Lihat-Lihat Lukisan Keren di Senandung Ibu Pertiwi, Galeri Nasional Indonesia

Senandung Ibu Pertiwi, Galeri Nasional

Apa kabar, teman-teman?

Rabu 9 Agustus 2017 lalu, saya kembali ngayap-ngayap seru bersama Jadi Mandiri, sebuah portal online yang mengajak kita-kita untuk lebih mandiri, bersama Medialogy juga. Agenda ngayap saya, eh kami kali ini adalah mengunjungi Galeri Nasional Indonesia, untuk lihat-lihat lukisan yang keren-keren banget dalam tema "Senandung Ibu Pertiwi".


Gedung Galeri Nasional Indonesia ini nggak susah kok dicarinya, karena adanya di seberang Gambir. Kalau turunnya di Gambir atau di depan Gambir kayak saya yang naik ojek online, bisa nyeberang lewat tangga penyeberangan. Yuk maree kita sekalian olah-raga, hahah...

Saya tiba di sana tepat jam 10. Kami registrasi, ngobrol-ngobrol, dan makan (menuju) siang dulu. Lalu sekitar jam 11.30 baru deh kami menuju lokasi utama tempat pamerannya berlangsung.


Oh ya, sebelum masuk ke Gedung A tempat pameran lukisan ini diadakan, kami menuju ruang penitipan tas dulu, karena cuma dompet dan hape aja yang boleh dibawa masuk. Kamera dan tongsis juga enggak boleh ya. Kalau dompet teman-teman pakai tali selempang kayak dompet saya ini, talinya dicopot dulu ya atau dimasukkin aja ke dalam dompet. Pokoknya jangan terlihat seperti tas.

Selesai nitip tas, lalu tangan kami dicap dulu macam masuk tempat wisata. Dengan diantar salah seorang petugas, kami pun digiring diantar menuju gedung A. Setiba di gedung A, kami kembali melakukan pemeriksaan lengkap layaknya di bandara, haha...

Nggak lupa dompet kami pun disuruh diperlihatkan isinya. Nggak apa-apa, ini untuk keamanan bersama ya. Nggak ditanya kok sama bapak petugasnya, kok nggak ada duitnya sih, hahah... Setelah melewati semua pemeriksaan, saatnya muter-muter lihat lukisan, horeyyy...


Buat teman-teman yang mungkin ada yang belum tau, ini sekalian saya kasih infonya ya kalau Senandung Ibu Pertiwi ini merupakan tema pameran lukisan dari koleksi istana kepresidenan RI. Yang mengadakan pameran ini merupakan Kementerian Sekretariat Negara RI.

Tahun ini merupakan tahun kedua pameran lukisannya diadakan, yang merupakan bagian dari rangkaian memperingati hari kemerdekaan RI yang ke 72. Makanya dikasih tema “Senandung Ibu Pertiwi”, yang maknanya tanah air.

Pameran lukisan Senandung Ibu Pertiwi ini dibuka secara resmi oleh Bapak Presiden Joko Widodo tanggal 1 Agustus 2017. Lalu mulai tanggal 2 s/d 30 Agustus bisa dikunjungi oleh umum, dari jam 10.00 s/d 20.00.

 Di depan pintu masuk, kami udah dihadapkan dengan lukisan besar yang merupakan pernikahan adat Rusia. Lalu begitu memasuki ruangan, mata saya secara bergantian berhadapan dengan lukisan-kisan yang keren-keren banget.

Galeri Nasional Indonesia
Lukisan pernikahan adat Rusia
Kalau tahun lalu, lukisan yang dipamerkannya itu ada 28 lukisan dari 21 pelukis. Nah kalau tahun ini ada 48 lukisan dari 41 pelukis yang dibikinnya itu antara abad 19 dan 20.

Di area depan, saya melihat beberapa lukisan tentang alam. Ternyata ada 12 lukisan yang bertema tentang alam ini. Lalu ada juga lukisan tentang keseharian kayak kehidupan masyarakat di pantai atau di pedesaan, yang jumlahnya 11 lukisan. Ada juga 15 lukisan tentang tradisi dan identitas. Serta lukisan ini juga dilengkapi dengan tema mitologi dan religi.

Beberapa lukisan yang saya foto bisa dilihat di slide youtube ya. Untuk memotret, kami memang nggak dibolehkan untuk menggunakan blitz. Kalau tongsis juga memang nggak boleh dibawa karena takutnya mengganggu pengunjung lain. Oh ya, masuk sini juga nggak boleh berisik ya, hihi... Kudu jaga banget ya kenyamanan pengunjung lain.


Di area belakang, kami juga bisa melihat satu ruangan yang berisi pameran arsip dan dokumentasi. Lalu ada juga lukisan karya Makovsky yang pernah dikonservasi pada tahun 2004. Kalau lukisan yang ini dipajangnya melalui LED.

Sewaktu saya ke sana, pengunjungnya nggak cuma orang-orang kita aja lho. Banyak juga Mba, Mas, serta keluarga asing yang juga ikut seru-seruan.

Oh ya, selain melihat pameran lukisan, kegiatan lainnya juga ada, yaitu workshop menulis bersama komunitas difabel (10 Agustus), diskusi para pakar: menjaga ibu pertiwi (19 Agustus), lomba lukis kolektif tingkat nasional (26 Agustus), serta tur pameran oleh kurator tiap hari sabtu dan minggu.

