Resep La Fonte Fettuccine Bumbu Gado Gado Padang

Resep La Fonte Fettuccine Bumbu Gado Gado Padang

Apa kabar, teman-teman?

Kalau masak pasta memang identik dengan kornet atau daging cincang daging sapi, ayam, maupun tuna. Kali ini saya nggak mainan oregano ataupun lada hitam yang biasanya dipakai untuk bumbu pasta, karena pasta dan kornet daging sapi yang saya masak ini dipadukan dengan bumbu khas Indonesia. Pilihan saya pun pada bumbu gado-gado padang.


Yang khas dari bumbu gado-gado padang ini adalah bumbu kacangnya yang dimasak, lalu dicampur dengan cabe giling, serta aroma daun jeruk yang menguar. Karena mau disantap dengan pasta, jadi sayurannya nggak saya pakai, cuma telur rebus dan irisan ketimun aja.

Masakan ini memang saya buat untuk lomba masak pasta bersama La Fonte (@pastabisa) di instagram. Jadi kalau teman-teman udah pepoloan dengan akun instagram saya @nitalanaf, foto dan resep ini juga terposting di sana. Boleh bantu like dan komennya ya, hahah...

Pasta La Fonte yang saya pilih adalah fettuccine yang ukuran 225 gram. Harganya 7 ribuan. So far baik spagetti, fettuccine, maupun long macaroni, yang saya suka dari La Fonte adalah pastanya ini setia... alias nggak gampang (minta) putus pas lagi direbus, hahah... Walau masak pasta itu lebih lama dari masak mie ramen yang tebal.


Ini ya bahan-bahannya:

225 gram La Fonte Fettucine
200 gram kornet beef (atau 1 kaleng yang beratnya hampir sama dengan ini)
2 buah ketimun, kupas, iris
2 butir telur, rebus, iris

Secukupnya emping, goreng
Secukupnya air untuk merebus La Fonte Fettuccine
Secukupnya minyak goreng
100 gram kacang tanah

1,5 gelas air (gelas belimbing)
4 siung bawang merah, iris
1 siung bawang putih, iris
1-2 sdm cabe giling

6-8 lembar daun jeruk, sobek dua
2-3 ruas jeruk nipis
Secukupnya garam


Lalu ini cara masaknya ya...

Panaskan minyak goreng, lalu goreng kacang tanah dengan api pelan.

Blender atau giling halus kacang tanah.

Panaskan minyak goreng (yang baru), lalu tumis bawang merah dan bawang putih hingga matang.

Masukkan cabe giling, daun jeruk, jeruk nipis, dan garam, lalu tumis hingga harum.

Masukkan kornet, gilingan kacang tanah, dan 1,5 gelas air, lalu didihkan dengan api pelan menuju sedang sembari diaduk.


Kalau bumbu kacangnya udah matang, sekarang kita buat fettuccine-nya ya...

Didihkan secukupnya air yang dicampurkan 2 sdm minyak goreng, lalu rebus La Fonte fettucine hingga matang. Penggunaan minyak goreng biar pasta nggak lengket.

Kalau udah matang, tiriskan, lalu tata La Fonte fettuccine secukupnya pada wadah saji, tambahkan irisan telur rebus dan ketimun, lalu aduk dengan bumbu kacang.

Tambahkan emping secukupnya. Gado gado padang memang identik dengan kerupuk merah, tapi kalau kami memang udah lama nggak makan kerupuk merah lagi. Terkadang suka pakai kerupuk udang juga.


La Fonte Fettuccine Gado Gado Padang ini rasanya gurih agak pedas, karena penggunaan sambalnya kalau saya 2 sdm. Teman-teman tinggal atur aja ya kadar pedasnya. Hasilnya kurang lebih bisa untuk 3 porsi.

Selamat mencoba dan makasih banyak ya teman-teman udah mampir...