Pesan Online Bebek Cabe Ijo di Itiak Lado Mudo Pak Ayang (dari) Bukittinggi

Itiak Lado Mudo Pak Ayang Bukittinggi

Apa kabar, teman-teman?

Kamis lalu, menjelang Maghrib, paket yang saya tunggu-tunggu pun akhirnya datang juga, horeyyy... Kenapa saya nunggu-nungguin amat, karena paketnya ini merupakan paket masakan, haha.. Lah kan aye takut kalo kelamaan ntar jadi basi.


Itiak Lado Mudo Pak Ayang Bukittinggi
Packing JNE Yes - Itiak Lado Mudo Pak Ayang Bukittinggi
Paket dari JNE Yes yang sehari sampai ini pun akhirnya nyampe juga ke tangan saya. Selesai tanda tangan, saatnya cari gunting buat unboxing alias ngebuka itu kardus. Packing luarnya ini merupakan kardus dari JNE dengan lakban yang rapi, tapi ngebukanya cukup gampil.

Itiak Lado Mudo Pak Ayang Bukittinggi
Packing Itiak Lado Mudo Pak Ayang Bukittinggi
Begitu dibuka, jreng... jrenggg... ini dia pesanan saya. Satu kotak yang berisi masakan bebek cabe ijo dari Itiak Lado Mudo Pak Ayang, dikirim langsung dari Bukittingi – Sumatera Barat ke Cipinang. Mentemen tau nggak, Cipinang? Sebuah daerah keren di timurnya Jakarta, haha...

Paket makanan dari Bukittinggi ke Jakarta? Aman nggak? Ini juga yang jadi pertanyaan saya sebelumnya, karena khawatir aja itu minyaknya nanti bakalan tumpah-tumpah, hahah...

Itiak Lado Mudo Pak Ayang Bukittinggi
Kemasan bebek cabe ijo Itiak Lado Mudo Pak Ayang Bukittinggi 
Saya udah bilang kalau packing luarnya sangat rapi. Bebek cabe ijonya ditarok di dalam kotak nasi dengan label brand. Pas tutupnya dibuka, masakannya dikemas dalam sebuah plastik berlabel brand. Plastiknya ini cukup tebal. Begitu digunting, di dalamnya ada plastik lagi, bening. Jadi pengemasannya ini dabel ya, makanya si minyak dan bumbu pun baik-baik sajahhh di dalamnya, haha...

Dari Bukkittinggi sana, bebek cabe ijo ini dikirim dalam keadaan beku freezer. Ini yang bikin masakannya tetap enak hingga sampai ke rumah saya. Langsung dah saya nyalain kompor untuk hangatkan sebentar. Sementara nunggu mendidih, saya pun WA adek sepupu untuk main ke rumah. Kita makan barenggg...

Itiak Lado Mudo Pak Ayang Bukittinggi
1/2 ekor bebek cabe ijo di Itiak Lado Mudo Pak Ayang Bukittinggi 
Bebek cabe ijo yang ini merupakan yang ukuran ½ ekor. Ada 4 potong plus ada hati juga. Eh saya kebagiannya yang ampela deng.

Kalau biasanya saya makan bebek cabe ijo itu merupakan bebek goreng yang diaduk dengan sambal goreng ijo, bebek cabe ijo dari Itiak Lado Mudo Pak Ayang ini beda. Bebeknya dimasak dengan cabe ijo dan bumbu lainnya. Cabe ijonya ini halus banget. Pas dipanasin, aroma bawang putihnya menguar, bikin saya nggak sabar pengen cepet-cepet makan, hahah...

Pas dicobain, daging bebeknya ini empuk banget. Begitupun dengan ampelanya. Bumbunya meresap banget ke dalam daging bebek, dan bumbunya ini kalau buat saya bukan yang sangat pedas. Cabe ijo kan memang nggak sepedas cabe rawit ya. Jadi untuk teman-teman yang kurang suka makan kelewat pedas, Itiak Lado Mudo Pak Ayang ini tetap enak disantap ya.

Bumbu bebeknya ini pastinya berasa khas cabe ijo dengan campuran bumbu rempah lainnya. Kadar gurihnya pas dan yang bikin saya seneng... bumbunya banyak juga. Sampai pas saya tata di piring, bumbunya ada yang saya tarok di mangkok terpisah karena udah cukup banyak juga diguyurin ke atas bebeknya.

