Resep Sambal Terasi Asam Jawa dan Sambal Bajak

Sambal Terasi Asam Jawa dan Sambal Bajak

Apa kabar, teman-teman?

Ketimbang sambalado hijau, sambal terasi memang yang lebih sering saya bikin. Kalau bosan dengan sambal terasi biasa, seringkali saya bikin sambal terasi berkuah dari air asam jawa. Atau kalau lagi pingin yang ada rasanya kecapnya, ya udah bikin sambal bajak ya.


Yang pertama saya tulis ini yang sambal terasi asam jawa dulu ya. Ini bahan-bahan yang perlu dipersiapkan...

1 sdm asam jawa, kasih air panas kurang lebih 1/3 gelas (gelas belimbing) lalu aduk-aduk
10 buah cabe merah
5 buah cabe rawit hijau

5 buah cabe rawit merah
4 siung bawang merah
1 siung bawang putih

1 buah tomat merah
1 sachet terasi
1 ruas jeruk nipis

Sedikit garam
Secukupnya minyak goreng


Lalu ini cara memasaknya ya...

Panaskan minyak, lalu goreng cabe merah, cabe rawit hijau dan merah, bawang merah dan putih, serta tomat hingga layu. Gunakan api sedang aja dan ditutup ya karena cabenya suka meletus, haha...

Letakkan pada ulekan, campurkan dengan terasi, jeruk nipis, dan garam, lalu giling halus atau setengah halus.

Letakkan pada sebuah mangkok, lalu sendokkan air asam jawa. Kadar asamnya nanti diatur aja ya, mau gunakan berapa sendok.

Ini dia hasilnya...

Sambal Terasi Asam Jawa
Sambal Terasi Asam Jawa
Kalau saya pakai air asam jawanya itu kurang lebih 8 sdm, jadi sambalnya itu segar karena lumayan berkuah dan rasanya pun asam pedas. Muantappp... Jadi macam sambal kukus.

Lanjut pada sambal terasi yang kedua yaitu sambal bajak. Untuk resep sambal bajak memang ada banyak banget, tapi ini sambal bajak ala chef Nita ya, haha... Kalau bahan-bahan dan cara masaknya beda dengan tetangga sebelah, ya bodo amat, haha... Eh nggak gitu juga sih. Kita boleh share aja ya sambal bajak versi teman-teman.


Ini bahan-bahan yang diperlukan ya. Hampir nggak jauh beda kok

10 buah cabe merah
5 buah cabe rawit hijau
5 buah cabe rawit merah

4 siung bawang merah
1 siung bawang putih
1 buah tomat merah

1 sachet terasi
1 ruas jeruk nipis
Sedikit garam

1 sdm kecap manis
½ sdt gula
Secukupnya minyak goreng


Lalu ini cara masaknya ya...

Panaskan minyak, lalu goreng cabe merah, cabe rawit hijau dan merah, bawang merah dan putih, serta tomat hingga layu.

Letakkan pada ulekan, campurkan dengan terasi, jeruk nipis, dan garam, lalu giling.

Panaskan minyak, lalu tumis gilingan sambal sembari dicampurkan dengan kecap dan gula. Ini sih tumisnya asal aduk-aduk aja, dan gunakan api pelan aja.

Ini hasilnya...

Sambal Bajak
Sambal Bajak
 Yeps, ini 2 resep sambal terasi dari saya. Nanti kalau lagi kurang kerjaan, saya akan tulis resep sambal yang super gampil lainnya, karena tak ada sambal... makan itu jadi kurang lengkap.

Makasih banyak ya udah mampir dan selamat mencoba...

23 comments:

  1. Love sambaaal 😊 cukup dia aja yg pedas huhah hihi
    Sambal Bajak enaak....

    ReplyDelete
  2. liat erahnya sambel aja langsung lapar gini, pengen nyobain

    ReplyDelete
  3. ga pake sambal emang ga enak sayangnya dirumah cuman aku doang yang doyan jadi klo nyambel makan sendiri, ngulek sendiri aku sukanya sambel bajak miss makyoss itu

    ReplyDelete
  4. Di Makassar, pisang kepok mengkal digoreng setengah mateng, kemudian dipipihkan lalu digoreng lagi sampe kecoklatan. Jadinya kriul kriuk. Dimakannya pake sambel terasi gini. Haduuuuh.. Maknyusss!

    ReplyDelete
  5. sering denger sambal bajak tapi belum pernah coba bikin...mau coba lah resep mba nita nih jadinya ^_^

    ReplyDelete
  6. Semua sambal saya suka. nyam..nyam..menambah selera makan :-D

    ReplyDelete
  7. Lihat komposisi bumbunya sudah terasa pedasnya, hmmmm maknyus

    ReplyDelete
  8. Nyaaam...
    Kalo udah ada sambel gini, tinggal pake nasi anget aja udah mantaaap, Mbak. Bisa nambah pulak hahaha

    ReplyDelete
  9. aku belum pernah coba sambal bajak, kayaknya sedap :3

    ReplyDelete
  10. jadi lapeeer deh mbaaak. makasih banget resepnya, kapan kapan bisa dicoba :)

    ReplyDelete
  11. Wah, saya baru denger nih nama sambal bajak..hihi.. Tapi langsung kebayang enaknya kalau dimakan sama ubi goreng :D

    ReplyDelete
  12. Sambal tuh perusak diet nomor 1 buat saya. Kalau udah ada sambal, gak rela cuma makan sedikit hahaha

    ReplyDelete
  13. Saya juga suka sambal Asam Miss Nita, tapi saya tambahkan gula jadi pedas, asam manis. Biasanya saya makan dengan rebusan sayur Kangkung walau tanpa nasi jadi rujak kangkung.

    ReplyDelete
  14. Ahh sambal bajak bikin ngiler, pengen cobain tapi blm bisa berkreasi kalo dikosan

    ReplyDelete
  15. Kalo lg bingung ditanya mau dimasakin apa sama si mbak, aku pasti jwb, sawi rebus ama sambel terasi aja mba
    :D. Dijamin bakal abis nasi sepiring. Udh cukuplah lauknya.. Sambel itu udah lauk buatku :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha iya nasi plus sambel udah heaven ya :D

      Delete
  16. Wuiiih gak kebayang nih nikmatnya Tempe goreng dicolek ke sambel ini. Biikiin ngiler Mba.. izin save cr Buatny ya mba..

    ReplyDelete
  17. Ini namanyq cheff beneran. Sampai air asam pun bisa dipadukan dengan sambal. Well idenya dapat banget miss..cucok lah buat penggemar pedes nih

    ReplyDelete
  18. Waaah ini baru tau nih ada sambal dicampur sama asam jawa. Rasanya kayak apa ya? Patut di coba nih, chef.^_^

    Dan sambal bajaknya kalau pakai kecap sama gula, kayak sambal pedas manis gitu ya. Btw, terasi yg dipake terasi apa ya, ta?

    ReplyDelete

Makasih banyak ya teman-teman udah meluangkan waktu untuk mampir. Semua komen akan melewati jalur sensor dulu yaaa...

BTW don't call me "Mak" or "Bunda" cause I'm not Emak-Emak or Bunda-Bunda :P