Kulineran di Chicking, Fast Food Khas Timur Tengah di Mall @ Bassura

Chicking Mall @ Bassura

Apa kabar, teman-teman?

Minggu 5 November 2017, bersama teman-teman bloggers, saya kembali ngayap kulineran. Kali ini resto yang saya dan teman-teman bloggers ngayapin adalah sebuah fastfood resto yang masih dari keluarga fried chicken. Bedanya, menunya ini bernuansa bumbu khas Timur Tengah, uwewww...

Dari sepulang ngajar di Duren Sawit, langsung saya capcus menuju Mall @ Bassura yang sebenernya bisa dibilang ada di belakang rumah, haha...

Agak lama juga saya nggak ngayap ke Mall @ Bassura. Kalau saya bilang, pergerakan di Mall @ Bassura ini terbilang cukup cepat dari sewaktu saya ke sini, dari undangan bloggers juga pas awal-awal opening.  

Beberapa bulan nggak ke sini aja, pas ngayap lagi, eh udah ada beberapa kulineran yang baru, ada tempat main anak-anak juga, dll. So far yang saya incer tiap ke Mall @ Bassura memang kulinerannya sih, haha... Dan salah satu kuliner yang makin meramaikan Mall @ Bassura adalah Chicking, sebuah fast food resto halal dari Dubai.

Chicking Mall @ Bassura
Chicking Mall @ Bassura
Dari pintu depan Mall @ Bassura, saya langsung menuju lantai 2. Chicking resto ini adanya di depan bioskop, jadi nggak susah saya carinya. Satu persatu kami datang dan ngumpul di outdoor area yang ada di bagian belakang. Iya, ruangannya ada indoor dan outdoor ya.


Chicking di Indonesia

Sekitar jam 11, acara pun dimulai. Sebelum acara utama yaituuu... makaaannn, haha... kami berkenalan dulu dengan para petinggi Chicking resto di Indonesia, yaitu ada:

Chicking Mall @ Bassura
Ibu Merry, Pak Bambang, Ibu Fifie - Chicking Mall @ Bassura
Pak Bambang Wahyu, selaku Presiden Direktur Ayam Top Sukses.
Ibu Angelia Merry, selaku PR Chicking Indonesia
dan Ibu Fifie, selaku Top Management PT Ayam Top Indonesia.

Pak Bambang berserta tim berbagi cerita ke kita-kita kalau Chicking merupakan sebuah jaringan internasional resto halal dari Dubai. Tahun 2000 merupakan awal dari Chicking resto ini ada. Lalu sampai sekarang ini Chicking resto udah beredar di 10 negara dengan lebih dari 100 gerai.

Selain di Dubai, Chicking juga ada di Oman, India, Afghanistan, Maldives, Ivory Coast, Pakistan, Malaysia, UK, dan tentunya di Indonesia ini. Indonesia pun juga menjadi pilihan ya bagi Chicking untuk mengembangkan sayap bisnisnya, mantappp...

Lalu kalau untuk Chicking di Indonesia ini sendiri, yang pertama itu ada di Royal Plaza Surabaya, GF A1-18. Jl. Jend. A. Yani 18. Kalau yang di Surabaya ini grand opening-nya tanggal 19 Mei 2017.

Dari Surabaya terbang ke Jakarta. 26 Oktober 2017, Chicking launching di Mall @ Bassura Jakarta Timur, lalu selang satu hari, tanggal 27 Oktober 2017, Chicking juga ada di Lulu BSD, Tangerang.

Targetnya, Chicking akan buka gerai lagi di tanggal 11 November di Surabaya dan Bekasi di awal Desember. Jakarta pun juga nggak mau kalah, beberapa gerai juga akan dibuka lagi.


Why should I do Culinary in Chicking?

Setelah nyimak sejarah awal berdirinya Chicking, kami pun dijelaskan tentang keunggulan menu-menu di Chicking. Karena pastinya, saya pun juga harus punya alasan, kenapa saya mesti kulineran di Chicking, lagi dan lagi.

Karena murah atau karena lagi diskon bukanlah alasan bagi saya untuk beli makanan. Cheap but not halal? Discount but not yummy and healthy?

Selain udah dijamin label halalnya dari Dubai (kalau untuk label halal MUI so far memang sedang diurus, karena untuk pengajuan label halal MUI ini memang dilakukannya setelah resto berdiri, bukan ketika perusahaan berdiri. Anyway terima kasih pak Bambang untuk info tambahan ini), menu-menu di Chicking juga dibuat dengan bumbu khas seperti di negara asalnya.

Jadi mau kita ngayap kulineran ke Chicking mana kek, rasa bumbunya ini akan sama. Cuma, dari tiap negara, rasa bumbu akan disamakan dengan local taste.