Itiak Lado Mudo Pak Ayang Bukittinggi
Paha dan dada bebek cabe ijo di Itiak Lado Mudo Pak Ayang Bukittinggi
Kalau ngomongin tentang kuliner Minang, mungkin yang teman-teman paling ingat itu adalah rendang. Iyesss... karena rendang merupakan kuliner nomer wahid yang paling enak sedunia. Sama kayak rendang, kuliner Minang pun juga banyak yang enak-enak dan salah satunya adalah bebek cabe ijo alias Itiak Lado Mudo.

Dari info yang dapat, Itiak Lado Mudo merupakan kuliner khas dari daerah Sianok, Koto Gadang. Layaknya rendang, Itiak Lado Mudo juga merupakan masakan turun temurun hingga ke generasi sekarang.

Kalau Itiak Lado Pak Ayang sendiri, kata Ibu Rika Andriani – sang owner, bisnis kuliner ini udah dirintis oleh nenek beliau sejak tahun 1950-an. Wehhh... mantepnyooo... Lalu dari nenek beliau, bisnis ini pun diteruskan oleh Ibu Rika, langsung ke generasi kedua karena ayahnya Ibu Rika nggak punya saudara perempuan.

Mulai tahun 2014, Ibu Rika mulai melebarkan bisnisnya dengan berjualan online. Awalnya dari Facebook dan ternyata progress-nya keren, sampai Ibu Rika pun diundang mengikuti pameran di Jakarta. Wow...

Itiak Lado Mudo Pak Ayang Bukittinggi
Bebek cabe ijo di Itiak Lado Mudo Pak Ayang Bukittinggi
Kata Bu Rika, bebek cabe ijo dari Itiak Lado Mudo Pak Ayang ini dimasak dengan cabe hijau dan bumbu khas yang asli dari Bukittinggi. Di produksinya pun juga di Bukittinggi. Bumbunya ini juga nggak menggunakan MSG serta tanpa bahan pengawet.

Bebek yang dipilih adalah bebek jantan organik. Dimasaknya ini cukup lama juga, pemirsahhh... Bisa sampai 6 s/d 8 jam dalam sebuah balango alias semacam gentong tanah liat gitu lah. Ini yang bikin bumbunya jadi meresap banget ke dalam daging bebeknya.

Untuk kita-kita yang tinggal di luar Sumatera Barat, proses pengirimannya ini menggunakan JNE Yes. Jadi sehari bisa nyampe. Nanti pas mau makannya tinggal dipanasin aja pakai microwave selama kurang lebih 15 menit, atau kalau saya pakai kompor aja dengan api pelan menuju sedang.

Tahannya berapa lama? Ini juga yang pastinya menjadi pertanyaan saya dan mungkin juga teman-teman. Ini ya, kata Bu Rika:

Untuk 1 -2 hari, gunakan suhu 25 C atau suhu ruangan.
Untuk 5 – 10 hari, gunakan suhu 5 C atau suhu lemari es.
Untuk lebih dari 10 hari, gunakan suhu -20 C atau suhu freezer.

Itiak Lado Mudo Pak Ayang Bukittinggi
Itiak Lado Mudo Pak Ayang Bukittinggi
Itiak Lado Mudo Pak Ayang ini memang dipesannya per-paket. Kalau yang paket saya itu ukuran ½ ekor (1/2 kilo), harganya 80 ribu. Sedangkan yang 1 ekor (1 kilo) itu harganya 150 ribu. Ongkirnya tinggal dihitung aja sesuai dengan alamat kita-kita.

Terima kasih banyak ya teman-teman udah mampir. Moga bisa jadi rekomendasi kulineran online teman-teman ya. Begitu juga untuk teman-teman yang lagi traveling ke Sumatera Barat, mungkin bisa dibungkus untuk oleh-oleh juga. Untuk teman-teman yang tinggal di SumBar area, tentunya bisa lebih dekat ya dengan si Itiak Lado Mudo Pak Ayang ini...

