Resep Asem Asem Udang

Resep Asem Asem Udang

Apa kabar, teman-teman?

Selain daging dan ikan, olahan udang juga sama enaknya untuk dibuat asem asem, makanan berkuah yang rasanya gurih, dengan kadar pedas yang bisa disesuaikan, serta ada rasa asam dari perpaduan belimbing wuluh dan tomat.

Mampir juga yaaa di Resep Udang Jagung Kuah Kecap Indofood 

Dalam rangka tante dikasih sekantong plastik belimbing wuluh yang seger-seger banget, plus di freezer juga ternyata tante beli udang yang entah mau diapain, jadilah saya masak asem asem udang ini aja.


Yuk kita mulai aja siapkan bahan-bahannya.

250 gram udang, bersihkan
8 belimbing wuluh, belah dua
2 buah tomat, belah empat lalu iris

3 buah cabe hijau, iris menyerong
700 ml air
2 sdm kecap manis

1 – 2 sdt gula
Secukupnya minyak goreng


Lalu ini bumbu gilingnya ya:

6 siung bawang merah
2 siung bawang putih
½ ibu jari jahe

½ ibu jari kunyit
3 buah cabe merah
Secukupnya garam


Sekarang ini cara masaknya ya...

Panaskan minyak goreng, lalu tumis tomat, cabe hijau, dan bumbu giling hingga harum.

Masukkan udang, belimbing, kecap, gula, dan air.

Masak hingga belimbing empuk. Gunakan api pelan aja biar kuahnya nggak cepat habis.

Resep Asem Asem Udang
Asem Asem Udang

Kuahnya ini ada rasa macam kaldu udang, dan juga gurih asam segar campuran dari belimbing wuluh dan tomat. Lalu ada rasa gurih manisnya juga dari kecap dan juga gula.

Rasanya enggak pedas karena cuma memakai irisan cabe hijau dan gilingan cabe merah yang jumlahnya sedikit. Kalau teman-teman mau bikin yang lebih pedas, tambahin irisan cabe rawit aja ya.

Untuk menu anak-anak mungkin juga cocok ya, tinggal skip aja penggunaan cabenya dan bisa ditambahkan wortel, kembang kol, atau brokoli.

Selamat mencoba, teman-teman, dan makasih banyak ya udah mampir.

7 comments:

  1. Miss terkadang emang ide masak itu muncul di saat apa yng ada di depan mata ya. So blimbing wuluh mix udang pun jadi. Rasanya udh bs ngebayangin asem segernya deh.. good idea. Blimbing wuluh pun bisa terpakai dengan cantik di resep ini xixi

    ReplyDelete
  2. Aku biasanya bikin resep udang di bikin balado atau digoreng gitu aja, mbak. Makanya nanti mau nyobain bikin ah ^^

    ReplyDelete
  3. Kalau di Palembang ada udang Satang atau udang galah bahasa kerennya. Saya paling suka makanan berkuah seperti ini, enak nelen ya ga seret.

    ReplyDelete
  4. Langsung berasa ngeces pas ngebayangin belimbing wuluh haha.. Hmm rasanya pasti weunak banget ini, asam pedes gurrih sllruup

    ReplyDelete
  5. Iiih bayangin seger asam belimbing wuluh keknya seger banget deh. Pengen nyoba. Melihat tampilan dan kebayang rasa asamnya jadi ngebayangin tomyam ya. Xixixi...

    Btw, itu udangnya ga oerlu dikupas kulitnya dulu ya, ta?

    ReplyDelete
  6. Seger banget ngeliatnya apalagi pas baca step by stepnya sayang banget suami n anakku ga terlalu doyan udang, kalau beli udang kulitnya mesti dikuliti dan gitu cuman doyan di tepung atau di sambel goreng doang mungkin ini juga yang bikin aku minim kreasi ga kayak miss idenya ada aja dah :D

    ReplyDelete
  7. Gampang juga bikinnya ya. Perlu dicoba ini. Selama ini seringnya kalo beli udang dimasak standart aja, Udang goreng tepung, hihi

    ReplyDelete

Makasih banyak ya teman-teman udah meluangkan waktu untuk mampir. Semua komen akan melewati jalur sensor dulu yaaa...

BTW don't call me "Mak" or "Bunda" cause I'm not Emak-Emak or Bunda-Bunda :P