Kulineran Serba Ikan di Sop Ikan Batam

Sop Ikan Batam


Apa kabar, teman-teman?

Pada Ramadan lalu, saya dan beberapa teman bloggers menghadiri undangan event sebuah brand. Salah satu acaranya adalah kami buka puasa bareng di restoran Sop Ikan Batam. Rasanya restoran Sop Ikan Batam ini ada cabang atau centre lainnya ya, cuma resto yang saya kunjungi ini yang di Lulu Hypermarket, karena event-nya memang diadakan di Lulu juga.


Dari pintu masuk, saya tinggal nengok aja ke sisi kanan. Eh enggak deng, saya nanya dulu ke satpam, haha... Iyeps, nggak susah ya nyarinya.

Walau nggak terlalu luas, tapi kalau buat saya sih nyaman lah tempatnya. Ada deretan kursi panjang untuk rombongan seperti kami dan ada juga meja kursi untuk maksimal berempat. Di sisi tengahnya ada ruang crew jaga. Saya nggak ngelihat tempat wastafelnya karena memang saya nggak perlu cuci tangan, walau motong ayam juga pake tangan juga.

Sop Ikan Batam
Sop Ikan Batam 
Menjelang buka puasa, makanan minuman pun dihadirkan ke meja kami, seabreg-abreg untuk dihajar sekelompok berempat. Kami nggak pesan makanan satu-satu. Udah dipesenin beda-beda, jadi bisa saling icip. Kalau minumnya sih teh manis dengan gula cair tambahan.

Otak Otak Ikan - Sop Ikan Batam
Otak Otak Ikan - Sop Ikan Batam 

Untuk takjilnya, kami disuguhkan sepiring otak-otak. Udah agak lama juga saya nggak makan otak-otak daun gini. Rasa ikannya berasa dan enggak amis. Otak-otak ini dimakannya pakai sambal kacang yang enggak pedas.

Selesai menyantap takjil, kami pun lanjut icip-icip makanan beratnya yang disantap dengan nasi. Kagak pake kolak-kolakan  dah pokoknya. Hajar langsung makan nasi, hahah...

Sup Ikan - Sop Ikan Batam
Sup Ikan - Sop Ikan Batam 
Kalau nama restonya aja Sup Ikan Batam, udah pasti ada menu sup ikannya. Ini dia sup ikan, macam ikan kakap fillet. Beberapa kali saya nyeruput kuahnya untuk nebak bumbunya, susyahhh... hahah.

Sup ikan ini dimasak dengan daun selada disobek pendek. Kuahnya ini macam sup tapi kayaknya dicampur antara kecap asin atau kecap ikan dengan gurih yang pas. Jadi beda ya dengan sup biasa atau sup ikan gurih asam.  

Ikan Asam Pedas - Sop Ikan Batam
Ikan Kuah Asam Pedas - Sop Ikan Batam 
Dari yang seger lanjut ke yang asam pedas. Ini kepala ikan kuah asam pedas. Tadinya saya pikir macam asam padeh, ternyata dimasaknya pakai nanas. Mungkin ini mirip dengan ikan asam pedas di Melaka, tapi waktu ke Melaka saya juga nggak nyobain. Pedasnya sih nggak kelewat pedas kok. Asamnya dari nanas dan irisan tomat.

Rollade Ikan - Sop Ikan Batam
Rollade Ikan - Sop Ikan Batam 
Setelah yang berkuah, lanjut makan gorengan yaitu rollade ikan yang dimakan dengan cocolan sambal cabe merah. Rollade ikan ini digoreng garing. Sambalnya nggak pedas dan ada sedikit rasa asamnya.

Tumis Toge Teri
Tumis Toge Teri - Sop Ikan Batam 
Untuk sayurnya disajikan tumis toge yang dimasak dengan irisan teri. Saya nggak nyobain tumis toge ini, karena saya malas makan sayur, hahah...

Ayam Goreng - Sop Ikan Batam
Ayam Goreng - Sop Ikan Batam 
Resto ini memang menunya serba ikan, tapi untuk yang nggak doyan ikan, ada juga menu ayamnya. Ini ada ayam goreng yang dimakan dengan saus sambal. Ayam gorengnya ini macam direbus atau diungkep dengan bumbu rempah.

Secara keseluruhan, menu makanan di Sop Ikan Batam ini dengan gurih yang enggak berlebihan. Rasa gurihnya ini dari rempah. Untuk pelayanannya cukup sigap walau lagi jam buka puasa, rasanya semua meja terisi.