No MSG, ini keunggulan lainnya yang bikin saya senang. Sebagai orang yang alergi MSG (dengan kadar yang berlebihan), adanya resto dengan menu no MSG udah pasti bikin saya girang.

Menu-menu di Chicking juga dibuat dengan fresh when ordered. Jadi ketika kita-kita nanti order, mungkin mesti menunggu sebentar, karena menu yang kita pesan perlu diolah dengan cepat dulu. Macam burger-nya juga bukan yang udah dibungkus rapi, tapi ketika kita pesan, barulah dibikin.

Kurang lebih segini penjelasan yang saya dapat dari Pak Bambang, Ibu Merry, dan Ibu Fifie. Acara selanjutnya adalah saatnya kamiii... makaaannn... yeayyy...

Apa aja menu di Chicking yang udah saya cobain? Ini dia...


Kopi dan Teh Arab

Kopi Arab Chicking Mall @ Bassura
Kopi Arab by Chicking - Mall @ Bassura
Pas pertama kali datang, saya pun ditanya sama crew Chicking, mau minum teh atau kopi. Pastinya saya pilih kopi, haha... Lalu hadirlah segelas minuman ini, kopi khas Arab yang di dalamnya dimasukkin 2 biji kapulaga.

Whattt? Kapulaga yang buat gulai kambing dimasukkin ke dalam kopi, hahah... Maap norak karena saya baru tau. Pas saya cobain, rasa kopinya ini ya berasa kopi rempah. Anyway, saya nggak bilang kalau ini enggak enak ya, tapi saya nggak doyan.

Oh ya, kopinya ini black coffee alias kopi item ya. Tapi untuk latte dan cappuccino juga ada.

Kalau tehnya gimana? Walau pakai 2 biji kapulaga juga, tapi tehnya ini enak banget, hahahah... Apalagi pas gulanya dimasukkin semua, jadi manis campur rasa khas kapulaga. Saya sukaaa kalau ini. Maap lupa foto tehnya. Cuma kemasannya sama kok. 

Oh ya, tehnya ini saya dibeliin Mba Utie karena Mba Utie dapet menang kuis jadi dapet voucher, haha...


Chicken Rice and Flamming Grilled Chicken

Nasi Biryani dan Grilled Chicken Chicking Mall @ Bassura
Nasi Biryani dan Flamming Grilled Chicken by Chicking - Mall @ Bassura
Nasi kuningnya ini merupakan nasi biryani yang dimasak dengan beras arab atau beras brasmati, plus menggunakan rempah-rempah khas masakan Timur Tengah.

Kalau dibandingin dengan nasi biryani yang pernah saya cobain di sebuah kedai makan di Bugis Singapur, nasi biryani Chicking ini rasa bumbu rempahnya ini lebih light. Local taste untuk kita-kita pas banget sih.

Kalau makan nasi biryani memang kelihatannya dikit ya, tapi ya bikin kenyang banget, haha...

Lalu untuk ayamnya ini merupakan ayam yang di-grilled. Potongannya cukup besar juga walau yang saya cobain itu yang wing. Ada rasa bumbu khasnya, enggak pedas, dan agak manis.


Original Fried Chicken

Chicking Mall @ Bassura
Original Fried Chicken by Chicking - Mall @ Bassura
Kalau original fried chicken ini ya ayam tepung pada umumnya. Ayam tepung ala Chicking ini dagingnya lembut banget dan nggak oily. Ada rasa pedas dan enggak pedas.

Yang saya cobain kemarin itu yang pedas. Kulitnya itu warnanya rada merah. Kalau dilihat sekilas macam pakai bubuk cabe, tapi bukan. Iya memang ada rasa pedasnya tapi nggak pedas banget.


Tandori Nuggets

Chick Pops Chicking Mall @ Bassura
Tandori Nuggets by Chicking - Mall @ Bassura
Ini nugget yang punya 2 versi juga, yaitu pedas dan enggak pedas. Untuk nugget yang pedas ini yang warnanya merah. Kulitnya ini garing dan dagingnya juga lembut banget.


Tandori Fries

Tandori Fries Chicking Mall @ Bassura
Tandori Fries by Chicking - Mall @ Bassura. Yang di tempat itu yang original
Kentang gorengnya ini juga punya 2 versi, yaitu pedas dan enggak pedas. Potongan kentangnya medium dan cukup garing juga.


