Liburan ke Malaysia Tanpa Menguras Kantong? Bisa Kok

(moed.com.my)

Apa kabar, teman-teman?

Ngayap ke Malaysia merupakan alasan utama saya untuk bikin paspor 4 tahun yang lalu. Sebagai negara tetangga, liburan ke Malaysia bisa jadi alternatif untuk menikmati waktu senggang. Ah sombong amat, lu, Nit. Punya waktu senggang aja mesti ngayap ke Malaysia? Hahahah...

Nggak gitu juga sih. Kala itu saya masih punya bimbel, jadi nggak mungkin kan kalau saya ninggalin bimbel misalnya sampe seminggu-dua minggu cuma buat ngayap. Jadi kalau ke Malaysia, plan saya mah tiga hari cukup lah.

Selain itu, ketimbang ke negara lain, liburan ke Malaysia juga nggak terlalu makan banyak biaya, karena kurs rupiah dari ringgit itu nggak jauh beda. Kurs Malaysia masih lebih murah dibandingkan dengan Singapura. Jadi dari duit yang ada, saya masih bisa ngirit-ngirit lah.

Hingga pada akhirnya, paspor pun udah di tangan, eh salah... di dompet deng. Selanjutnya yang saya ceki-ceki adalah... berapa biaya liburan ke Malaysia? Setelah cari info sana-sini, kurang lebih ini ya gambaran kasar dari perkiraan jumlah biaya yang harus dikeluarkan buat liburan alias ngayap ke sana.

Tiket Pesawat

Harga tiket pesawat Jakarta – Malaysia atau Surabaya – Malaysia nggak jauh beda dengan Jakarta – Surabaya atau Jakarta – Malang. Nggak percaya? Coba deh cek tiket penerbangan saat low season. Rata-rata tiketnya itu antara Rp 400 ribu – Rp 600 ribu sekali jalan. Murah banget kan?

Biar lebih murah, pilih maskapai murah seperti Air Asia. Kalau beruntung, kita-kita bisa dapat tiket gratis buat ke Malaysia. Syaratnya, cari tiket promo sejak jauh-jauh hari sebelumnya.

Jadi ketimbang nanya-nanya orang lain kapan nikah atau kenapa belum hamil, mending kita pergunakan waktu untuk ngumpulin another income, trus ceki-ceki tiket promo deh. Siapa tau dapet yang gratisan juga kan.

Penginapan
(media.timeout.com)

Ada banyak hotel backpacker di Malaysia, juga hostel-hostel murah yang berada di pusat kota. Rata-rata harganya sekitar Rp 200 ribu per malam. Tapi kalau kita berangkat dengan rombongan yang lebih dari tiga orang, mendingan nyewa apartemen aja.

Kita juga bisa menyewa lewat jasa website biasa, atau lewat AirBnb yang harganya lebih murah. Rata-rata sewa apartemen sekitar Rp 200 ribu per hari. Sama dengan hotel murah, tapi kalau apartemen bisa ditinggali beberapa orang sekaligus dan ada dapur juga di dalamnya.

Jika dibagi dengan banyak orang, tentu harga apartemen bisa jadi lebih murah. Dan apartemen yang disewakan di Malaysia biasanya bagus-bagus sih. Udah lengkap dengan fasilitas kayak gym dan juga kolam renang yang memadai. Selain itu juga bisa ngirit biaya makan karena ada dapur tempat masak.

Transportasi
(themalayonline.com)

Rata-rata harga bus sekali jalan adalah Rm 5 atau sekitar Rp 15 ribu. Sementara tiket MRT sekitar Rp 12 ribu untuk sekali masuk stasiun. Murah kan?

Itulah mengapa selama di Malaysia sangat disarankan untuk naik kendaraan umum kayak bus atau kereta aja. Karena kalau kita milih naik taksi, biayanya bisa membengkak sampai puluhan kali lipat. Sayang banget kan, uangnya bisa dipakai buat yang lain-lain.

Makan

Bawa makanan sendiri dari Indonesia memang lebih murah. Tapi nggak selamanya kan kita bakal makan bekal. Sesekali coba deh makan di luar, di warung-warung tepi jalan yang bersih banget.

Biaya sekali makan juga nggak mahal kok, rata-rata Rp 20 ribu untuk sekali makan di warung sederhana. Dengan jumlah yang sama, kita juga bisa mencicip jajanan street food Malaysia yang udah terkenal dengan kelezatannya.

(blog.tootoomoo.co.uk)

Kalau kita-kita nggak bawa bekal dari Indonesia, makan di Malaysia nggak bakal nguras kantong banget kok. Dan para penjualnya juga ramah-ramah, juga jujur soal harga pada wisatawan. Jadi nggak perlu takut ketipu yee.

Biaya-biaya ini tentu akan bertambah kalau kita masuk ke wahana wisata yang ada di Malaysia. Kalau pengen hemat, nikmati jalan-jalan di pusat kota aja, jadi kita-kita cuma perlu biaya transportasi dan makan tanpa perlu biaya tiket.

Ada bus wisata yang bakal bawa kita keliling kota dengan biaya nggak nyampe Rp 50 ribu udah bisa keliling Kuala Lumpur dan menikmati serunya liburan di Malaysia.

Nah, murah kan liburan ke Malaysia. Jadi kamuuu... kapan berangkat?

