Tumis Ikan Peda Jagung


Apa kabar, teman-teman?

Selain ikan gabus, ikan peda merupakan ikan asin yang saya suka banget. Untuk ikan gabus, biasanya saya masak untuk Nasi Goreng Ikan Asin. Resepnya udah saya tulis ya di IG nitalanaf yang pakai bumbu praktis LaRasa.


Untuk bumbu yang bikin sendiri nanti saya tulis ya. Tenanggg... nggak perlu kite lah debat masalah bumbu praktis vs bumbu ulek, karena keduanya bakalan saya tulis, haha... Kembali ke pilihan pemirsah dah mau pake bumbu yang mana. Yang mau debat masalah bumbu praktis vs bumbu ulek di kolom komen, udah pasti saya depak komennya, hahahah...  

Kalau untuk ikan peda, biasanya sih saya tumis yang dicampur dengan jagung muda atau keputren, lalu dikasih kuah dikit.


Ini ya bahan-bahan yang perlu dipersiapkan:

2 buah ikan peda, bersihkan, potong 2 atau 3
3 buah jagung muda atau keputren, iris serong
4 siung bawang merah, iris
1 batang daun bawang, iris pendek
1 buah tomat merah kecil, belah 4 lalu potong dadu
3 buah cabe merah, iris serong
3 buah cabe rawit, iris serong
2 sdm kecap manis
1 sdt gula pasir
½ gelas air (gelas belimbing)
Secukupnya minyak goreng


Lalu bumbu gilingnya:

1 siung bawang putih
½ sdt lada
1 sdt ketumbar
½ terasi sachet
Sedikit garam


Sekarang ini cara masaknya ya...

Panaskan minyak secukupnya, lalu goreng ikan asin hingga matang dengan api kecil, biar garing. Angkat.

Panaskan minyak lalu goreng bawang merah hingga matang. Minyaknya pakai yang baru ya.

Masukkan daun bawang, tomat, cabe merah, cabe rawit, dan bumbu giling, tumis hingga harum.

Masukkan air dan jagung, aduk hingga merata. Gunakan api kecil ya biar jagungnya empuk sembari diaduk sesekali.

Masukkan ikan peda, kecap manis, dan gula, lalu aduk hingga merata. Ini sih kalau udah diaduk ya udah angkat aja.

Sajikan dalam wadah sekece mungkin, biar kalau di-upload ke IG nggak malu-maluin, haha... Jangan lupa dicekrek dulu sebelum dihajarrr...


Ini bisa untuk makan 2 atau 3 porsi. Rasanya nggak gitu pedas sih, karena pakai rawit hijau. Mungkin bisa juga ditukar dengan rawit merah kalau pingin pedas yang lebih.

Oh ya, kalau teman-teman pakai terasinya yang mentah, jangan dikasih garam dulu ya, karena biasanya terasi mentah ini udah asin.


Selamat mencoba ya, teman-teman, dan makasih banyak ya udah mampir...  

10 comments:

  1. Ini ikan asin yang pedagang dipasar ditaruh/dijual pake keranjang kotak itu bukan si mba..? Aku biasanya klo masak cuma tak campur sambel tomat☺☺ pengetahuanku ttng jenis2 ikan minim.. Paling hapal ikan lele sama nila.

    ReplyDelete
  2. Wah wah wah, Mba saya juga penggemar ikan asing, resepnya sip saya mau coba. makasih yah :)

    ReplyDelete
  3. wah jadi ingin mencoba nih, kebenaran menu lebaran sudah habis hehe ...
    menu ini jadi referensi banget sist 😀

    ReplyDelete
  4. ada gitu mbak perdebatan bumbu ulek vs bumbu praktis? aku kadang dua-duanya tak campur biar endesss heuheuheu
    btw aku kalo masak keputren nggak pernah bisa lembut gitu. mau direbus lama takut kelembekan. tips dong mbak huhuhu

    ReplyDelete
  5. Ah ..ikan peda, fave aku nih, kalo aku biasanya pakai cabe rawit orens biat makin dower bibirnya hehehe... Pakai bumbu Larasa emang praktis dan enak rasanya, aku juga sering sih tapi baru yang bumbu nasi goreng. Seru nih ada varias jagung jadi rasa peda yang asin dipadukan dengan manis hhhmm... hajarrr 2 piring hehee...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Nurul jadi gurih asin manis :D Kadang iya cabenya ditambahin kalau lagi pingin pedes banget :D

      Delete
  6. Ooo.. Masih dipakein garam ya? Kirain ga nambah garam lg krn dah asin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah dicuci pakai air garam kan ikannya udah ga terlalu asin. Ini sedikit garam untuk di kuahnya, Ummi :D

      Delete
  7. Baru denger nama ikan peda, ini ikan apa ya?

    ReplyDelete

Makasih ya udah meluangkan waktu untuk berkomen. Semua komen melewati jalur sensor dulu ya sebelum mejeng di blog.

Memang tidak ada notif setelah klik posting, tapi komen teman2 tetap masuk ya :)