Resep Gulai Mangga Ikan

Resep Gulai Mangga Ikan

Apa kabar, teman-teman?

Kalau sebelumnya saya udah pernah nulis tentang resep Gulai Mangga Udang, masakan yang sekarang ini tentang Gulai Mangga Ikan ya. Kebetulan tante beli 4 ikan ekor kuning dan lagi ada stok mangga muda untuk dibikin sambel. Jadi sisanya dibikin untuk campuran gulai ikan aja. Resep Sambal Terasi Mangga juga udah saya tulis ya di #Sambal


Mampir juga ya di -> Resep Gulai Mangga Udang

Kalau yang saya baca di web khasiat.co.id, ikan ekor kuning merupakan jenis dari ikan laut yang tentunya punya ciri khas, yaitu ekornya berwarna kuning. Selain dagingnya lembut banget, ikan ekor kuning ini ternyata juga bagus untuk menambah stamina. Makanya untuk orang dewasa, terutama yang aktivitasnya padat, sangat baik untuk makan ikan ekor kuning ini.

Selain itu, ikan ekor kuning juga memiliki sumber protein hewani rendah lemak dan juga banyak memiliki asam esensial dan asam amino yang pastinya baik untuk tubuh kita.

Nggak cuma untuk meningkatkan stamina aja, ikan ekor kuning juga sangat baik untuk kecerdasan otak. Iya, sama dengan berbagai macam ikan yang biasa kita makan ya. Makanya waktu itu Chef Ari Galih pernah bilang, bodoh itu bukan karena MSG, tapi karena kurang makan ayam dan ikan. Moga rezeki kita cukup terus ya untuk bisa makan ikan sering-sering.

Ikan ekor kuning ternyata juga bisa untuk mengurangi nyeri haid dan juga melancarkan pencernaan. Wah saya pun baru tau ini. Oke, kurang lebih ini sedikit info tentang manfaat ikan ekor kuning bagi kesehatan kita.

Sekarang kita mulai siapkan aja masak-masaknya ya...


Bahan-bahan yang diperlukan:

4 ikan ekor kuning, bersihkan
1 buah mangga muda, iris memanjang
+_ 3 genggam kelapa parut
3 gelas air (gelas belimbing)

5 – 10 cabe rawit, belah 2
1 ruas ibu jari lengkuas, keprek
1 lembar daun kunyit, sobek-sobek

5 batang daun ruku-ruku (kalau ada, memang agak susah, jadi skip aja nggak apa-apa)
1 batang serai, keprek


Bumbu gilingnya:

8 siung bawang merah
3 siung bawang putih
½ ruas ibu jari jahe
½ ruas ibu jari kunyit

15 buah cabe merah
½ sdt lada
1 sdt ketumbar
Secukupnya garam


Lalu ini cara memasaknya ya...

Yang pertama kita buat itu santannya dulu ya. Letakkan kelapa parut dalam sebuah wadah, lalu tuang 1 gelas air. Peras. Lalu ulangi 2 kali lagi. Jadi total santannya 3 gelas ya.

Nyalakan kompor lalu masukkan santan, mangga, cabe rawit, lengkuas, daun kunyit, (daun ruku-ruku), dan serai. Masak hingga mendidik sembari sering diaduk, biar santannya nggak menggumpal.

Masukkan ikan, lalu masak hingga ikannya matang sembari sesekali diaduk. Kalau udah mendidih memang nggak perlu harus diaduk terus-terusan. Masak dengan api sedang aja ya.

Resep Gulai Mangga Ikan
Gulai Mangga Ikan
Gulai Ikan Mangga yang saya buat ini pakai 15 cabe merah dan 10 cabe rawit merah yang dibelas. Rasanya cukup pedas, hahah... Teman-teman kalau nggak suka pedas, gunakan gilingan cabe merah aja ya.

Mangganya memang dimasukkan dari awal, biar rasa asamnya menyatu banget dengan kuah santannya. Khusus untuk gulai ikan, bumbunya memang nggak saya tumis dulu, jadi rasanya lebih segar karena nggak ada minyaknya.

Biasanya kalau bikin gulai ikan, saya tambahkan 1 atau 2 asam kandis. Ini karena udah pakai mangga yang asam, jadi nggak perlu saya tambahkan asam kandis lagi. Santan yang digunakan memang nggak pekat, untuk jaga kesehatan ya.