Saya nggak tau juga ya untuk menu lainnya, cuma untuk menu yang kami makan, sambalnya nggak banyak. Mungkin bisa minta tambah aja ya. Kalau saya karena kemarin menunya campur, ada yang pedas juga, jadi nggak masalah sih dengan sambal yang kurang banyak dari 1 menu.



Resto Sop Ikan Batam ini bernuansa kayu-kayu gitu. Presentasi makanannya cakep, cekrek-able. Lebih ditujukan untuk kulineran dan kumpul-kumpul. Untuk yang niatnya selfie-wefie sampe hape lowbatt, tempat ini kurang tepat. Cari spots lain aja di sekeliling Lulu.

Makasih banyak ya, teman-teman udah mampir. Moga bisa jadi rekomendasi kulineran di Jakarta ya, sekalian belanja-belanja di Lulu Hypermarket.


16 comments:

  1. klo yang pandai masak nyicip makan pasti pengen nebak bumbunya. miss aja susah nebaknya apalagi aku hahaha aku juga suka pengen gtu miss nebak ini bumbunya apa aja tp suka ga bisa 🤣🤣😂
    belum pernah dan ga kepikiran mau masak ikan di sayur takut ga enak *alasan yg ga bisa masak 😂

    ReplyDelete
  2. Makan gratis lagi yah ..
    Aduh saya kapan yaa? Ngiler terus setiap liat post makan gratis gini :D

    ReplyDelete
  3. Ooo... ini yang LuLu Hypermart ya?

    ReplyDelete
  4. kepala ikannya enak banget, duh kalau makan di rumah udah ku isap isap tuh kepala. perpaduan pedas manis , rasanya memang mantap

    ReplyDelete
  5. onde mande.. itu otak2 sama sup ikan nya pasti enak bangett *mupeng*. 😥

    ReplyDelete
  6. Aku pernah cobain, tp yg di gading mba. Not bad lah. Awalnya dulu yaaa aku pikir ikannya bakal yg utuh, dan rasanya ada amis2 nya :p. Aku picky soal ikan, ga semua ikan aku suka. Tp ternyata fillet fan ga amis samasekali :D. Aku sukaaaaa :p.

    Tp br tau ada menu lainnya.. Perasaan trakhir makan g ada deh.. Udh lama bgt sih memang makan di sana.. 6 thn an lalu kali hahahah..

    ReplyDelete
  7. Wah udah jadi aja ceritanya nih Sop Ikan Batam. Aku belum hihii..emang ya enak banget tuh kuah ikannya. Daging ikannya lembut. Aku pikir di resto ini hanya menyajikan menu ikan eh ternyata ada pula tumis toge, dll ya termasuk ayam goreng fave aku :D

    ReplyDelete
  8. Oh ini mba yang di instagram mba, kalo di Bogor ada kali yaa outletnya. Aku ngiler banget sama otak-otaknya hiks hiks

    ReplyDelete
  9. Oh ada ayam gorengnya juga ya. Itu sup ikannya kuahnya bening, seger banget rasanya.
    Anak-anakku sukanya ikan digoreng aja, kapan-kapan harus nyoba nih makan sup ikan.

    ReplyDelete
  10. Saya udah berapa tahun ya gak makan sop ikan batam ini. Lupa juga hahaha. Tapi memang di sini makanannya termasuk enak :)

    ReplyDelete
  11. mba ngiler... hahah
    udah kaya chef internasional yah, sekali ngicip langsung dpet komposisinya.. hahaha tapi mbanya emng pinter masak og

    ReplyDelete
  12. hmmm, kira2 sop ikannya sama gak ya kyk yg jadi menu khas Bangka serta Belitung ? jd penasaran

    ReplyDelete
  13. Di rumah kami suka banget tuh bikin sup ikan, mb. Atau kalo gak ikan steam. Alhamdulillah anak-anak suka juga

    ReplyDelete
  14. Untuk yang berkuah..entahlah, klo dr ikan kok lidahku kurang bisa berkompromi ya Nit... Berasa msh kerasa amisnya. Klo mknan jenis ikan..aku pling suka yang dibakar atau goreng tp yang garingggg gitu...

    ReplyDelete
  15. Aku suka masakan ikan. Oh ini yg di IG waktu itu ya. Aku nggak pernah coba sop ikan Batam. Jadi ada menu ayamnya jg ternyata

    ReplyDelete
  16. Aku biasanya ga suka ikan, tapi kalau sop ikan batam aku suka, mbak. Kuahnya seger, ga bau anyir ^^

    ReplyDelete

Makasih ya udah meluangkan waktu untuk berkomen. Semua komen melewati jalur sensor dulu ya sebelum mejeng di blog.

Memang tidak ada notif setelah klik posting, tapi komen teman2 tetap masuk ya :)

I'm a member of

I'm a member of