Resep Mie Goreng Bumbu Rujak

Resep Mie Goreng Bumbu Rujak

Apa kabar, teman-teman?

Sebutkan nama buah-buahan dalam satu kata? Rujak...

Iyesss... ini lelucon yang udah basi banget ya, haha...

Okehhh... sebelum ngalor ngidul makin kagak jelas, kita lanjut ke tema utama. Rujak, si Indonesian fruit salad alias gabungan dari beberapa buah asam, eh tapi bengkoang nggak asem deng, yang dimakan dengan sambalnya.

Saya pernah nyobain sambal rujak sewaktu di Melaka, tepatnya Mba Pipiet yang beli sih dan saya serta Mba Ninna cuma minta, haha... Walau bumbu dasarnya sih nggak jauh beda - kacang tanah dan cabe, tapi bumbu rujak alias “rojak” di Melaka itu rasanya agak beda. Warnanya juga agak hitam macam dikasih kecap.

Waktu itu harga rojak yang Mba Pipiet beli sekitar 6 atau 9 ringgit, jualan abang-abang alias Pak Cik pakai gerobak juga di pinggiran menuju ke Jonker St. Kalau rojak Singapur saya belum pernah nyobain. Kabarnya rojak Penang pun enak banget. Nanti saya tanya Mba Fanny karena doi khatam banget soal Penang, haha...

Ketimbang buahnya, saya sendiri lebih suka dengan bumbu rujak. Biasanya tiap kali ada yang beli rujak, saya malah beli kerupuk putih untuk dicoel ke bumbu rujaknya. Kadang walau enggak ada buah apapun, saya suka juga bikin bumbu rujak yang cuma untuk dimakan pakai kerupuk putih.

Daripada dimakan pakai kerupuk putih doang yang bisa bikin lidah kebas karena kebanyakan makan kerupuk, hahah... Bumbu rujaknya saya bikin untuk campuran mie goreng aja.


Ini dia bahan-bahan yang perlu disiapkan:

1 bungkus mie telor, rebus hingga matang lalu tiriskan
2 butir telur
4 siung bawang merah, iris

1 siung bawang putih, iris
1 batang daun bawang, iris
1 buah tomat, belah 4, iris
Secukupnya minyak goreng


Bumbu gilingnya:

1 genggam kacang tanah yang udah digoreng
250 gram gula merah
5 buah cabe merah

1 sachet terasi
+_ 3 sdm air asam jawa
Secukupnya garam


Lalu ini cara masaknya ya...

Panaskan minyak goreng, lalu tumis bawang merah dan bawang putih hingga matang.

Masukkan daun bawang dan tomat, lalu tumis hingga layu.

Masukkan telur, orak-arik.

Masukkan bumbu giling, lalu aduk hingga meletup-letup.

Masukkan mie, lalu aduk hingga merata.

Resep Mie Goreng Bumbu Rujak
Mie Goreng Bumbu Rujak
Menggoreng kacang tanahnya gunakan api pelan aja ya. Kalau udah menjelang matang, langsung angkat aja karena bagian bawahnya akan matang dengan pas. Kalau udah ditunggu matang banget, kadang bagian bawahnya jadi hangus. Kacang tanah yang masaknya tepat, warnanya akan kuning keemasan.

Kalau mie-nya udah agak keras pas mau dimasukkan ke wajan, bisa ditambahkan sedikit air panas dan diaduk kembali. Mie yang menggumpal keras biasanya memang bikin jadi agak susah mengaduknya ya.

Mie goreng bumbu rujak yang saya bikin ini rasanya enggak pedas. Jadi teman-teman bisa tambahin gilingan cabe rawit aja ya kalau mau yang lebih pedas. Baiknya ditambah cabe rawit ya, jangan lada.

Makasih banyak ya, teman-teman udah mampir. Moga bisa jadi rekomendasi masak teman-teman ya...

27 comments:

  1. Satu hal yang membuatku kadang ga pede buat rujak adalah menggoreng kacang. Maklum, kalau kacangnya di goreng terllau lama jadi kerasa pahit dan rusaklah rasa rujak itu. Hahaha. Jadi kayaknya kalau bikin mie rujak, harus pastikan dlu bahan rujak yakni kacang tergoreng dengan baik. Terllau bentar juga kurang garih dan ga asyik. Makasih ide bikin mienya mba :)

    ReplyDelete
  2. Ko baru denger bumbu rujak ya, kemana aja nih anak kost..he
    Gak tahu mie goreng itu selalu membuatku pengen terus. Sederhana tapi enak rasanya, terlebih ini nih bumbu rujak, pengen banget nyobain rasanya.. he

    ReplyDelete
  3. Aku mau coba hahaha. Bahan2nya ada. Kebetulan blm masak buat malam ini... 😍😍😍😂

    ReplyDelete
  4. Baru tahu ada mie bumbu rujak. Kalau mie kari aku favorit banget. Krenyes2 taoge sam daun bawangnya endes banget. Yang ini juga perlu dicoba, nih.

