Resep Ikan Jagung Tumis Kecap Paprika

Resep Ikan Jagung Tumis Kecap Paprika

Apa kabar, teman-teman?

Tiap kali melihat masakan yang menggunakan paprika, baik yang hijau, kuning, maupun yang merah, rasanya pingin nyobain juga masak yang berbahan paprika. Tapi begitu lihat di supermarket, uweww... cukup mahal juga ya harganya kalau untuk saya, haha...


Dari hasil yang saya kepoin di wikipedia, paprika merupakan penghasil buah yang rasanya manis dan sedikit pedas. Paprika ini ada yang warnanya hijau, kuning, merah, dan ungu. Ngomong-ngomong saya belum pernah lho lihat paprika yang warnanya ungu.

Paprika ini berasal dari suku terong-terongan, bukan cabe-cabean. Biasanya, paprika ini dipakai untuk adukan campuran salad. Paprika awalnya berasal dari Amerika Selatan, tapi dibudidayakan hampir di semua daerah tropika dan subtropika.

Di Indonesia pun paprika juga ditanam di beberapa daerah. Ternyata selain enak, saya pun baru tau kalau paprika juga mengandung kesehatan. Paprika mengandung antioksidan serta vitamin C.

Pada paprika merah, terdapat kandungan karoten 9 kali lebih banyak. Selain itu, kandungan vitamin C nya juga 2 kali lipat ketimbang paprika hijau. Eh mungkin ini juga yang bikin harga paprika kadang beda-beda walau beratnya itu sama.

Itu sekilas tentang paprika serta manfaatnya. Nah pas lagi ke warung sayur, saya lihat ada paprika hijau yang nggak gitu besar sih. Pikir saya harganya akan semahal yang di supermarket. Eh ternyata harganya itu 2 ribu atau 3 ribu deh. Cukup bikin saya melongo, haha... tanpa pikir mau masak apaan, pokoknya beli aja dulu.

Dua hari terdampar di kulkas, dan kebetulan tante beli kakap fillet, jadilah itu paprika hijau dimasak untuk campuran kakap fillet serta jagung muda alias keputren.

Karena sebelumnya pernah bikin kakap fillet juga dan agak keras pas digoreng, akhirnya kakap fillet-nya saya rebus dulu sebentar. Biar pas ditumisnya juga jadi enggak lama.

Oh ya, kalau teman-teman nggak suka dengan kakap fillet ini, bisa ditukar aja ya dengan ikan yang disuka. Nggak usah yang fillet pun akan sama enaknya. Usahakan pakai ikan yang potongan aja ya.


Ini bahan-bahannya ya:

250 gram kakap fillet. Rebus sebentar dengan gilingan 1 siung bawang putih, ½ sdt ketumbar, sedikit garam. Tambahkan 1 gelas air (gelas belimbing)

8 – 10 buah jagung muda atau keputren (1 kantong kecil biasanya) belah 4
1 buah paprika hijau kecil, belah 4, iris memanjang
Secukupnya minyak goreng

4 siung bawang merah, iris
1 buah tomat, belah 2, iris memanjang
3 sdm kecap manis

1 sdt gula
½ gelas air (gelas belimbing)


Bumbu gilingnya:

1 siung bawang putih
½ sdt lada
1 sdt ketumbar
Secukupnya garam


Lalu ini cara memasaknya ya...

Panaskan minyak goreng, lalu tumis bawang merah hingga matang.

Masukkan paprika, daun bawang, dan tomat. Tumis hingga layu.

Masukkan rebusan ikan, jagung muda, kecap, gula, dan air.

Masak hingga matang dengan api sedang.

Resep Ikan Jagung Tumis Kecap Paprika
Ikan Jagung Tumis Kecap Paprika
Ini hasilnya agak berkuah ya dan rasanya enggak pedas. Kalau tumisannya ditambahkan 1 sdm margarin, rasanya mungkin akan lebih gurih. Kalau ada stok bawang bombay juga, bisa ditambahkan irisan dari ½ bawang bombay. Ini saya pas lagi nggak ada stok keduanya.

Walau ini masakan berbahan paprika, tapi kalau memang teman-teman nggak punya stok paprika, ya nggak usah digunakan aja paprikanya. Karena ini kan bukannya 1 bumbu yang akan merusak rasa seandainya nggak digunakan.

Resep Balado Ikan Kacang Panjang

Resep Balado Ikan Kacang Panjang
Balado Ikan Kacang Panjang
Untuk masakan yang kedua, masih dari olahan ikan kakap fillet, cuma ini dibalado dengan campuran kacang panjang ya.


