Resep Telur Bumbu Rica Rica

Resep Telur Bumbu Rica Rica

Apa kabar, teman-teman?

Kalau ngomongin tentang bumbu atau kuah rica-rica, biasanya memang identik dengan olahan ayam ya. Kali ini untuk edisi masak irit, haha... ayamnya saya tukar dengan telur aja. Selain itu, olahan telur juga termasuk masakan yang gampil dan bisa dibeli di warung.


Mampir juga yaaa di Resep Telur Kuah Acar Kuning 

Karena menggunakan telur yang merupakan bahan yang enggak amis, jadi penggunaan bawang putihnya saya gunakan 1 siung aja. Lalu kadar pedas pun bisa kita sesuaikan aja, kayak yang saya buat ini cuma menggunakan cabe merah aja. Penggunaan airnya juga saya kurangi karena telur rebus ini memang nggak menyerap air kan.


Ini ya bahan-bahan yang diperlukan:

6 butir telur, rebus
1 batang serai, keprek
5 lembar daun jeruk, sobek

2 buah tomat, belah dua lalu iris
1 sdt gula
100 ml air
Secukupnya minyak goreng


Bumbu gilingnya:

6 siung bawang merah
1 siung bawang putih
20 buah cabe merah

½ sachet terasi
Secukupnya garam


Lalu ini cara memasaknya ya...

Panaskan minyak, lalu tumis serai, daun jeruk, tomat, dan bumbu giling hingga harum.

Masukkan gula dan air (mungkin bisa setengahnya dulu) kalau teman-teman takut kuahnya kebanyakan.

Masukkan telur, lalu masak hingga kuah mengental sembari diaduk. Gunakan api sedang aja.

Resep Telur Bumbu Rica Rica
Telur Bumbu Rica Rica

Kalau yang saya masak ini memang airnya dimasukkan semua dan menggunakan api sedang, karena memang saya lebih suka dengan bumbu rica rica yang agak berkuah. Aroma daun jeruk dan serainya ini menguar. Ini yang bikin ada rasa khas dari kuah atau bumbu rica-rica.

Rasanya nggak begitu pedas karena cuma pakai cabe merah. Kalau teman-teman suka masakan yang lebih pedas, bisa ditambah irisan cabe rawit aja. Ada rasa asam dari tomat dan gurih manis dari gula.

Selamat mencoba, teman-teman, dan makasih banyak ya udah mampir...

Comments

  1. nah aku tuh paling ga suka miss masak pake daun jeruk padahal klo pake seperti yang miss bilang bikin khas hehehe biasanya juga aku bikin cabe2an telor tapi suamiku ga doyan klo misalnya aku tambahin terasi *deuh ribet ya keluarga si herva wkwkwkwk

    ReplyDelete
  2. Mirip di masak balado ya mba..cuma yang iNi pke sereh..
    Kayaknya klo bosan telur rebus..di ceplok bisa juga ya mba

    ReplyDelete
  3. ya ampuuun..liatnya enak bangeet mba.. Seger dengan sereeeh ya

    ReplyDelete
  4. Ahaaa.... Pas panget nih pagi pagi nemu tulisan ini. Gak bingung lagi mo masak apa hari ini. Makasih ya mbaa

    ReplyDelete
  5. Hai Mbak Nita, gimana kabarmu?
    Ahai, bau masakannya sampai sini. Resep rica telurnya beda ya. Ada tomatnya aku mau coba ah.

    ReplyDelete
  6. Mbaaaak fotonya kok cantik banget lalu mendadak lapar hahaha. Aku juga sering nih masak telur dimodel-model kadang di bumbu rendang bahkan hahaha. Irit ya... Bisa juga diterapkan di tahu dan tempe misal lagi males (atau hemat) buat beli ayam hahaha XD

    ReplyDelete
  7. Hmmmmmm rasanya pasti pedes tu ya. Klo telornya di ceplok, enak juga kali ya...

    ReplyDelete
  8. Bisa diganti ayam atau tahu kan ya, kurang suka telur direbus...qiqiqi. BUmbunya noted, aku baru beebrapa kali bikin rica rica,

    ReplyDelete
  9. Hmm enaknya sudah terbayang. Kapan2 coba ah. Makasih resepnya mak :)

    ReplyDelete
  10. Oalah...bumbu rica2 tuh ini toh. Saya kirain apa ajah gitu secara namanya kayak dari luar jawa. Ternyata bumbunya mudah ditemukan di sini

    ReplyDelete
  11. semuanya hampir sama dengan yang biasa aku bikin, mbak, kecuali aku nggak pakai serai dan tomat. Tapi biasanya masakan yang pakai serai itu langsung beda banget sih. Kayak ayam taliwang. Padahal bumbunya biasa aja, tapi pakai serai, wanginya tuh langsung beda. Nanti coba pakai serai deh. Makasih resepnya, mbak

    ReplyDelete

Post a Comment

Makasih banyak ya teman-teman udah meluangkan waktu untuk mampir. Semua komen akan melewati jalur sensor dulu yaaa...

BTW don't call me "Mak" or "Bunda" cause I'm not Emak-Emak or Bunda-Bunda :P