Resep Udang Kuah Acar Kuning

Resep Udang Kuah Acar Kuning

Apa kabar, teman-teman?

Karena kurang suka makan wortel mentah yang ada di dalam acar (biasa) plus bawang merah dan cabe rawit yang udah pasti bakalan saya sisihin, makanya saya lebih suka masak dan makan acar kuning aja. Wortel, cabe rawit, dan bawang merahnya dimasak, jadi semuanya bisa kemakan.

Terkadang acar kuning ini saya campur dengan olahan makanan lain. Kalau sebelumnya udah pernah nulis Resep Telur Kuah Acar Kuning, sekarang saya tulis yang menggunakan campuran udang ya.

Ini ya resep yang pakai telur -> Resep Telur Kuah Acar Kuning

Untuk yang menggunakan olahan udang ini bahan dan bumbunya hampir sama, tapi karena udang  kan amis, jadi bawang putihnya ditambahin. Begitupun dengan penggunaan airnya, biar udangnya matang.


Ini ya bahan-bahan yang diperlukan:

250 gram udang, bersihkan
3 buah wortel ukuran sedang, belah empat, potong ukuran 1/2 ibu jari
3 buah ketimun ukuran sedang, belah empat, pisahkan bijinya, potong ukuran 1/2 ibu jari

4 siung bawang merah, iris
3 buah cabe merah, iris
3 buah cabe rawit, belah dua

1 buah tomat merah besar, belah empat, iris
1 batang daun bawang, iris tipis
1 - 2 sdt gula pasir

½ - 1 gelas air (gelas belimbing)
Secukupnya minyak goreng


Untuk bumbu gilingnya...

2 siung bawang merah
2 siung bawang putih
1/2 ruas ibu jari kunyit

1 sdt ketumbar
1/2 sdt lada
6 buah kemiri

2 ruas jeruk nipis
Secukupnya garam


Lalu ini cara memasaknya ya...

Panaskan minyak, lalu tumis bawang merah hingga matang.

Masukkan bumbu giling beserta cabe merah, cabe rawit, tomat, dan daun bawang. Tumis hingga harum.

Masukkan gula, air, beserta udang. Didihkan dengan api pelan sembari sesekali diaduk.

Kalau udah mendidih, masukkan wortel dan ketimun. Masak hingga udangnya matang serta wortel dan ketimunnya empuk. Gunakan api pelan aja ya.

Resep Udang Kuah Acar Kuning
Udang Kuah Acar Kuning
Kalau yang saya masak ini airnya pakai 1 gelas, karena saya lebih senang acar kuningnya yang agak berkuah. Kalau teman-teman lebih suka yang agak kering, airnya bisa dimasukkan setengah gelas dulu aja ya.

Ini rasanya nggak begitu pedas. Mungkin kalau teman-teman mau yang lebih pedas, bumbu gilingnya bisa ditambahkan cabe rawit aja ya.

Untuk penggunaan gulanya, saya pakai 1 sdt aja, jadi ada rasa gurih tapi enggak manis. Terkadang saya pakai 2 sdt juga kalau pingin ada rasa pedas manisnya.

Makasih banyak ya teman-teman udah mampir. Moga bisa jadi rekomendasi masak teman-teman ya...

9 comments:

  1. Udang kesukaannya kidos,,, mba,, belum pernah dimasak Kaya gini kadang cuma udang goreng mentega terus di tpungin,, noted deh sabtu di coba

    ReplyDelete
  2. Mba Nita, kamu memang juaranya dah kalau soal masak memasak.. aku belum pernah coba masak udang begini.. Paling mentok cuma digoreng aja, dah. :(

    Thanks for sharing, Mbak Nita

    ReplyDelete
  3. bisa dicoba nih miss aku ga kepikiran kuah acar bisa padu padan sama udang selama ini udang stcuk tumis kacang panjang sama dibalado atau ga cuman digoreng tepung :D bener yah masak teh juga mengasah kreatifitas

    ReplyDelete
  4. Selalu suka segala masakan udang..apalagi yang dimasak pedas gini...

    ReplyDelete
  5. Aku udah lamaa banget nggak bikin acar kuning, mba. Biasanya hanya timun aja ama wortel. Hhehehe. Skarang asik ah skali skali coba pakai udang. Aku sih suka yang sedikit kuahnya sih mba. Biar bumbunya lebih terasa gitu :)

    ReplyDelete
  6. Ak blm pernah nih buat kuah acar kaya gini. Rasanya ada asem2nya dikit kali ya ?

    ReplyDelete
  7. Mau dong Mbak Nita. Udangmemang sesuatu ya, bikin sedep masakan. Lama ngga kmasak udang nih

    ReplyDelete
  8. liat blognya mbak nita aku selalu meleleh
    aku juga suka acar kuning yang agak berkuah lebih seger ya
    jadikan buku aja mbak resep2nya nanti aku beli

    ReplyDelete
  9. Jadi kangen makanan ini, dah lama tak makan nih, ah jadi pengen.
    Untuk saat ini sepertinya lebih baik beli dulu..hehe
    Soalnya kalau bikin belum pernah..

    ReplyDelete

Makasih banyak ya teman-teman udah meluangkan waktu untuk mampir. Semua komen akan melewati jalur sensor dulu yaaa...

BTW don't call me "Mak" or "Bunda" cause I'm not Emak-Emak or Bunda-Bunda :P