Resep Cumi Asin Daun Melinjo Kuah Petis

Cara membuat cumi asin daun melinjo kuah petis

Apa kabar, teman-teman?

Sama kayak cumi biasa yang suka digulai, cumi asin pun juga nggak kalah enaknya kalau buat saya. Biasanya cumi asin sih dimasak tumis atau digoreng balado. Karena masih punya sisa petis botol kecil, jadinya saya tumis aja pakai kuah petis, plus campuran daun melinjo.

Mampir juga ya di resep masakan saya yang pakai bumbu petis, di -> Nasi Goreng Bumbu Petis

Cumi asin merupakan salah satu masakan yang cukup populer di negeri ini. Saya pun baru tau kalau ternyata cumi asin nggak cuma jadi masakan orang Indonesia aja, tapi juga di Malaysia, Thailand, Vietnam, Hong Kong, China Selatan, Korea Selatan, dan juga Jepang. Lebih ke masyarakat Asia ya.

Dari yang saya baca di Wikipedia, cumi asin merupakan cumi atau sotong yang asinkan untuk diawetkan. Ya, semacam ikan asin juga ya.

Pada proses pembuatannya, daging cumi dicuci dulu dengan air garam atau air laut. Pas udah bersih, barulah dilakukan pengasinan. Proses pengasinannya ini ada 2 cara, yaitu dengan merendam cumi dengan larutan air garam. Bisa juga dengan melakukan pengasinan kering, yaitu dengan menaburi garam pada cumi. Tahap terakhir adalah melakukan pengeringan di bawah sinar matahari.

Kalau di Jepang dan China, cumi asin diratakan atau digepengin dulu sebelum dijual atau dimasak. Kalau Indonesia tetap dalam bentuk cumi utuh.

Itu sedikit info yang baca tentang cumi asin. Lalu, untuk cara membuat cumi asin daun melinjo kuah petis ini, apa aja yang perlu disiapkan?


Bahan-bahannya adalah:

1 hingga 2 genggam cumi asin, iris – iris lalu rendam sebentar dengan ½ - 1 gelas air hangat dan 1 sdm garam. Lalu cuci kembali dengan air biasa. Ini biar rasa asinnya nggak berlebihan.

1 genggam daun melinjo, iris – iris
Secukupnya minyak goreng
4 siung bawang merah, iris

1 batang daun bawang, iris
1 buah tomat, belah 4, iris
5 cabe merah, iris

5 cabe rawit ijo, iris
1 sdm petis
½ gelas air (gelas belimbing)
1 sdt gula


Bumbu gilingnya:

1 siung bawang putih
½ sdt lada
1 sdt ketumbar
Sedikit garam

Lalu ini cara memasak cumi asin daun melinjo kuah petis ya...

Panaskan minyak goreng, lalu tumis bawang merah hingga kuning keemasan.

Masukkan daun bawang, tomat, cabe merah, cabe rawit ijo, cabe rawit merah, dan bumbu giling. Tumis hingga harum.

Masukkan petis, aduk sebentar hingga merata.

Masukkan air, didihkan. Ini cuma sebentar kok karena airnya sedikit.

Masukkan cumi dan daun melinjo. Masak dengan api pelan hingga cumi dan daun melinjonya empuk.

Menjelang matang, masukkan gula. Aduk hingga merata.

Cara membuat cumi asin daun melinjo kuah petis
Cumi Asin Daun Melinjo Kuah Petis
Ini rasanya perpaduan dari gurih manis khas petis serta pahit khas daun melinjo, plus rasa asin dari cumi, haha... campur-campur ya. Rasanya nggak begitu pedas karena cabenya cuma irisan. Kalau mau lebih pedas, cabenya digiling juga aja. Pakai garamnya sedikit dulu ya, karena cumi asin dan petis ini udah ada rasa garamnya.

Makasih banyak ya teman-teman udah mampir dan selamat mencoba...