Resep Ayam Kecap Inggris Lada Hitam

Ayam Kecap Inggris Lada Hitam

Apa kabar, teman-teman?

Pertama kalinya saya tau kecap inggris itu dari salah satu menu sewaktu saya kulineran di Belut Khas Surabaya di Rawamangun, yaitu Belut Saus Inggris rasanya deh namanya. Review tentang kulineran ini udah ada juga ya di label restaurant.


Belum lama ini pas ke supermarket, mata saya pun dipertemukan dengan botol kecap inggris ini, haha... Ya udah dibeli aja.

Buat teman-teman yang mungkin belum tau, kecap inggris ini warnanya agak mirip saus tiram, bentuknya cair, nggak kental macam kecap manis. Ini yang saya beli, sekalian saya foto bareng oregano dan lada hitamnya ya, karena waktu itu ada yang tanya oregano juga.

Lada hitam, kecap inggris, oregano

Kecap inggris yang saya beli itu merk ABC, harganya kurang dari 10 ribu deh. Kalau lada hitam memang saya suka tukar-tukar, rasanya pakai merk Jay's juga. Itu pas kebetulan ke Giant, jadi beli produk Giant aja. Harganya kurang dari 10 ribu juga, dan ini cukup murah ketimbang merk lain. 

Yang di mangkok putih itu oregano, saya pakai merk Jay's karena ini yang paling murah di antara tetangga display-nya, hahah... Kurang dari 20 ribu dan cukup enak kok. Kapan-kapan saya review bumbu yang lebih lengkap lagi ya, haha...

Kebetulan tante beli ayam, jadi saya tumis pakai kecap inggris yang dicampur dengan lada hitam aja. Ayam yang saya pakai cuma separo, tapi ini bumbu rebusnya untuk 1 ekor ayam ya, sisanya bisa disimpan di kulkas. Kalau teman-teman mau rebus ayamnya cuma separo, tinggal dikurangi aja ya takaran bumbunya.


Ini ya yang perlu disiapkan:

1 ekor ayam, bersihkan. Kalau belum dipotong ya potong dulu sesuka hati, haha...
1 ibu jari lengkuas, keprek
4 lembar daun salam
500 ml air
Secukupnya minyak goreng


Ini bumbu giling untuk rebusan ayamnya:

2 siung bawang merah
4 siung bawang putih
½ sdt lada

1 sdt ketumbar
½ ibu jari jahe
1/2 ibu jari kunyit
Secukupnya garam



Lalu ini cara memasaknya:

Rebus 1 ekor ayam bersama bumbu giling, lengkuas, daun salam, dan air hingga empuk. Gunakan api sedang aja nggak apa-apa. Merebus ayam ini memang nggak begitu lama kok.

Kalau rebusannya udah matang, panaskan minyak lalu goreng ½ ekor ayam hingga matang. Gunakan api pelan menuju sedang biar hasil gorengnya kering.


Sekarang kita siapkan bahan tumisannya ya:

½ ekor ayam yang udah digoreng
Secukupnya minyak goreng
1 sdm margarin

4 siung bawang merah, iris
1 siung bawang putih, iris
¼ bawang bombay, iris

1 batang daun bawang, iris menyerong
1 buah tomat, belah empat, iris
5 buah cabe merah, iris menyerong
3 buah cabe rawit merah, iris menyerong

1 sdt oregano
1 sdt lada hitam
1 sdt gula

Secukupnya garam
3 sdm kecap inggris
100 ml air


Ini cara memasaknya ya...

Panaskan minyak dan margarin, lalu tumis bawang merah dan bawang putih hingga matang.

Masukkan bawang bombay, daun bawang, tomat, cabe merah, rawit merah, oregano, lada hitam, gula, dan garam. Tumis hingga harum.

Masukkan kecap inggris lalu aduk hingga merata.

Masukkan air lalu tunggu hingga mendidih sembari diaduk.

Masukkan ayam goreng. Kalau ada remah bumbu dari menggoreng, masukkin aja sekalian biar kuahnya jadi kental. Aduk hingga merata.


Ayam Kecap Inggris Lada Hitam ini rasanya ada nggak begitu pedas karena cabenya cuma irisan dan lada hitam pun nggak juga kelewat pedas. Hasilnya memang agak berkuah ya, biar lebih segar.

Kalau di minimarket atau supermarket susah cari kecap inggrisnya, ya udah pake kecap manis aja 2 sdm. Masak nggak usah dibikin rempong, karena bukankah hidup udah dirempongkan oleh kaum nyinyir, hahah...

Makasih banyak ya udah mampir dan selamat mencoba...