Yang menjadi ciri khas dari gulai ikan masakan Minang memang menggunakan daun ruku-ruku. Ini yang bikin gulai ikan aromanya jadi tambah wangi dan bikin melapar, hahah... Tapi memang agak susah juga ya daun ruku-ruku sekarang ini, jadi gunakan daun kunyit aja nggak apa-apa.  

Makasih banya ya teman-teman udah mampir dan selamat mencoba...


21 comments:

  1. Wowh baru tahu kalau bodoh itu bukan karena MSG tapi karena kurang makan ayam dan ikan. Aamiin, semoga bisa terus punya rejeki biar sering-sering bisa makan ikan terutama ikan ekor kuning yang bisa melancarkan haid dan pencernaan juga ternyata ya Miss. Untungnya krucils masih suka makan ikan, tapi biasanya cuma digoreng doang hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gpp digoreng yang penting makan ikan. Anak2 biasanya jarang suka gulai ya, haha...

      Delete
  2. Dau ruku2 tuh kayak gimana ya bentuknya? Baru denger loh. Dan baru tau juga kalau ikan ekor kuning buat obat nyeri haid. Wah kenapa baru tau sekarang ya? Dulu tuh kesiksa banget ama nyeri haid. Kalau tau obatnya enek begini mah ga galau ampe nungging2. ^_^

    ReplyDelete
  3. Dari tampilannya udah kelihatan segernya mba..

    Daun ruku-ruku..baru sekali denger mba. Ah, aku taunya cuma daun salam sama daun jeruk. Ternyta daun kunyitpun bisa dipake bumbu tho..

    ReplyDelete
  4. Miss, rajin banget masak dan nulis di blog. Dan aku iri. Aku cuma masak2. foto2 dan lupa.

    Btw...aku kalau masak gulai ikan, rasanya jauh dari enak. Temanku orang Padang bilang, orang Jawa macam aku, bumbu dan santannya kurang banyak. trus nggak lengkap. Seperti asam kandis itu nggak familiar disini. Mungkin itu masalahnya ya. (jadi curhat)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya pakai asam kandis bisa bikin lebih enak mba :D

      Delete
  5. Baru denger daun ruku-ruku, ntar googling ah seperti apa bentuknya :D
    Ini nikmat banget nih dimakan dengan nasi anget, seger pedees ya rasanya. Cocok buat makan siang.

    ReplyDelete
  6. Daun ruku2... Ya ampuuun udh lama bgt ga dgr daun ini. Mamaku kalo masak gulai jg pake daun ruku2 mba.. Di aceh mah ini banyak bangetttt. Kdg sampe ada di pinggir jalan.. Memang, gulai pake daun ruku2 pasti rasanya lebih enak, khas gulai sumatra :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masakan gulai ikan Sumatera ya, umumnya pakai daun ruku2 :D

      Delete
  7. Wah seger banget sepertinya ini, asam gurih pedas. Oiya di rumah tumbuh pohon ruku-ruku, bibitnya dikasih tetangga keturunan Bengkulu, aromanya khas ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah enak banget. Saya minta dong, haha...

      Delete
  8. Perpaduan antara dua bahan makanan yg paling saya suka: ikan dan buah. Patut dicoba resepnya.

    ReplyDelete
  9. Jadi ingat waktu tinggal di Bangka, sering beli ikan ekor kuning ini. Kalau di Jakarta agak susah, walaupun ada udah ga seger.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ini kebetulan warungnya selalu jual ikan segar :D

      Delete
  10. Mba Nita, aku doyan banget gulai ikan mas gini. Saking gak bisa masak selalu beli jadi di rumah makan Padang. Irisan cabe ya enak banget. Apalagi kuahnya gurih bikin makan nasi ga bisa stop. Hahaha. Pakai mangga gini lebih seger kali ya, ada asem2nya gt.. tapi mau masak takut gagal euy...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini bukan ikan mas :D Dan iya memang biasanya dari ikan mas ya :D

      Delete
  11. Kayaknya aku belum pernha masak ikan ekor kuning deh. Ini bangus ya ikannya rendah lemak. Bisa puas2in santap nikmat. Pakai mangga jadi ada asemnya, mantap deh. Ada daun ruku-rukunya juga hihihi aku belum pernah nih.

    ReplyDelete

Makasih banyak ya teman-teman udah meluangkan waktu untuk mampir. Semua komen akan melewati jalur sensor dulu yaaa...

BTW don't call me "Mak" or "Bunda" cause I'm not Emak-Emak or Bunda-Bunda :P