#14FoodTalk : Jus Kurma Pisang Susu dan Jus Pepaya




Apa kabar, teman-teman?

Pada postingan kali ini, saya nggak berbagi resep masakan, tapi diselingi dengan minumannya juga. Moga ini awal dari saya rajin posting-posting tentang minuman juga, biar imbang, haha...


Hemm... sebenernya tema minuman ini juga merupakan tema nulis barengan saya bersama teman-teman yang kami kasih nama #14FoodTalk. Lalu untuk bulan ini yang kami bahas adalah tentang minuman.

Tante saya termasuk rajin beli kurma kiloan. Karena tau kalau kurma itu bagus banget untuk kesehatan, sedangkan saya kurang doyan makan kurma langsung gitu, jadi biar makannya agak banyakan, mendingan saya bikin jus aja.

Awalnya saya bikin jus kurma ini dengan campuran susu kental manis aja, tapi pas ditambahkan dengan pisang ambon, rasa jus kurma ini jadi lebih enak. Jadi selanjutnya saya bikin dengan ketiga bahan ini.

Ini ya bahan-bahannya:

11 kurma, buang bijinya
2 pisang raja atau 1 pisang ambon
1 sachet susu kental manis
2 gelas air (gelas belimbing)

Untuk membuatnya cukup campurkan semua bahan lalu blender halus. Kalau untuk lebih halus memang biasanya saya saring setelah diblender.

Ini hasilnya...

Jus Kurma Pisang Susu
Jus Kurma Pisang Susu
Jus Kurma Pisang Susu ini rasanya perpaduan dari rasa khasnya kurma dan wangi dari pisang. Penggunaan susu kental manisnya ini untuk pengganti gula, karena rasa manisnya jadi lebih enak kalau menggunakan susu kental manis. Ini jadinya bisa untuk 2 porsi.

Lanjut ke minuman yang kedua. Minuman selanjutnya yang saya suka dan sering bikin adalah Jus Pepaya. Bagi sebagian orang, minuman kesukaan saya ini agak aneh, haha... Pepaya kok dijus, gimana rasanya?

Ini lagi-lagi karena saya memang rada malas makan buah-buahan secara langsung gini. Jadi enakan dijus aja biar langsung minum. Begitupun dengan pepaya. Kalau untuk jus pepaya ini nggak pakai campuran apa-apa lagi. Cukup potongan pepaya dan air.


Ini ya takarannya:

250 gram pepaya
200 ml air

Blender potongan pepaya dengan air hingga halus. Kalau pepaya ini mah lebih gampang halusnya.

Ini ya hasilnya...

Jus Pepaya
Jus Pepaya
Jus pepaya ini jadinya 1 gelas gede. Walau rasanya sedikit hambar, tapi saya memang membiasakan minum jus tanpa gula. Jadi usahakan pepaya yang kita pilih yang merah banget ya, biar rasanya lebih manis.

Jus pepaya ini nggak bisa lama-lama minumnya karena cepat basi. Kalaupun disimpan di kulkas, bisa tahan beberapa jam, tapi kalau kata saya rasanya jadi nggak begitu fresh kalau disimpan di kulkas lama-lama gitu. Jadi begitu bikin langsung diminum aja ya.

Ini 2 jus buah yang sering saya bikin. Nanti mampir juga di minuman favoritnya teman-teman saya di:


Mba Ade di www.adeufi(dot)com


Makasih banyak ya, teman-teman, udah mampir. Moga bisa jadi rekomendasi kalau teman-teman mau bikin minuman yang praktis dan sehat ya...

10 comments:

  1. aku belum pernah semua bikin yg miss nita bikin hehehe keseringan ngejus jambu doang hahaha ampun dah minim ide y 🤣😂🤣😂 klo pepaya jg aku blm pernah dijuice krn pepaya sendiri aku lebih suka yg masih mengkel tp manis enak dipotong2

    ReplyDelete
  2. aku suka makan pepaya karena bisa melancarkan pencernaaan, kalo dibikin jus kayaknya akan tercipta sesuatu yg baru deh. hehe.

    ReplyDelete
  3. Kalau Pepaya aku lebih suka dicampur sama Nanas, Miss, biar gak bau aja. Trus kalau kurma susu aku juga doyan banget, tapi biasanya gak pakek pisang.

    ReplyDelete
  4. Alhamdulilah kabar baik, Teh..

    Itu gimana ya, rasanya, kok aku penasaran pengen cobain.. he
    Belum pernah tahu juga yang jual jus kurma pisang susu, kalau pepaya sih sering lihat..

    ReplyDelete
  5. Aku tertarik sm jus pepaya nya, pasti Bagus buat melancarkan pencernaan.
    Resepnya blm pernah aku coba, ketauan bgt ya malesnya gk pernah explore masakan/minuman

    ReplyDelete
  6. Duhhh kece kece kece...sampai kurma pun bisa dibuat jus ya. Simple pula resepnya. Jadi ga monoton makan buah kurma yang langsung lep haha. Bisa dicoba tuh. Apalagi ada campuran susu nya ya. Cocok banget buat ngakalin orang yg g hobi minum susu kayak diriku ini wkwkkw

    ReplyDelete
  7. Kalau ade pake jeruk nipis jus payanya.. xixixi.. biar ga langu. Tapi kalau jus ala nita suka ade buat juga buat Adek Fi terutama. Buar bab lancar.

    ReplyDelete
  8. He???? Itu semua blm pernah aku coba bikin jus. Apalagi pepaya. Makan peoaya benyek aja aku geli mba 🤣. Dan kurma. Aku cuma makan kurma pas bulan ramadhan aja. Klo gak bln ramadhan, ada ya yg jual mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di Giant ada, Mba. Kalau tante saya biasa beli di pasar Mester Jatinegara :D

      Delete
  9. Duuuuhh ketemu pepaya hihi.. aku kurang doyan sebenernya sih. Biasanya pepaya dipotong2 trus aku kasih sirup sedikit jadi enak deh. Ini pepayanya dibuat jus hehe kapan2 mau coba ah siapa tau jadi lebih suka. Btw kurma aku sukaaaaa tapi dimakan begitu aja atau jadi topping panekuk. Sepintas mirip kopu susu yang hasil akhirnya? Mantap nih miss Nita 😊😀 boleh dicoba ah...

    ReplyDelete

Makasih banyak ya teman-teman udah meluangkan waktu untuk mampir. Semua komen akan melewati jalur sensor dulu yaaa...

BTW don't call me "Mak" or "Bunda" cause I'm not Emak-Emak or Bunda-Bunda :P