Ini dia bahan-bahannya:

250 gram kakap fillet. Rebus sebentar dengan gilingan 1 bawang putih, ½ sdt ketumbar, sedikit garam. Tambahkan 1 gelas air (gelas belimbing)

2 ikat kacang panjang, potong ukuran ½ ibu jari

 
Bumbu gilingnya:

20 buah cabe merah
4 siung bawang merah
2 ruas jeruk nipis
Secukupnya garam


Cara memasaknya:

Goreng rebusan kakap fillet hingga matang. Gunakan api pelan menuju sedang ya.

Goreng kacang panjang hingga matang, dengan api sedang.

Panaskan minyak, tumis bumbu giling hingga matang, dengan api sedang.

Campurkan goreng ikan dan kacang panjang, lalu aduk hingga merata.


Ini karena kakap fillet yang tante beli lebih ke kulitnya, jadi memang lebih enak direbus sebentar dulu, biar pas digoreng enggak keras. Dan biasanya kami memang kalau mau goreng ikan atau ayam, apalagi daging sapi ya, memang direbus dulu. Jadi mau gorengnya nggak kering banget kek, akan tetap empuk.

Rasanya enggak pedas kalau menggoreng sambalnya benar-benar matang, dengan warna cabe yang agak oranye, nggak lagi merah menyala.

Makasih banyak ya teman-teman udah mampir. Moga bisa jadi rekomendasi masak teman-teman ya...  

Comments

  1. Ada yaa paprika ungu? Sama berarti kita blm pernah lihat. Trus lagi, Ade pikir paprika dr jenis cabe looh.. ternyata dari jenis terong ya. Padahal wujudnya cabe ya. Berarti jelas dong ya laki. Hahaha.. apa sih?

    ReplyDelete
  2. Wowh paprika ada yg ungu juga to ternyata? Gw baru tahu lho Miss karena biasanya di tukang sayur adanya hijau atau murah. Harganya beda jauh pasti kalo beli di supermarket dan tukang sayur ya. Btw masak Balado ternyata bisa juga dikasih jeruk nipis ya. Noted

    ReplyDelete
  3. Aku juga suka paprika, kalau di pizza paprikanya kumakan, suamiku memandang agak heran. Pas mau beli, iya agak mahal buat ku dan belum pernah beli. Mau coba beli ach, ikut resep ikannya

    ReplyDelete
  4. Makin kesini, resepnya miss Nita makin banyak. Enak-enak. Bikin ngiler aja. Aku juga resep-resep yang mudah kayak gini. Biar nggak butuh waktu lama buat mengolahnya.

    ReplyDelete
  5. Aku suka makan paprika, Mbak Nita. Kayak di salad apa pizza ( pasti yang duluan dititilin paprikanya ). Tapi sampai sekarang kok gak pede ya masak pakai paprika. Suka takut ntar gak cocok sama bahan di rumah

    ReplyDelete
  6. Cucok mbak... Dari rumah udah menggebu-gebu mau borong paprika.. ee sampe pasar modern ternyata mehong. Akhirnya cuma beli 2 buah doank.. daripada gak jadi beli.. itu aja beli dua agak nyesek di hati.. hehehe..

    ReplyDelete
  7. grundul2 pink kakap filetnya bikin jadi cakep ya

    ReplyDelete
  8. Suka sama blog ini. Selain menunya oke (walaupun ga kesampaian buat praktek) fotonya juga otentik. Harusnya Mbak Nita kasih watermark nih di fotonya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha foto saya masih belum keren kok :D Makasih ya sering mampir ke sini, Mas Wahyu :D

      Delete
  9. Mbak resep2mu bikin meleleh. Pingin loh, pandai masak gitu. Wih, pokoknya aku takjub lihat resep2mu Mbak. Lengkap

    ReplyDelete
  10. Saya memang belum pandai berkreasi dengan paprika. Andalan saya cuma tumis baby corn sama paprika, ayam kecap paprika atau nggak paprika sama daging ditumis pedes itu. Ternyata sama ikan oke juga ya, kapan2 deh dicobain

    ReplyDelete

Post a Comment

Makasih banyak ya teman-teman udah meluangkan waktu untuk mampir. Semua komen akan melewati jalur sensor dulu yaaa...

BTW don't call me "Mak" or "Bunda" cause I'm not Emak-Emak or Bunda-Bunda :P