Pesmol Ikan


Apa kabar, teman-teman?

Selain digoreng atau digulai, biasanya kalau pas lagi beli ikan, seringkali dibikin pesmol juga. Kalau untuk ikan panggang memang hampir nggak pernah, karena masaknya lama, haha...


Kadang saya atau tante bikin pesmolnya pakai santan, tapi kalau pas lagi nggak ada kelapa parut atau kelupaan beli, haha... ya udah kuahnya pakai air aja.

Lalu untuk pesmol ikan yang saya tulis ini merupakan pesmol yang menggunakan santan ya, karena rasanya memang akan lebih gurih kalau menggunakan santan. Pemakaian kelapa parutnya juga nggak banyak-banyak karena kami pun nggak mau makan kebanyakan santan.

Untuk pesmol ikan kali ini saya menggunakan ikan nila. Nanti teman-teman bisa tukar aja ya dengan ikan kesukaan. Kalau menggunakan ikan potong, ya udah disesuaikan aja jumlahnya. Yuk kita siapkan bahan-bahannya...


3 ekor ikan nila, lumuri dengan gilingan 1 bawang putih, sedikit garam, dan sedikit air
4 siung bawang merah, iris
3 buah cabe merah, iris menyerong
3 buah cabe rawit, iris menyerong

1 batang daun bawang, iris menyerong
1 buah tomat merah besar, belah empat lalu iris
1 sdt gula pasir

1 genggam kelapa parut
½ gelas air (gelas belimbing)
Secukupnya minyak goreng


Bumbu gilingnya:

1 siung bawang putih
½ sdt lada
1 sdt ketumbar

½ ibu jari kunyit
5 buah kemiri
1 ruas jeruk nipis
Secukupnya garam


Lalu ini cara memasaknya ya:

Untuk santannya, peras kelapa dengan air. Santannya memang sedikit aja.

Panaskan ikan, goreng ikan dengan api pelan menuju sedang hingga matang.

Panaskan minyak, lalu tumis bawang merah hingga matang.

Masukkan cabe merah, cabe rawit, tomat, daun bawang, gula, dan bumbu giling. Tumis hingga harum.

Masukkan santan, aduk hingga merata.

Masukkan ikan, lalu masak hingga ikannya matang sembari sesekali diaduk. Gunakan api sedang aja.


Pesmol ikan nila ini rasanya gurih manis dan nggak terlalu pedas, karena cabenya kan cuma diiris. Kalau untuk teman-teman yang nggak suka pedas, mungkin akan tetap terasa pedasnya ya karena ada cabe rawitnya. Nanti gunakan cabe merahnya aja.

Yang bikin rasa gurihnya ini karena penggunaan gula. Kalau nggak pakai gula, rasanya jadi kurang pas. Penggunaan santan dan kemiri juga yang bikin tambah gurih, makanya kemirinya agak banyak.

Nanti kalau lagi kurang kerjaan, saya akan bikin pesmol dengan bahan yang lain ya, haha... So far masih dibikin dari ikan aja.


Makasih banyak ya udah mampir dan selamat mencoba. 

24 comments:

  1. Ikannya digoreng dulu nggak mba...?
    Blm pernah masak ini aku. Mungkin yang mirip ini..di Jogja namanya masakan mangut.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh iya digoreng dulu mba. Itu udah saya edit ya. Makasih udah diingatkan, Mba :D

      Delete
  2. Santannya klo pake yg sachet gmn mbak ? (Aku g bisa marut kelapa -_-)
    Kemirinya buat gurih ya, aku pengen praktik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bisa. Pakai santan kara atau sasa 1 bungkus aja. Kadang saya pakai juga kok :D

      Delete
  3. Pesmol, aku baru tahu loh Mbak. Sebenarnya bahasa mana ya pesmol hehehe. Aku langsung mau coba ah, moga dapet ikan seger yg yummy. Makasih resepnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini entah masakan sunda, eh saya nggak tau juga, haha... Mari, mba :D

      Delete
  4. Wah ikaaaaannnn...suka banget nih aku dan anak2. Aku suka pesmol yang cabai rawit orensnya diiris tipis2. Trus kemiri juga banyak makin sedap wanginya deh. Betul Nita, kalau masak tuh rahasianya pakai gula meskipun sedikit. Buat Bunda Raka: Ikannya digoreng dulu (bantu jawab yach hehehe) kan ada tuh tertulis jelas sekali.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kadang bikin pesmolnya yang pedas juga, kemirinya yang banyak :D BTW kemarin itu ikan digorengnya lupa ditulis, Mba Nurul :D Itu baru di-edit :D

      Delete
  5. aku juga masak ikan nila di pesmol gini cuman keknya klo pas disandingkan sama pesmol miss nita keknya punyaku dpt angka tiarap 🤣😂🤣

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha masak pesmol mah sama aja ah :D

      Delete
  6. bisa jadi alternatif baru memasak, thanks resepnya mbak

    ReplyDelete
  7. Pernah dikirimi tetangga pesmol ikan. Tapi kalau bikin sendiri belum pernah.

    ReplyDelete
  8. Ikannya menggoda, pake ikan lainnya jg bisa kah mba nita?

    ReplyDelete
  9. Dulu pernah bikin pesmol jg buat mpasi iyas, skrg udah lupa caranya :D

    ReplyDelete
  10. Ini makanan fav kalo udh mudik ke medan. Mama slalu sukses bikin anak2nya nambah tra pas makan kalo udh masak pesmol nila :D. Tp krn kita sekeluarga suka pedes, jdnya rasa pesmolnya memang dibikin pedas mantep mba :D.. Dengan banyak ranjau rawit di mana2 :p

    ReplyDelete
  11. Aku belum pernah makan ikan nila nih mba. HIhihii
    Padahal pengen juga mencoba nih. Asik kalau dibuat pesmol euy :)

    ReplyDelete
  12. Ahhh,,, pasti aku praktekin nih,,#saverecipe

    ReplyDelete
  13. Mbaaa Nita, aku udah buka blogmu tapi skip komen. Baru bisa bw skrg..
    Dan aku suka pesmol, minggu lalu nggak jadi bikin pesmol.. aku mupeng pas liat ini huvt

    ReplyDelete

Makasih ya udah meluangkan waktu untuk berkomen. Semua komen melewati jalur sensor dulu ya sebelum mejeng di blog.

Memang tidak ada notif setelah klik posting, tapi komen teman2 tetap masuk ya :)

I'm a member of

I'm a member of