Dubai Breeze

Dubai Breeze Chicking Mall @ Bassura
Dubai Breeze by Chicking - Mall @ Bassura
Ini minuman yang saya cobain juga, yaitu Dubai Breeze. Ada orange dan green apple. Saya nyobain yang apel. Ini macam perpaduan sirup apel (rasanya sih sirup) dan soda dengan rasa manis yang pas. Sodanya juga nggak berlebihan.

Trus di dalamnya itu dimasukkin daun mind dan jeruk nipis. Manis dan seger banget. Tapi kalau boleh saran, biji jeruk nipisnya boleh enggak ngikut ya, hahah... Seret di sedotan, jadi agak susah minumnya.


Anyway, untuk nasi, ayam, nugget, dan kentang yang saya makan, memang dengan gurih yang pas, khas makanan yang no MSG dan less salt.


Lanjut ke makanan berikutnya. Kalau ini saya nggak nyobain ya jadi cuma ngasih infonya aja...


Big Beef dan Tandori Burger

Chicking Mall @ Bassura
Burger by Chicking - Mall @ Bassura
Selain fresh when ordered, yang jadi keunggulan dari Chicking Burger ini ada di rasa bumbu khasnya juga. Jadi nggak cuma pakai mayones dan saus aja. Dagingnya juga digunakan 100% beef. BTW burger-nya cukup tinggi, pemirsahhh...


Royal Wrap

Kebab Chicking Mall @ Bassura
Royal Wrap aka Kebab by Chicking - Mall @ Bassura
Ini macam kebab yang punya 2 versi, yaitu pedas dan enggak pedas. Ini juga sama ya, disajikan dengan roti tortila yang panas pas kita order.


Royal Crunchy

Kalau ini edisi sandwich-nya yang pakai fillet ayam, selada, dan mayones. Untuk penampilannya kemarin itu memang nggak ada.


Crunchy Supreme

Masih menu sandwich tapi kalau Crunchy Supreme ini untuk menu keluarga. Selain pakai fillet ayam dan selada, sandwich-nya ini juga pakai tangiest asin dan saus khusus. Ini penampilannya kemarin juga nggak ada ya.


Chick Pops 

Chick pops ini potongan ayam sekali caplok, haha... Semacam nugget tapi kecil-kecil. Ada rasa pedas dan enggak pedas.


BTW average makan di Chicking ini kurang lebih 35 ribuan ya, pastinya tergantung dari menu yang kita pesan.


Lalu ini makan siang saya, sebuah piring lebar berisi nasi biryani, ayam goreng tepung, ayam grilled, dan minumnya apple breeze.

Nasi Biryani, Original Fried Chicken, Flamming Grilled Chicken by Chicking - Mall @ Bassura
 Selesai makan siang, saatnya pengumuman bagi 3 pemenang best IG competition. Kurang lebih jam 1 siang, saatnya kami pulang.

Mudah-mudahan Chicking di Mall @ Bassura menjadi awal bagi saya untuk bisa kulineran di Chicking di negara lain juga, haha...

Terima kasih banyak Chicking resto dan Mall @ Bassura untuk undangannya. Moga sukses untuk semua plans-nya. Untuk Chicking, moga bisa mempertahankan menu dengan less salt-nya ya. Makasih juga Mas Bozz Madyang, Mas Rahab udah komandoin kita-kita buat ke Chicking, haha...

Pic: www.bozzmadyang.com
Tampang saya udah makan segala macem
Terima kasih banyak ya teman-teman udah mampir. Moga bisa jadi rekomendasi kulineran teman-teman ya. 


Chicking Indonesia
FB: Chicking Indonesia
IG: @chicking.indonesia
www.chickingglobal.com

Mall @ Bassura
FB: Mall @ Bassura
IG: @mallbassura

Chicking Mall @ Bassura
Lt. 2 Unit RE/05
Depan Cinema XXI
Jl. Basuki Rahmat No.1A
Jakarta Timur  

22 comments:

  1. Hayuk mba nanti kita ke chiking lagi nyobain menu yang belum kita makan kamarin, secara diakau jadi tuan rumah ya kan deket,. Flmming grilled chickennya anakku suka ngga terlalu pedas Pas katany

    ReplyDelete
  2. Waah ini bisa jadi rekomendasi buat ibu nih. Secara belaiu agak pemilih untuk makanan ala2 western gitu, tapi kalau berbau timur tengah nggak pake mikir 2x udah gitu deket lagi dr rumah beliau di otista. Apalagi makanannya non MSG.. aaah makin oke banget nih buat ajak anak2 makan disini.

    Pengen juga cobain teh dikasih kapulaga sama nasi briyaninya. Dan yang paling pentiiing.. bersertifikasi halal.

