Resep Martabak Kembang Kol Saus Teriyaki

Resep Martabak Kembang Kol Saus Teriyaki

Apa kabar, teman-teman?

Pada 14th Food Talk kali ini, tema yang saya dan teman-teman pilih adalah tentang gorengan. Oh ya, 14th Food Talk ini merupakan agenda nulis bareng sebulan sekali antara saya, Mba Ade, Mba Nurul, dan Mba Febri yang temanya tentang makanan.



Gorengan yang saya pilih adalah martabak yang diisi dengan kembang kol, lalu dikasih bumbu instant saus teriyaki. Jadi cukup saus teriyaki ini aja, nggak ditambah bumbu ulek lagi.

Karena kebetulan, sebelumnya pas diajak kelayapan sama Umami Food Marathon, salah satu oleh-oleh yang dikasih Dapur Umami adalah Saori saus teriyaki, haha... Jadi saya pakai untuk bumbu martabak kembang kol ini aja.


Kalau yang saya baca di Wikipedia, kembang kol juga diartikan sebagai kubis bunga, yang merupakan terjemahan dari bahasa Belanda yaitu bloemkool. Ada juga yang menyebutnya dengan blumbol.

Kembang kol merupakan sumber vitamin dan mineral. Secangkir kembang kol mentah memiliki 77% Vitamin C. Selain itu, dalam kembang kol juga ada protein, serta sangat baik sebagai sumber serat makanan dan juga Vitamin B6.

Kembang kol biasanya dimasak terlebih dahulu, tapi ada juga yang menyantap kembang kol dengan mentah atau dimasak acar.

Selain kaya gizi, kembang kol juga memiliki sedikit lemak jenuh dan juga sangat sedikit kolesterol, yaitu kurang dari 1 gram per 1 kilogram.

Kembang kol juga mengandung zat anti gizi pula atau pembangkit kembung. Jadi menyantapnya pun tetap harus dibatasi ya.

Itu sedikit info tentang kembang kol yang saya baca di Wikipedia ya. Yuk sekarang kita mulai masaknya...


Kita siapkan bahan-bahannya ya:

10 lembar kulit martabak atau lumpia (siapkan aja lebih)
200 gram kembang kol, bersihkan, iris-iris kecil ya
2 – 3 sdm saus teriyaki

2 siung bawang merah, iris
1 batang daun bawang, iris
½ siung bawang bombay, iris

1 butir telur
Sedikit garam

Secukupnya minyak goreng
1 sdm margarin


Pelengkap:

Mayones (saya pakai Mayumi mayones pedas, lagi-lagi karena oleh-oleh dari Dapur Umami, haha...)
Saus sambal


Lalu ini cara memasaknya ya...

Campurkan kembang kol, saus teriyaki, bawang merah, daun bawang, bawang bombay, dan telur. Aduk hingga merata.

Tambahkan secukupnya garam. Sedikit aja sih karena saus teriyaki ini udah ada rasa garamnya.

Cobain dulu ya sebelum dibungkus dengan kulit.

Ambil selembar kulit, lalu isi kurang lebih 1 sdm adonan, lipat amplop.

Panaskan minyak goreng campur margarin, lalu goreng adonan martabak hingga kuning keemasan. 

Gunakan api pelan aja ya biar kembang kolnya matang.

Resep Martabak Kembang Kol Saus Teriyaki
Martabak Kembang Kol Saus Teriyaki 
Karena saus teriyaki ini warnanya coklat, jadi pas digoreng itu warna kulitnya jadi kelihatan coklat juga. Masaknya dengan api pelan aja ya, biar kembang kolnya empuk, karena kan nggak ditumis terlebih dahulu.

Martabak Kembang Kol Saus Teriyaki ini rasanya enggak pedas. Jadi kalau teman-teman mau masak yang pedas, bisa tambahkan lada bubuk aja ya di adonan isi.

Kalau saya bikinnya pakai kulit 2 lembar, karena terkadang kulit martabak ini ada yang tipis, jadinya pas digoreng suka meletus. Kalau pakai 2 lembar kulit gini akan tetap bagus. Cuma dimakannya mesti pas masih hangat. Kalau udah dingin, akan jadi sedikit keras karena kulitnya tebal.

