Resep Hati Ayam Terong Pedas Manis

Resep Hati Ayam Terong Pedas Manis

Apa kabar, teman-teman?

Hati ayam biasanya suka dimasak dengan campuran kentang ya. Selain kentang, hati ayam juga sama enaknya untuk dimasak dengan campuran terong. Masakan kali ini yang saya buat adalah campuran hati ayam dengan terong, yang dimasak pedas manis.

Mampir juga ya di -> Resep Gulai Nanas Hati Ampela

Kalau yang saya baca di web manfaat.co.id, hati ayam memiliki kandungan vitamin A, B12, Mineral, Folat, dan Riboflain. Hati ayam ini sangat baik untuk mengatasi kalau badan kita lagi capek banget.

Pada 1 ons hati ayam, ada kandungan vitamin A yang lebih dari 120%. Ini sangat baik untuk yang mengalami gangguan penglihatan, serta pengurangan risiko katarak. Selain itu, vitamin A nya juga berguna sebagai imun tubuh.

Vitamin B12 nya juga berguna untuk meningkatkan mental, biar kita-kita nggak mudah kena Alzheimer.

Pada 1 ons hati ayam juga, terdapat kandungan Folat hingga lebih dari 70%. Folat ini bagus untuk para ibu hamil, maupun yang lagi program bikin anak hamil.

Selain itu, pada 1 ons hati ayam juga ada kandungan Fosfornya yang lebih dari 40%. Kalau ini gunanya untuk menjaga kesehatan gigi dan tulang.

Tapi, walau banyak kandungan gizinya, makan hati ayam juga disarankan secukupnya aja. Jangan terlalu banyak juga ya konsumsinya.

Ini ya sedikit info yang saya baca di web manfaat.co.id. Untuk lebih lengkapnya, teman-teman bisa baca langsung aja ya. Lalu ini ya bahan-bahan masaknya...


Bahan-bahannya:

10 potong hati ayam, atau 5 pasang hati ampela, potong dadu
2 buah terong, belah 4, lalu potong dadu, lumuri dengan sedikit garam halus
Secukupnya minyak goreng
½ gelas air (gelas belimbing)


Bumbu giling untuk rebusan hati ayam:

2 siung bawang putih
½ sdt lada
1 sdt ketumbar

½ ruas ibu jari jahe
½ ruas ibu jari kunyit
Secukupnya garam


Bumbu giling untuk sambal:

20 buah cabe merah
4 siung bawang merah
2 ruas jeruk nipis

1 sdm gula merah
½ sachet terasi
Secukupnya garam


Lalu ini cara memasaknya ya...

Rebus hati ayam dengan air dan bumbu giling hingga empuk. Gunakan api pelan menuju sedang aja.

Panaskan minyak goreng, lalu goreng terong hingga matang, dengan api sedang.

Selesai menggoreng terong, lanjut goreng hati ayam. Gunakan api pelan aja ya dan ditutup, karena bakalan nembak-nembak, haha...

Panaskan minyak yang baru, lalu tumis bumbu giling untuk sambal hingga matang.

Masukkan hati ayam dan terong, lalu aduk hingga merata.

Resep Hati Ayam Terong Pedas Manis
Hati Ayam Terong Pedas Manis
Ini rasanya cukup pedas dan ada rasa manis dari gula merah, plus rasa khas dari terasi. Iyesss, rasanya campur-campur. Ini sih nggak begitu pedas karena cuma pakai cabe merah. Mungkin kalau teman-teman mau yang lebih pedas, bisa ditambahkan irisan cabe rawit ijo atau merah. Bisa juga dicampurkan dalam gilingan sambal aja.  

Makasih banyak ya teman-teman udah mampir dan selamat mencoba...


12 comments:

  1. Oh..ternyata terong-hati ayam bisa diduetin ya mba..enak sepertinya.

    Biasanya aku terong doang, aku balado.

    Klo ati ayam.. jarang masaknya ya itu..klo bagian nggoreng, minyaknya bisa meletus..


    ReplyDelete
  2. Nah kalo ini saya bisa mba masaknya. Klo kata orang merem juga jadi hahaha. Tapi aku bumbunya ga ditambah kunyit sih. Itu kunyit buat apanya mba?

    ReplyDelete
  3. Nah, pas nih nih lagi punya ati ayam.. Bosen kalo cuma digoreng ajah.. Hehe.. Makacii Mba Nit.. Pake terong mantaps juga ya apalagi bumbunya rasa pedas manis..

    ReplyDelete
  4. Anakku semuanya nggak mau makan hati ayam, padahal waktu bayi mau aja malah campur dengan sayuran lain hahaha. Tambah gede tambah pilih2 mereka makannya. Kalo aku sih suka hati ayam, cuma nggak berani makan banyak2 :D Pasti sedep nih dicampur terong nyam nyaaam

    ReplyDelete
  5. Wah ade kalau hati ampela biasanya ditumis pakai jagung muda dan buncis. Atau dibalado cabe ijo/merah biasa.

    Iya nih karena kandungan folatnya tinggi. Bagus juga jadi salah satu MPASI. Di blend sama sayur daun singkong. Enyaaaak... kalau Adek fi ga habis. Umminya bs habisin hahaha.

    ReplyDelete
  6. Btw alzhemeir apaan ya Miss 😄😄 terong dimasak apapun enak deh. Apalagi dipaduladankan sama hati dan juga ampela kek gini ya. Udah bisa ngebayangin bagaimana rasanya jika makan pas nasinya hangat2 aja. Pakai api sedang ya masaknya. Oke gw jadi keingat miss kapan terakhir makan ati huhuhu

    ReplyDelete
  7. wah kayaknya kalau rebus hatinya pakai bumbu hatinya bakal lebih enak yaa

    ReplyDelete
  8. Ow, ternyata ada kandungan fosfor dalam hati ayam ya, Miss Nita. weleh2, daku ga doyan nih. Dulu zaman aku masih TK sampe dikejar2 mamaku gara2 disuapin ga mau makan ya itu...si ati ayam masih ada di piring hehehe. Dipakein terong bisa jadi variasi baru nih jadi ada seratnya ya bagus buat kesehatan tubuh kita.

    ReplyDelete
  9. Itulah rempongnya masak ati ayam, suka meletus. Goreng ikan aja kayaknya kalah heboh hahaha. Tapi ati ayam memang enak

    ReplyDelete
  10. Aaaaak udah berliuran aku..... Padahal dulu aku enggak doyan terong loh, tapi sekarang hobby. Btw tambahin pete bisa juga ya. Besok mau bikin ini ah, :)

    ReplyDelete
  11. Hati ayam dibikin sambal goreng. Tapi jarang juga sih. Kalau digoreng, takut juga.

    ReplyDelete
  12. Wah dua-duanya kesukaanku tapi selama ini belum pernah disatukan. Biasanya hati ya dikecap atau semur sementara terong cuma dipenyet atau balado. Boleh juga nih Miss ditiru resepnya. Makasih ya inspirasinya.

    ReplyDelete

Makasih banyak ya teman-teman udah meluangkan waktu untuk mampir. Semua komen akan melewati jalur sensor dulu yaaa...

BTW don't call me "Mak" or "Bunda" cause I'm not Emak-Emak or Bunda-Bunda :P