    ReplyDelete
  5. wah wah.. perlu nih segera dieksekusi. Buatnaya lumayan mudah juga ya, enggak pakai ribet-ribet macam buat cake (alibi gak bisa bikin roti) wkwkwkwkwkwk

    ReplyDelete
  6. Iiih sama deh, ade juga sukanya makan bumbu rujak pake kerupuk putih. Udahannya seret.. hahaha.. termasuk nyeleneh nih denya mie bumbu rujak. Tapi mau aaah dicoba.

    ReplyDelete
  7. hihhh kenapa sih resepnya mba nita selalu bikin mupeng! aku tambah gemuk nih mba! tanggung jawab #eh

    btw terasinya bisa pake sambel terasi homemade itu kan ya mba? aku ngga terlalu kuat bau terasi tapi kok kayanya ini enak banget

    ReplyDelete
  8. Dari dulu aku pun suka banget bumbu rujak, asam manis pedas, selalu nyetok di kulkas, enak buat cocolan apapun, pas malem iseng ya bikin mie goreng sambelnya juga pake bumbu rujak hihi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau nyetok pas dipakainya jadi lebih cepat ya mba :D

      Delete
  9. Udah lama enggak makan rujak, boleh juga idenya Mbak, makan mie sekaligus icip sambel rujaknyaaa

    ReplyDelete
  10. Wahhhh aku baru tau nih mie goreng bumbu rujak dan penasaran sama rasanya haha.Kayaknya sih seger plus gurih gitu kali ya.😋

    ReplyDelete
  11. Blm pernah aku agak kurang sreg klo mie pake bumbu rujak, tapi mungkin klo dibikinin miss nita bakalan enaaak 😄Modus banget yaaa mbaaa akuh haha. .

    ReplyDelete
  12. Hahaha Mba Nitaaaa aku kedistract baca "don't call me Mak or Bunda" toss duluuu 😂😂😂

    Btw rujak juga favoritku sejak dulu. Ngebayanginnya aja aku udah ngiler ini. Selama ini kalo makanan bumbu rujak paling cuma ayam atau ikan bakar. Ga kepikiran kalo mie ternyata bakal enak juga dipakein bumbu rujak. Nanti mau coba bikin ah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahah... efek banyak yg manggil begonohh :D

      Iya ayuk dicoba mba :D

      Delete
  13. menggoreng kacang itu gampang-gampang susah hihihi... Kalau di Malang, ada dua macam rujak, yang pakai sayur dan yang ga pakai sayur alias rujak buah. Nah yang namanya rujak sayur biasanya pakai petis dan rujak buah enggak usah petis...

    ReplyDelete
  14. Aku komen resepnya dulu.. Selama ini suka banget rujak, tp blm pernah makan dicampur mie hahahaha.. Oke ntr aku coba mba.. Eh, tp kalo bikin bumbu rujak aku sbnrnya jrg pake kacang, krn iti bisa membuat pedesnya jd berkurang :p

    Nah, kalo rujak di penang, aku tertipu :p. Sbnrnya rasa sih mirip yaaa ama yg di indo.. Dulu pas kuliah, aku blnja ke pasar tradisionalnya deket rumah, trs ada liat yg jual bumbu rojak. Seneng laaaah :D. Apalagi pas liat butiran biji cabe yg banyak. Lgs mikir wiiih, bijinya sebanyak itu pasti pedes. Sampe rumah, udh potongin buah2nya, lalu dituang bumbunya. Tp kok ya ga pedeees gitu. Ini biji cabe sbnyak itu pake jenis apaan yaaa.. Dan aku perhatiin bener2, sampe akhirnya aku coba, ternyataaaa itu bukan biji cabe. Tapiii......... Wijen -_- . Hihhhh, pantes aja ga pedes hahahaha.. Terpaksalah aku beli cabe rawit, hiling sendiri trs campur k bumbu rojak tadi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahahah kampret, wijen ternyata. Iye lah beli chili api lagi aja ya :D

      Delete
  15. wowwwhh makan rujak di negri orang, makin maknyus dong ya secara bayarnya pakai ringgit hehe. Btw akupun baru dengar Miss. Sebutkan nama-nama buah dalam satu kata RUJAKKK bener banget ya xixi. Dan emang yang namanya krupuk putih itu bisa banget dicocol dengan bumbu rujak ya. Akupun begitu Miss, mlah kalau di Malang, kami siapin tahu pong untuk teman makan buah2an dan krupuk kaleng pastinya buat tambahan cocolan hehe.

    ReplyDelete
  16. Muantap loh kamu mak.. sumpah.. gak kebayang mie dimasak dg bumbu rujak.. kalo ikan atau ayam bumbu rujak mah aku sering bikin mak.. ditambah timun dan nanas makin muanteepph..

    Lah.. aku malah ngebayangin mie kuah bumbu rujak campur nanas ama timun.. sok atuh di coba mak.. kalo enak aku ngikut nyobain.. hihihi...

    ReplyDelete

Makasih banyak ya teman-teman udah meluangkan waktu untuk mampir. Semua komen akan melewati jalur sensor dulu yaaa...

BTW don't call me "Mak" or "Bunda" cause I'm not Emak-Emak or Bunda-Bunda :P