Ini jadinya kurang lebih 10 porsi. Mungkin bisa juga lebih, tergantung ngisi adonannya. Makanya siapkan kulitnya lebih aja ya. 

Disantapnya bisa dengan cocolan mayones pedas atau saus sambal. Sambal kacang juga bisa cuma lebih nyambung pakai mayones dan saus sambal sih.

Makasih banyak ya teman-teman udah mampir. Moga bisa jadi rekomendasi cemilan teman-teman ya. Dan jangan lupa mampir juga ya di postingan teman-teman saya...

Mba Ade di -> www.adeufi.com

Mba Nurul di -> www.nurulsufitri.com

Mba Febri di -> www.tulisanfebri.com 

22 comments:

  1. Jadi ingat mayones aku, belum digunakan baiklah makasih resepnya.Besok mau coba bikin ah, biasanya aku bikin yang isi tahu.

    ReplyDelete
  2. Akuuhh mau ikutan dung ngeramein 14th food talk tp mau buat blognya dulu ,,,

    ReplyDelete
  3. waaaah martabak ini kesukaan anak-anak mba..dan buatnya gampang. Aku suka pakai kulit yang udah jadi :). TFS ..

    ReplyDelete
  4. Wah, boleh juga ini idenya bikin martabak isi kembang kol. Bisa jadi pilihan camilan non daging.

    ReplyDelete
  5. Oh gak perlu ditumis dulu ya isiannya. Duh ini cocok bgt buat ngemil, apalagi pas hujan, disantap hangat2.

    ReplyDelete
  6. Wiiih...jarang deh kembang kol dijadiin martabak. tapi sekarang aku tau nih resepnya dari Miss Nita hahaha...dicocol pake mayones pedas pasti pas rasanya. Krauk-krauk nih pas digigit. Bener tuh, kalau kembang kolnya ga ditumis terlebih dahulu, saat menggoreng cukup dengan api kecil/sedang. Kan supaya si kembang kolnya matang di dalam ya. Saus teriyakinya bikin nambah selera makan nih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Matang kok mba Nurul :D asal apinya pelan aja.

      Delete
  7. Waah.. martabaknya pakai saus teriyaki ya. Cocolannya pakai mayumi.. duh lengkap deh oleh-olehnya dipakai. Baru kali ini martabak pakai kol. Boleh lah dicoba.

    ReplyDelete
  8. Masak2 bareng gini seruu
    Hmm, martabak, nyamiiii. Suka deh Mbak.
    Tapi Mbak itu tadi kembang kolnya kan gak ditumis dulu, terus pake kulit yg siap pakai, artinya digulungnya saat minyak panas gitu ya? Digulung pakai sutil ya? Penasaran, pengen coba juga :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya pakai kulit siap pakai.

      Tapi Mbak itu tadi kembang kolnya kan gak ditumis dulu, terus pake kulit yg siap pakai, artinya digulungnya saat minyak panas gitu ya? Digulung pakai sutil ya? <- ini udah ditulis di cara memasak ya mba :)

      Delete
  9. Martabak hhmm... pake Mayumi Mayones pula iiih aku mau dong dibuatin sama Miss Nita :D Kalau camilan gorengan kayak gini sih aku udah bawa sepiring gede buat nemenin aku nonton film di rumah. Ga mau bagi2 abis enak sih aku doyan martabak. pake kembang kol lagi kres2 deh

    ReplyDelete
  10. Nyam2 nih..aq ikutan donk masak2nya miss 😀

    ReplyDelete
  11. Dari dulu suka bingung ngadepi kembang kol dan saus teriyaki. Eh ternyata bisa dibikin martabak kayak gini ya? Kapan-kapan mau nyoba ah. Tapi dibikin nggak pedes karena buat jajanan si kecil. TFS Mbak buat resepnya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nggak pedes dan bumbunya praktis mba :D

      Delete

Makasih banyak ya teman-teman udah meluangkan waktu untuk mampir. Semua komen akan melewati jalur sensor dulu yaaa...

BTW don't call me "Mak" or "Bunda" cause I'm not Emak-Emak or Bunda-Bunda :P