Info lengkap dan order, langsung aja ya ke:

Itiak Lado Mudo Pak Ayang Bukittinggi

24 comments:

  1. ini tahan lama banget berarti ya mba? selama ini aku kalo mau order makanan online suka takut ngga fresh kalo sampe tempatku apalagi J*E kan hobi banget overload (sedih)

    btw bedanya bebek jantan organik sama bebek betina apa yah? (ini pertanyaan ga penting tapi kepo aja gitu)

    ReplyDelete
  2. Wuih, ngeces aku bacanya. Pokoknya kalo udah masakan orang Minangkabau itu udahlah, dijamin endes bambang. Apalagi yang pake lado-lado alias sesambalan begini. Cuma kudu JNE Yes ya ngirimnya? Kalo ke tempatku di Pemalang sini kira-kira nyampenya berapa hari ya? Biasa dari Jakarta pake Reguler antara 2-3 hari kerja sih. Aselik, pengen nyicipin :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya coba ditanya langsung, PakDe. Tapi pengiriman memang sehari kok :D

      Delete
  3. menanti paketnya bikin deg2an ya :D
    enak bangett makan itiak lado mudo bikin nambah nasi dan pengen ngabisin semuanya sendiri haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya aduhhh akhirnya datang juga si paket :D

      Delete
  4. Mantapp buat jadi lauk, bikin pengen nambah nasi terus pastinya, apalagi musim ujan gini ya mbak :)
    Kapan2 lah bisa coba order, biar aku nggak lupa lgsg cuss follow IG nya dulu niih..

    ReplyDelete
  5. iiih dikirim langsung dari Padang dan tidak basi. Masih kondisi bagus lagi ya? pengemasan sampai berlapis begitu, berarti benar-benar rapih. Dan plastik tebalnya sepertinya di vacum ya? makanya jadi awet. Pengen coba ah sesekali. Harga 80 untuk 4 potong bebek mah standar lah, apalagi dah diolah cabe ijo.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Plastiknya iya rapat banget kok dan tebal, Ummi :D

      Delete
  6. Baca ini pas lagi dismenorhea langsung sakitnya hilang tapi malah ngiler abis sama itiak lado mudo-nya. Dimakan pakai nasi hangat pakai bumbu-bumbunya aja kayaknya juga udah enak banget tuh.

    ReplyDelete
  7. Kalau dari penampilannya saja sudah terlihat kalau udah enak banget. Aku senang kalau ada masakan yang bumbunya berlimpah seperti ini dan rasanya mmh udah pasti enak. Satu porsi ini kayaknya bisa buat dimakan 3-4 orang ya mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ada 4 potong jadi bisa untuk 4 orang, Mba Al. Bumbunya memang banyak nih :D

      Delete
  8. Waaaah ... sekarang mau bebek cabe ijo kas bukittingi gak perlu ke bukittingi langsung ya mbak, bisa pesen online. bahkan kondisi makannya masi bagus walau dikirim sampai luar pulau gitu. kereeeeen.

    ReplyDelete
  9. Glek.. Neguk ludah.. Ngebayangin daging bebeknya, dengan bumbu yg dicampur ke nasi panas.. Huaaahhhhh aku lapeeeer :p. Lgs mau pesen utk stok weekend :D

    ReplyDelete
  10. Praktis banget ini tinggal hangatnya saja ngga perlu repot,kepingin pesanlah bumbunya itu bikin tergoda

    ReplyDelete
  11. Iya iya Cipinang daerah terkerennya Jaktim yang langsung dapat kiriman JNE Yess sehari sampai dengan packaging yang oke banget. Wahhh bener-bener usaha yang patut dilestarikan dari tahun 1950 ahhhh kerennn, btw akupun baru tahu Miss selain rendang ternyata ada juga bebek sambal ijo yang jadi ciri khas tanah Minang ini ya. Apalagi dimakan dalam kondisi nasi hangat, ahhh sudah kebayang empuknya bebek jantan yang dimasak lama itu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya itiak lado mudo ini memang familiar juga ya, apalagi kalau traveling ke Bukittinggi dan sekitarnya :D

      Delete
  12. Duh, mba nita, aku langsung coba kontak wa itiak ini dong. Dan ternyata bisa ngirim ke Palembang. Hihi makasih banget infonya mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah mantap. Iya Palembang kan lebih dekat :D

      Delete

Makasih banyak ya teman-teman udah meluangkan waktu untuk mampir. Semua komen akan melewati jalur sensor dulu yaaa...

BTW don't call me "Mak" or "Bunda" cause I'm not Emak-Emak or Bunda-Bunda :P