Secukupnya minyak goreng

2 potong daging, suwir
2 potong hati, suwir
2 sdm bumbu rendang


Lalu ini cara masaknya ya...

Panaskan minyak goreng, lalu tumis bawang merah dan bawang putih sampai matang.

Masukkan daun bawang, tomat, lada, cabe, dan garam. Aduk hingga harum.

Masukkan daging, hati, dan bumbu rendang. Aduk sebentar.

Masukkan nasi, lalu aduk hingga merata dengan api pelan. Kalau udah merata, apinya bisa dinaikkan menuju sedang.

Sajikan dalam piring atau apapun yang keren. Jangan lupa diabadikan dulu ya sebelum dimakan, haha...


Rendang yang kami masak ini memang nggak pedas, makanya ditambah cabe giling lagi. Kalau nggak punya cabe giling, ya bisa pakai cabe merah 5 buah aja lalu iris. Atau mungkin gunakan cabe rawit.

Kalau teman-teman cuma masak rendang daging sapi aja, ya udah didabel aja penggunaan dagingnya. Garamnya juga diperhatikan ya, karena bumbu rendangnya kan udah berasa garam.

Terkadang cabe giling yang dibeli juga udah dikasih garam. Oh ya, cabe giling yang kami pakai memang cabe milih sendiri lantas minta digilingin. Kalau teman-teman riskan untuk beli cabe giling dipasaran, takutnya dicampur dengan yang lain, mungkin bisa blender sendiri aja.

Nasi goreng rendang ini jadinya bisa untuk 2 sampai 3 porsi. Rasanya nggak gitu pedas. Ini karena dikulkas lagi nggak ada timun, ya udah dimakan pakai emping aja dan itu ada tahu oleh-oleh dari tetangga, haha...


Makasih banyak ya udah mampir dan selamat mencoba...  

24 comments:

  1. nasi goreng tambah rendang, kayaknya mantap tuh soalnya saya baru denger rendang cocok sama nasi goreng. boleh nih idenya, nanti dicoba deh kalau dapat kiriman rendang lagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha nunggu kiriman. Asyik lah itu :D

      Delete
  2. Rendang + nasi aja udah bikin goyang lidah, apalagi rendang + nasi + goreng hehehe... yuuummm lezaatos. Thanks resepnya mbak.

    ReplyDelete
  3. muantappp gw, udah ngebayangin nih rasanya bakal kayak gimana :D ntapsss

    ReplyDelete
  4. Jangan lupa diabadikan dulu ya sebelum dimakan, haha..

    -----------
    Sebelum kita makan dik
    Upload foto dahulu
    Banyak-banyak upload jangan ada sisa
    Ayo upload fotomu

    (lagunya diganti ;) )

    ReplyDelete
    Replies
    1. Buat pecinta masak, mengabadikan foto makanan itu bisa untuk ide masak kalo lagi ga ada ide, haha...

      Delete
  5. Huh, baca resep2mu selalu jd pgn mibta si mbak di rumah utk masakin :D. Tp kalo rendangnya, itu msh terlalu tinggi ilmunya.. Si mbak blm sampe level bisa bikin rendang kalo di rumah mba :p. Dulu mamaku juga srg manfaatin menu2 kayak rendang gini, jd makanan lain stlh bbrp hari. Biar ga bosen :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah iya nanti pakai rendang jadi aja, Mba Fanny, haha...

      Delete
  6. Mantap bgt keliatannya. Rendang di rumah udah habis..jadi pengin masak lagi, tapi harga daging udah stabil belum ya?

    ReplyDelete
  7. teh nita, mama sha banget ini mah. seneng bikin nasi goreng rendang :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kalau sisa rendang, minimal bumbunya, kan enak ya dibikin nasgor rendang :D

      Delete
  8. Nasi goreng rendah? Aih, baru pertama kali denger nih mba :D

    ReplyDelete
  9. Kupikir tadi ada resep cara bikin rendangnya :D, noted dah.. aku praktekin ah dirumah :D

    ReplyDelete
  10. baru kepikiran ternyata ada nasgor rendang ini endes banget miss ga perlu ah tambah cabe giling atomrawit bir neyna bisa makan hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ntar kalo lebaran haji ada rendang :D

      Delete
  11. Wah, saya belum pernah mikir bikin nasgor rendang. Boleh dicoba nih. Makasi inspirasinya Mba ^^

    ReplyDelete

Makasih banyak ya teman-teman udah meluangkan waktu untuk mampir. Semua komen akan melewati jalur sensor dulu yaaa...

BTW don't call me "Mak" or "Bunda" cause I'm not Emak-Emak or Bunda-Bunda :P