41 comments:

  1. Murah ya mba sewa Apartemen 200 ribu sehari, dibandingkan disewa hotel di Jakarta aja bisa 500- 700. Yang penting punya pasport ya supaya bisa liburan ke Malaysia

    ReplyDelete
  2. Wah makasiy tipsnya yaa, baru ngeh kalo Malaysia juga murmer :)

    ReplyDelete
  3. saya termasuk yang suka jalan-jalan ke Malaysia. paling suka beli buku di sana, karenea harganya lebih murah daripada di Indonesia :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Buku2 apalagi kalau lagi pameran buku di KL suka lihat promonya mantep2 banget :D

      Delete
  4. wah nggak nyangka tiketnya semurah itu atau emang akunya aja jarang cek-cek harga. inspiratif banget makasih infonya


    anggiputri.com

    ReplyDelete
  5. Steet food-nya bersih ya. Ada pengamen-pengamennya juga nggak

    ReplyDelete
  6. Terakhir ke malaysia kira-kira 10 tahun lalu. kayanya pas ini mumpung butuh liburan muehehe..

    salam nopipon.com

    ReplyDelete
  7. Iya ya.. bisa sewa apartmen. Bisa sekalian masak pula. Lebih irit lagi ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ssst... masak di rumah aje, Ummi. Kalo ngayap kite kulineran, hahah...

      Delete
  8. Wah makasi banyak mba, kebetulan akhir tahun / awal tahun ini berencana ke Malaysia dengan teman

    ReplyDelete
  9. Malaysia msih masuk wishlist ku buat liburan ke sana nih mbak. Soalnya negara ini yang belum kukunjungin meaki cuma numpang transit :D
    Beneran tiketnya kisaran segt mbak ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau promo iya segitu. Pas long weekend, rate tinggi saya pun beli 1,2 haha...

      Delete
  10. Wahhh murah ya mba. Liburan ke luar negeri tapi serasa liburan dalam negeri kalo urusan kantong. :)

    ReplyDelete
  11. Ternyata harga makanan seporsinya ga jauh beda dengan di sini ya Miss. Trus hrga tiketnya iya bener bgt malah lebih mahalan tiket ke malang ketimbang ke negeri tetangga duh duh. Jadi pengen cepet2 jjs tapi aku belum punya paspor hikshiks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada beberapa makanan yg porsinya besar. Tiket kalo promo iya murah2 segitu.

      Delete
  12. Iya, mbak, ke Malaysia emang masih lebih nyaman di kantong dari pada ke Singapura. Kita belum sempat ke sini bareng ya, mbak, baru sampai Malaka aja. Kapan-kapan yuk ah ^^

    ReplyDelete
  13. Nah aku juga coba berburu tiket yang air asia emang mesti jauh2 hari sayangnya belum cocok sama jadwal suami hahaha *kesian :p
    Btw karena postingan ngayap miss aku juga kecipratan ke Melaka tahun lali, karena postingan Mie-nya aku jadi celamitan langsung beli :D Menginspirasi orang lain sederhana y miss cukup menulis bikin orang lain tergerak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah moga ada kesempatan lagi kita ya ke KL dan tempat lainnya :D

      Delete
  14. kalo di sana pakai bhs apa kalo ngomong sama penduduk lokal. mbak?

    ReplyDelete
  15. Hitungannya murah juga ya kalau naik bus 15rb, MRT 12rb. Ga beda jauh sama ongkos di Indonesia. Karena serumpun, ya serasa di rumah kali ya cuma logatnya aja beda2 lucu gitu bahasanya 😊

    ReplyDelete
  16. kemarinj ditawari tur ke KL-Genting 3D2N 2,6 jt
    katanya sih model backpakeran,. tapi lihat reviewnya mbak kok kayaknya mahal ya
    mending sendiri aja. heu heu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh tiket ke Gentingnya mungkin ini yg mahal.

      Delete
  17. tetep kemahalan.. wkwkwk tapi kayanya seru juga buat sekali-sekali pergi ke negara tetangga.

    di malaysia bisa nggk yah tidur di masjid.. wkwkwk. hal yang sering aku lakuin kalau lagi touring ke tempat jauh.. heheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekarang kayaknya mesti booking penginapan ya, karena suka ditanya immigrasi. Kalau masalah mahal murah tergangung pembandingnya :)

      Delete
  18. Untuk transportasi bisa juga manfaatin uber/grab kalau ada pakai simcard lokal. Lebih murah kl jalan ramai-ramai.

    Aku suka Malaysia. Dan selalu kangen buat ke sana.

    Omnduut.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya waktu pas ke KL saya juga pake Digi, sim card lokal. Kalau transportasi rame2 iya bisa manfaatin grab juga ya.

      Delete
  19. Udah hampir setahun ini ( klo gak salah inget) gabung sama grup backpacker di FB. Banyak yang ngeshare pengalaman liburan mereka ke KL. Tapi kok ya sampe sekarang keberanian belum muncul juga yak*sambil tutup muka*

    Padahal deket kan ya, tinggal "nyebrang" doang

    ReplyDelete
  20. Nginep di airbnb di malaysia juga bagus bagus banget dengan harga yang menarik. Ahhh jadi pengen liburan nih hehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kalau baca2 tulisan ttg liburan langsung semangat liburan ya, haha...

      Delete
  21. murah ya, nggak nyangka ke luar negeri biayanya gak beda jauh sama travel di dalam negeri aja.

    ReplyDelete

Makasih banyak ya teman-teman udah meluangkan waktu untuk mampir. Semua komen akan melewati jalur sensor dulu yaaa...

BTW don't call me "Mak" or "Bunda" cause I'm not Emak-Emak or Bunda-Bunda :P