    ReplyDelete
  3. Malam minggu kemarin saya maksa suami makan di sini. Saya sih suka nasi biryani dan roasted chicken. Serasa makan di Kenny Rogers tapi lebih murah. Hahaha.... Suami juga suka kentang gorengnya. Kentang goreng biasa, tapi ditambahin bumbu rempah.

    ReplyDelete
  4. Sayangnya di Lampung belum ada hiks.. kan unik tuh makanan berbau khas arab. Semoga secepatnya bisa sampai jg deh di kotaku

    ReplyDelete
  5. Wehh... sedap dipandang Fried Chickennya mbak
    JAdi penasaran rasanya NAsi Biryani kek gimaaa hhhee
    Enak ya mbak, bisa rame-rame nyicipi aneka menu di Chicking Fast Food, kira2 bisa sambil maem, bayangin ada di timur tengah, nggak mbak? hheeee
    :D

    ReplyDelete
  6. Pengen coba kopi Arab dan nasi Briyani aslinya mak, tfs ya

    ReplyDelete
  7. Menarik nih Mba. Kirain bakalan sama menunya dengan kedai2 ayam yang lain, tapi ini beda ya.. jadi penasaran pengen coba. Non MSG pun! :D

    ReplyDelete
  8. Wah menunya unik ya, kearab-araban. Jadi ngga ala-ala western. Pengen cobain deh

    ReplyDelete
  9. Ihhhh, ga jadi2 aku mau ksana. Pdhl mall bassura g jauh2 amat jg dr tempatku.. Udh lama penasaran sjk mrk buka di surabaya mba. Krn aku bisa dibilang penggemar masakan timur tengah gini. Jd penasaran aja ama rasanya.. :)

    ReplyDelete
  10. Haduh Mbak makin lapar deh lihat nasi kuning Arab. Tandoori chicken-nya enak. Ada rasa pedas tapi ga pedas banget. Pas lah.

    ReplyDelete
  11. Enak kebab, kesukaan aku kebab... penasaran kebab di sini. Non msg tetap enak ya mbaaaa. Duh mauuu. Kayaknya harus ke tangsel. Di tangerang pusat belum ada, moga bisa adaaa

    ReplyDelete
  12. Wah acaranya seru ya. Pastinya klo halal itu bikin nggak resah

    ReplyDelete
  13. Ya Allah menggoda banget itu makanan, pengen rasanya menyantapnya langsung..he
    Selain makanan acaranya juga seru lagi :)

    ReplyDelete
  14. Masakan Arab itu rempah-rempahnya kuat. Dulu sewaktu kerja di perusahaan milik Arab, memang rasanya top, jadi lapar bayanginnya. Ini konsep seperti food court, baru nemu yang seperti ini. Biasanya kalau masakan Arab, kan konsepnya restoran.

    ReplyDelete
  15. Akupun mengira itu bubuk cabe, ternyata namanya Tandoori . Mungkin cabe juga cuma ditambah cengkeh dan lada jadi pedasnya beda ya.

    ReplyDelete
  16. Rasa baru untuk lidah Indonesia yg terbiasa makanan ala Barat :)

    ReplyDelete
  17. Makanannya benar-benar mengugah selera, mba.
    Tandori Fries by Chicking kayaknya unik banget nih. Inoovasi baru. Kalau ada Chicking Fast Food ini memang pas karena halal, lezat dan harganya juga terjangkau :)

    ReplyDelete
  18. Hai miss...
    Variasai menu yang ditawarakan oleh Chicking banyak juga ya, aku penasaran sama rasa nya Royal Wrap dan Tandori nuggetsnya kayak apa :) Cocok nda sama selera lidahku haha, masakan arab khas kaya akan rempah2 yang aromanya uwow hehe.

    Next kalau main ke mall Bassura or BSD boleh deh dicoba :)

    ReplyDelete
  19. Hadehh, ngayapnya makan2 mulu. Ikuttt. Dari penampakannya, terlihat yummy, kari ulasannya, emang yummy beneran. Aku mau Mbak...

    ReplyDelete
  20. Aduh ngiler deh liat menu-menunya. Penasaran dengan rasa nasi biryani yang sekilas mirip nasi kuning itu hehehe. Coba ntar nyari di Surabaya deh pas liburan.

    ReplyDelete
  21. Mba, penasaran nih, di sana pilihan nasinya hanya nasi biryani ya? ga ada nasi putih? hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada, kok, Mba. Harga nasi putih rasanya setengahnya lebih murah deh. Saya lihat di papannya, haha...

      Delete

Makasih banyak ya teman-teman udah meluangkan waktu untuk mampir. Semua komen akan melewati jalur sensor dulu yaaa...

BTW don't call me "Mak" or "Bunda" cause I'm not Emak-Emak or Bunda-Bunda :P