Resep Ikan Asin – Kentang dan Terong Hijau Saus Tiram

Resep Ikan Asin - Kentang dan Terong Hijau Saus Tiram


Apa kabar, teman-teman?

Ikan asin dan kentang, begitupun juga dengan terong biasanya kami olah dengan balado merah atau hijau. Karena udah punya stok saus tiram lagi, haha... Jadi kembali saya mainan saus tiram.


Karena di kulkas pas ada ikan asin dan kentang, jadilah dimasak dengan menggunakan saus tiram aja. Begitupun ketika di kulkas cuma ada terong hijau, dimasak dengan campuran saus tiram juga.
Resep Ikan Asin - Kentang Saus Tiram
Ikan Asin - Kentang Saus Tiram
Yang pertama Resep Ikan Asin – Kentang Saus Tiram dulu ya. Untuk bahan-bahan yang perlu disiapkan adalah:


2 ikan asin gabus, potong-potong
3 buah kentang ukuran sedang
Secukupnya minyak goreng

4 siung bawang merah, iris
1 siung bawang putih, iris
1 batang daun bawang, iris

5 buah cabe rawit hijau, belah dua
5 buah cabe rawit merah, belah dua
1 buah tomat merah, belah empat, lalu iris

+_ 2 sdm saus tiram
½ sdt gula


Lalu ini cara masaknya ya...

Untuk ikan asin gabus ini biasanya biar asinnya berkurang, kami cuci atau rendam sebentar dulu dengan air panas dan garam. Selanjutnya dicuci lagi dengan air biasa. Baru deh digoreng dengan api pelan.

Kentangnya setelah dikupas, potong-potong lalu lumuri sedikit garam dan goreng dengan api sedang.
Panaskan minyak goreng, lalu tumis bawang merah dan bawang putih hingga matang.

Masukkan daun bawang, cabe rawit merah, cabe rawit hijau, tomat, dan gula. Lalu tumis hingga harum.

Masukkan saus tiram, lalu aduk sebentar.

Masukkan ikan asin dan kentang, lalu aduk hingga merata.

Cobain dulu ya rasa bumbunya, kalau memang masih butuh ditambahkan garam, bisa ditambahkan sedikit aja.


Karena nggak ditambah air, jadi ikan asin gorengnya masih tetap garing. Rasanya nggak begitu pedas juga karena cabe rawitnya cuma diiris. Ada rasa gurih dari saus tiram dan gula. Karena nggak ditambahkan air juga, jadi bumbunya ini kalau yang saya masak masih berasa garamnya. Makanya nggak perlu saya tambahkan garam lagi.

Resep Terong Hijau Saus Tiram
Terong Hijau Saus Tiram
Lanjut di masakan yang kedua yaitu Resep Terong Hijau Saus Tiram. Kalau yang ini porsinya memang lebih sedikit, karena isi kulkasnya cuma ada segini aja, haha... Kalau teman-teman mau ganti dengan terong ungu nanti tinggal disesuaikan aja ya banyaknya.


Bahan-bahannya:

6 terong hijau, belah dua atau empat
Secukupnya minyak goreng
4 siung bawang merah, iris

1 siung bawang putih, iris
1 batang daun bawang, iris
3 buah cabe rawit hijau, iris

3 buah cabe rawit merah, iris
1 buah tomat, belah empat lalu iris
1,5 sdm saus tiram
½ sdt gula


Cara masaknya:

Lumuri terong dengan sedikit garam, lalu goreng dengan api sedang.

Panaskan minyak goreng, lalu tumis bawang merah dan bawang putih hingga matang.

Masukkan daun bawang, cabe rawit hijau, cabe rawit merah, dan tomat. Tumis hingga harum.

Masukkan saus tiram, gula, dan garam. Aduk sebentar.

Masukkan terong lalu aduk hingga merata.


Ini sama ya, untuk tambahan garamnya dicobain dulu bumbu sausnya. Kalau saya juga udah nggak perlu tambahan garam lagi. Rasanya nggak begitu pedas juga.


Makasih banyak ya teman-teman udah mampir dan selamat mencoba...

8 comments:

  1. Waah aku mau cobain terong saus tiramnya, ah. Keknya pedes gurih enak gitu, hihihi. TFS ya :)

    ReplyDelete
  2. Waaah terong hijau saus tiramnya. Boleh juga nih. Kalau yang ikan asin, masih ga berani. Soalnya Adek Fi alergi. Hiks.. Kebetulan nggak ada mama ayu minggu ini, jadi bisa suka-suka mau masak apa. ^_^

    ReplyDelete
  3. pagi-pagi udah ngeliat terong di bumbuin rasanya.. Ya Allah... seandainya punya taplak hidang harapannya doraemon, yakin deh bakal nyari referensi di sini mau makan apa tiap hari.. hahahah

    ReplyDelete
  4. Atas nama terong, apapun menunya, mau cuma di bakar thok trs makan ama sambel, ato di lalap mentah, aku slalu doyan :D. Apalagi dimasak begini.. Kalo aku biasanya dibikin lbh pedes Nit :D.

    ReplyDelete
  5. Wah...ikan gabus hehehe aku kayaknya belum pernah masak ikan jenis ini. Ntw cara mengurangi rasa asin, begitu ya? Mesti air panas dan garam dulu? Yang kedua air biasa itu maksudnya air keran boleh? Mau ah coba bikin resep ala Nita. Nah kalau terong aku doyan nih dipedesin.Toss yuk, aku juga suka pakai saus tiram untuk tumisan dll. Nyam! 😀😀

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Nurul, cuci kedua dg air mentah atau air keran aja.

      Delete
  6. Aku biasanya tetap pakai air walaupun terong atau kentangnya udah digoreng. Tapi emang sih jadi benyek. Pernah ga pakai air, tapi kayaknya bumbunya ga merata gitu. Apa minyaknya yang banyak? Apa bumbunya yang banyak?

    ReplyDelete
  7. Aq mau lgsung cobain yg ikan asin itu, mantaafff bgttt

    ReplyDelete

Makasih banyak ya teman-teman udah meluangkan waktu untuk mampir. Semua komen akan melewati jalur sensor dulu yaaa...

BTW don't call me "Mak" or "Bunda" cause I'm not Emak-Emak or Bunda-Bunda :P