Resep Gulai Mangga Udang

Resep Gulai Mangga Udang

Apa kabar, teman-teman?

Selain menggunakan belimbing wuluh dan nanas, biasanya kalau lagi kepingin masak gulai yang asam pedas, saya juga suka pakai mangga yang masih muda. Udah pasti kan rasanya asam kecut tapi seger banget.


Terkadang nggak diniatin juga sih untuk bikin gulai mangga ini. Kalau pas lagi beli mangga, eh ternyata belum matang banget dan asam, ya udah dibikin gulai aja. Toh sama-sama makan mangga juga kan, haha...

Mampir juga ya di -> Gulai Nanas Hati Ampela

Gulai mangga yang saya tulis ini pakai campuran udang dan juga 100 gram putih telur. Kebetulan di warung dekat rumah memang ada yang jual putih telur plastikan, homemade yang kayaknya sisa orang bikin kue. Kalau putih telurnya nggak ada, ya bisa ditukar dengan tahu putih aja. Atau nggak usah dipakai aja keduanya.

Oh ya, santan yang saya gunakan ini pakai santan instant karena lagi kelupaan beli kelapa parut, haha... Kalau mau pakai santan peras, bisa gunakan 2 atau 3 genggam kelapa parut, lalu peras dengan segelas air. Ulangi dengan segelas air lagi. Jadi semuanya 2 gelas ya.


Ini ya bahan-bahan yang diperlukan:

250 gram udang, bersihkan
1 buah mangga muda, potong dadu
Secukupnya minyak goreng

1,5 sdm cabe giling
1 ruas ibu jari lengkuas, keprek
1 lembar daun kunyit, sobek-sobek

1 batang serai, keprek
1 bungkus kecil santan instant (saya pakai Sun Kara ukuran 65 ml)
2 gelas air (gelas belimbing)


Bumbu gilingnya:

8 bawang merah
3 bawang putih
½ ruas ibu jari jahe

½ ruas ibu jari kunyit
1 sdm lada
1 sdm ketumbar
Secukupnya garam


Lalu ini cara masaknya ya...

Panaskan minyak goreng, lalu tumis bumbu giling, cabe giling, lengkuas, daun kunyit, serai, dan mangga hingga harum.

Masukkan santan dan air, lalu aduk.

Masukkan udang (nggak lama setelah santan dan airnya dimasukkan, nggak usah nunggu mendidih dulu ya) lalu masak hingga kuah agak mengental.

Resep Gulai Mangga Udang
Gulai Mangga Udang
Ini rasa kuahnya jadi asam agak pedas dan segar. Mangganya ikut ditumis dari awal biar jadi agak lembek dan lebih berasa asamnya. Masaknya menggunakan api pelan menuju sedang aja ya, biar rasa asam dari mangga meresap ke kuah gulainya. Kuah santannya ini nggak pekat ya, karena kurang baik juga kan untuk kesehatan kalau makan santan yang kental banget.

Makasih banyak ya teman-teman udah mampir. Moga bisa jadi rekomendasi masak teman-teman ya...

Comments

  1. LIat makanan ini jadi ingat tanteku juga senang mengolah putih telur, mba. Maklum karena tante menerima pesanan kue jadi banyak putih telurnya. Nah putih telur itu dibikin telur putih balado, mba. Enak juga a

    ReplyDelete
  2. Ternyata udang dimasak gulai bisa ya mba..

    Selama ini aku masak udang mentok di asam manis/goreng tepung😀

    ReplyDelete
  3. Aih rajin kali masak dirimu, sepertinya suka masakan yang bercita rasa asam. Terbukti dirimu suka masak dengan tambahan, nanas, belimbing wuluh, sekarang mangga. Seleranya kok seperti orang Sumatra ya. Di Palembang kalau masak pindang ikan memang lebih enak kalau ditambah nanas.

    ReplyDelete
  4. aku kebiasaan pke santan jadi pdhl santan peras sendiri lbh enak cuman aku males miss wkwk buat bumil siy mangga muda lgsg cocol pke gula merah

    ReplyDelete
  5. Terlhat menggoda dan menggugah selere makan nih. Tapi untuk bikin belum bisa nih..hehe

    ReplyDelete
  6. Weeeehhhh...ada mangga mudah! Kesukaan suamiku nih. Ngebayangin rasa masamnya si mangga diadu dengan udang kuah santan gitu hhmm... nikmat yach. Cabai rawitnya tambahin dunk, miss Nita :D Itu mangganya ditumis sejak awal ya supaya rasanya terasa masuk ke udang dan kuah? Wah, mesti dicoba ah resepnya :)

    ReplyDelete
  7. Mumpung lagi musim mangga, bisa coba resep ini deh

    ReplyDelete
  8. Kuahnya jadi segeeer. Biasanya masak udang pakai santan aja, belum pernah pakai mangga. Ini cocok saat musim mangga sekarang ini ya.

    ReplyDelete
  9. Mbak, Nita, salaam kenal ya.. ini mangganya boleh dari jenis apa saja kan? hahaha kemampuan memasak saya basic banget soalnya, tp ada beberapa pohon mangga di rumah jd pengen nyoba.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya yang penting mangga muda yang asam, Mba :D

      Delete

Post a Comment

Makasih banyak ya teman-teman udah meluangkan waktu untuk mampir. Semua komen akan melewati jalur sensor dulu yaaa...

BTW don't call me "Mak" or "Bunda" cause I'm not Emak-Emak or Bunda-Bunda :P