Resep Bihun Goreng Saus Teriyaki dan Saus Barbeque

Resep Bihun Goreng

Apa kabar, teman-teman?

Ngomong-ngomong, teman-teman di sini ada nggak yang suka ikutan upload makanan bareng IG @thegaring.id ? Pas yang edisi ke 130, waktu itu temanya adalah olahan bihun. Jadilah saya beli bihun yang udah dikantongin langsung 500 gram ada 4 biji. 


Resep Mie Goreng Terasi Tahu Telur 

Untuk masakan pertama, saya gunakan bihunnya 2 dulu, jadi 250 gram untuk dimasak bihun goreng dengan saus teriyaki, yang juga dicampur dengan telur dan keputren. Yang saya pakai itu saus teriyaki merk Pronas. Satu bungkusnya ini harganya nggak sampai 10 ribu. Nanti kalau saya masak lagi dengan saus ini, saya foto sekalian ya.


250 gram bihun.
Secukupnya air untuk merebus bihun
2 sdm kecap manis

5 buah keputren atau jagung muda, iris
3 telur
Secukupnya minyak goreng
1 sdm margarin

4 siung bawang merah, iris
1 siung bawang putih, iris
½ siung bawang bombay, iris

1 batang daun bawang, iris
1 buah tomat, belah empat lalu iris
3 buah cabe merah, iris
3 buah cabe rawit, iris

1 bungkus saus teriyaki Pronas
1 sdm oregano
1 sdt lada hitam

2 sdm kecap ikan
Secukupnya garam


Sekarang kita mulai masaknya yaaa...

Didihkan secukupnya air, lalu rendam bihun hingga lunak, atau sembari direbus juga bisa. Tiriskan lalu aduk dengan kecap manis.

Panaskan sedikit minyak goreng, lalu orak-arik telur.

Panaskan minyak goreng dan margarin, lalu tumis bawang merah dan bawang putih hingga matang.

Masukkan bawang bombay, daun bawang, cabe merah, cabe rawit, oregano, lada hitam, kecap ikan, dan garam. Tumis hingga harum.

Masukkan saus teriyaki, jagung, dan telur. Aduk hingga mendidih. Gunakan api kecil aja nggak apa-apa, biar jagungnya matang.

Masukkan bihun lalu aduk hingga merata. Kalau rada susah ngaduknya karena bihunnya udah rada keras, kasih sedikit air aja.


Ini jadinya cukup banyak. Bumbu teriyaki-nya berasa banget dan nggak begitu pedas. Kalau teman-teman nggak punya stok minyak ikan, nggak apa-apa nggak usah digunakan aja.


Untuk resep bihun yang kedua, saya menggunakan saus barbeque dari Delmonte. Kalau ini saya masak bihunnya 1 aja, yaitu 125 gram. Ini dia bahan-bahannya. Hampir semuanya sama ya, porsinya aja ada yang dikurangin.

Resep Bihun Goreng Saus Barbeque
Bihun Goreng Saus Barbeque

Ini bahan-bahannya:

125 gram bihun.
Secukupnya air untuk merebus bihun
2 sdm kecap manis

2 telur
Secukupnya minyak goreng
1 sdm margarin

4 siung bawang merah, iris
1 siung bawang putih, iris
½ siung bawang bombay, iris

1 batang daun bawang, iris
1 buah tomat, belah empat lalu iris
3 buah cabe merah, iris
3 buah cabe rawit, iris

3-4 sdm saus barbeque
1 sdm oregano
1 sdt lada hitam

1 sdm kecap ikan
Secukupnya garam


Lalu ini cara masaknya yang hampir sama aja dengan masakan di atas...

Didihkan secukupnya air, lalu rendam bihun hingga lunak, atau sembari direbus juga bisa. Tiriskan lalu aduk dengan kecap manis.

Panaskan sedikit minyak goreng, lalu orak-arik telur.

Panaskan minyak goreng dan margarin, lalu tumis bawang merah dan bawang putih hingga matang.
Masukkan bawang bombay, daun bawang, cabe merah, cabe rawit, oregano, lada hitam, kecap ikan, dan garam. Tumis hingga harum.

Masukkan saus barbeque dan telur. Aduk hingga mendidih dengan api sedang.

Masukkan bihun lalu aduk hingga merata. Kalau rada susah ngaduknya karena bihunnya udah rada keras, kasih sedikit air aja.


Untuk bihun goreng saus barbeque ini walau porsi bihunnya lebih sedikit, tapi saya tetap menggunakan kecap manisnya 2 sdm, karena dengan saus barbeque ini warna masakannya nggak sepekat menggunakan saus teriyaki. Dengan dikasih kecap jadi lebih bagus.

Kalau resep yang pertama mau dibikin dengan bihun 125 gram aja, bisa menggunakan resep yang kedua ini aja, lalu saus teriyakinya pakai setengah bungkus aja.

Makasih banyak ya teman-teman udah mampir dan selamat mencoba...

11 comments:

  1. bihun dan sejenis ini, kesukaan...
    belum pernah ikutan the garing mbaaa.. pernah liat aja :D Seruu kayaknyaa yaa
    klo bihun disaus model macem2 ku blum pernah buat

    ReplyDelete
  2. Ooo ini ikutan yg thegathering, ta? Huhuhu.. belum semoet ikutan. Walaupun dah pake saus instan, tetep pake bumbu bawang2an ya.. hmm.. ok noted ah. Buat menu minggu ini

    ReplyDelete
  3. Nah iya bener, kadang suka rada susah ngaduk tuh kalo agak kelamaan xixi, pakai bawang bombay juga ternyata ya Miss. Okelah noted, kecap manisnya 2 sdm ya,cucok nih buat penggemar kecap seperti diriku ini haha

    ReplyDelete
  4. Aku klo bihun goreng suka takbikin basah miss, palagi yg kecapnya byk, kobisnya full, ada suiran yayam...beghhhh mantabbb

    ReplyDelete
  5. Oalaaaa kupikir apa tuh ternyata keputren itu jagung muda yach hihihii...Cocok memang disandingkan dengan bihun hhmmm... lezat! Aku juga kalau masak ini pakai kecap ikan terutama bawang bombaynya banyakin. Di sini Nita 1/2 siung aja ya bombaynya :)

    ReplyDelete
  6. satu bahan yang belum pernah aku pake buat masak... Oregano.. susah mba nyarinya. bahkan di ramayana aja nggk ada.. hahaha yaudahlah yahhh.. hahaha

    ReplyDelete
  7. Aku kalo masak tumis bihun kok nggak kadang lembek kenapa ya mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Merebus bihunnya apa ya yang mungkin kematengan, Mba. Atau jenis bihunnya yang kurang kenyal.

      Delete
  8. *sodorin piring

    Hari ini Ibu Paus ikut tim #BeliAja atau #AdayangNgasih soale :v

    ReplyDelete
  9. Ihhh aku jd pengen bihuuun goreng.. Ini salah satu masakan yg mba ART ku jago bikinnya mba. Kdg kalo dia udh bikin ini, duuh aku bisa abis banyak deh. Apalagi dia tau bgt aku sukanya yg pedes :D

    ReplyDelete
  10. selalu saja memberi ide disaat buntu mau masak apa...thanks a lot :) :3

    ReplyDelete

Makasih banyak ya teman-teman udah meluangkan waktu untuk mampir. Semua komen akan melewati jalur sensor dulu yaaa...

BTW don't call me "Mak" or "Bunda" cause I'm not Emak-Emak or Bunda-Bunda :P