Selesai sudah jalan-jalan saya keliling Gedung A Galeri Nasional Indonesia. Selanjutnya saya dan Mba Utie pun sholat dzuhur dulu di musholla sebelum kumpul lagi dengan teman-teman yang lain, lalu pulang. Jadi nggak perlu khawatir kan untuk berkunjung ke pameran lukisan ini, karena tempat sholat-nya pun nyaman digunakan.


Makasih banyak ya Jadi Mandiri dan Medialogy untuk undangannya. Pokoknya event-nya seru banget. Untuk Kementrian Sekretariat Negara RI dan Galeri Nasional, terima kasih juga udah mengadakan pameran lukisan yang luar biasa ini dengan gratis pula.

Makasih banyak ya teman-teman udah mampir... 

Sumber info: galeri-nasional.or.id

26 comments:

  1. Aq senang banget juga sama lukisan2 tapi kenapa ya jarang mau beli hahaha sukanya mmg liat yg ada di museum aja. Seru ya eventnya ..
    salam kenal ya mak 😍🙏🏼

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga lebih ke lihat2 aja kok :D BTW I'm not emak2 :)

      Delete
  2. Mau banget dong lihat pameran lukisan kayak gini Mbak. AKu suka banget sengan dunia menggambar. Nggak ngebosenin

    ReplyDelete
  3. Dulu aku suka lho lihat-lihat lukisan. Tapi sejak nikah, kayaknya susah deh. Makanya baca cerita mbak Nita cukup terhibur 😄

    ReplyDelete
  4. Cucok dirimu Miss jjs mulu haha. Tapi kali ini temanya Indonesia banget ya. Kudhunya anak sekolah pun diajak ke sini pasti bakalan suka karena mengenalkan juga dengan lukisan2 yg bernilai tinggi. Btw letaknya dekat gambir ya..aku malah g tahu selama ini xixi mksh ya infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya banyak rombongan atau keluarga yang punya anak2 pada main ke sini. Wisata yang menambah pengetahuan ya :D

      Delete
  5. Waaaaahhh anakku Rafa nih demen deh jalau diajak ke pameran lukisan kayak di Galeri Nasional Indonesia. Aku tau nih emang deket stasiun Gambir kan. Wah koleksi Kepresidenan RI nih pasti sangat berharga deh. Ga boleh bawa apa2 ya selain hp dan dompet itu pun fotonya ga boleh pake flash. Jadi pengen ikutan tur Sabtu Minggu nih. Tks infonya ya Nita.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nanti kalau ada pameran lagi bisa ngunjungi juga ke sana, Mba Nurul :D

      Delete
  6. Datang k sini baru tau kalau bung Karno jago lukis Dan bisa Liat lsg lukisan nyi Roro kidul

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lukisan Nyi Roro Kidul macam hidup ya :D

      Delete
  7. Tutup jam 8 malem ya mbak Nit, lumayan bisa jalan abis pulang kerja. Sayang kalau dilewatkan neh

    ReplyDelete
  8. Semua lukisan yang dipamerkan di pameran lukisan Senandung Ibu Pertiwi emang kece banget. Apalagi yang Njai Roro Kidul yang seperti menghipnotis

    ReplyDelete
  9. banyak aturan buat masuk ke pameran lukisan ini tetapi jadinya nyaman sih ya. Ga terganggu tongsis di sana-sini. Lebih khusyu' menikmati pameran

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya untuk kenyamanan bersama ya, Mama Sid :D

      Delete
  10. Aku suka nggambar jadi kalo liat lukisan itu rasanya seneng aja liatnya karena melukis itu sesuatu yg gampang2 susah lho. hehe. ternyata nita suka masak. salam kenal aja aku dari admin blog sebelah. oiya blogmu udah tak follow kalau berkenan mari saling follow agar bisa nambah teman di blog. makasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mas Beny, makasih ya udah mampir. Kalau ada blog pribadinya boleh dikabari ya. Blog sebelahnya saya tak paham materinya, haha... maap kudet.

      Delete
  11. Belum pernah datang ke acara pameran lukis apalagi galeri bersejarah begini. Paling jarang nongol di museum wkwkwk. Nah karena tulisan ini nih saya jadi tertarik utk sering sering nengokin museum termasuk ke Galeri nasional ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuhuuu Mak. Seru juga sih lihat2 lukisan gini, haha...

      Delete
  12. Bagus-bagus hasil karya para seniman indonesia. Dan pamerannya juga teratur disusun perkategori

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener, ngelihatnya pun jadi lebih enak ya :D

      Delete
  13. yg asik dari galeri nasional ini bukan hanya lokasinya yg sangat strategis tapi melihat koleksi lukisan di dalamnya bisa bikin wawasan bertambah karena setiap lukisan ada cerita dan history-nya

    aku baru sekali ke galeri nasional, duh jadi kepingin lagi ini gaar2 membaca tulisanmu mak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ada cerita2 sejarahnya juga. Moga tahun depan lebih keren lagi :D

      Delete

Makasih banyak ya teman-teman udah meluangkan waktu untuk mampir. Semua komen akan melewati jalur sensor dulu yaaa...

BTW don't call me "Mak" or "Bunda" cause I'm not Emak-Emak or Bunda-Bunda :P