Pagi di Batu Cave (Ngayap-Ngayap ke Kuala Lumpur dan Melaka with Pandra Tour Day 3 - Finish)

Batu Cave Kuala Lumpur Mlaaysia

Pagi, hari ketiga di Kuala Lumpur. Saya nggak ngikut sarapan sama Mba Piet di resto hotel, karena pop mie goreng bawaan Mba Piet masih ada. Hahah sarapan kagak modal. Abis itu, tanpa mandi dulu saya dan Mba Piet pun nyeberang karena pingin ke minimarket.

Tadinya saya cuma pingin temenin Mba Piet belanja cokelat doang, oleh-oleh buat temen-temennya Mas dan Dede. Eh pas ngelihat Samyang Curry, saya pun tergiur beli, hahah... Trus saya beli Pocky-Pocky rasa oreo, karena di sini kayaknya belum ada (waktu itu). Samyang Curry-nya halal Malaysia dan Pocky-Pocky nya halal Thailand.

Ini ya review Samyang Curry-nya -> Nyobain Samyang Curry Halal Malaysia

Balik ke Hotel, kami pun siap-siap check out dan jalan-jalan terakhir yaitu menuju Batu Cave. Sekitar jam 8an mungkin ya, Sir Driver-nya datang lalu kami pun cuss menuju Batu Cave.

Karena naik private Bas Pesiaran, jadinya ya nggak jauh banget sih. Mungkin kurang lebih setengah jam ya, tiba juga rombongan kecil Pandra Tour di Batu Cave.

Memasuki area depan Batu Cave, kami disuguhi dengan pemandangan deretan kedai penjual souvenir dan juga makanan. Turun dari mobil, lanjut kami berjalan ke area tengah, atau area utama dari Batu Cave ini. Ada patung raksasa Dewa Murugan yang menjadi target utama untuk selfie dan wefie. Begitupun dengan saya yang kagak mau ketinggalan, hahah... Walau cuma foto dari kejauhan aja.

Rombongan bocah-bocah dan abegeh Pandra Tour mulai bersiap jalan ke depan untuk naik tangga dan melihat pemandangan di atas bukit. How about Tante Nita? Uww... langsung nyerah takut engap di tengah perjalanan, hahah...

Batu Cave atau gua batu, kalau yang saya baca di Wikipedia, merupakan sebuah bukit kapur yang berada di daerah Gombak, Selangor. Namanya juga gua, tentunya Batu Cave ini merupakan serangkaian gua dan juga kuil gua. Selain itu, nama Batu Cave juga merupakan nama sebuah tempat terdekat.

Batu Cave ini merupakan salah satu kuil umat Hindu di luar India yang paling populer, wow... Kuil ini dipersembahkan untuk Dewa Murugan. Makanya di area depan ada patung raksasa Dewa Murugan ya.

Batu kapurnya ini umurnya udah kurang lebih 400 juta tahun. Dari jaman dulu banget yah. Oleh K. Thamboosamy Pillai, seorang pedagang India, kuil ini dipromosikan sebagai tempat ibadah.

Awalnya, tangganya ini merupakan tangga dari kayu yang di bangun pada tahun 1920. Lalu yang sekarang ini pengunjung gunakan merupakan tangga beton yang jumlahnya 272. Makanya tinggi banget dah.

Selain lihat-lihat patung raksasa, perbukitan, serta tangga yang tinggi banget itu, di area tengah kita-kita juga melihat merpati yang pada berterbangan. Lumayan lah isengin merpati aja ketimbang engap naik tangga, hahah...

Batu Cave Kuala Lumpur Malaysia
Batu Cave - Kuala Lumpur, Malaysia
Cuma sebentar sih kami di sini. Setelah rombongan bocah dan abegeh Pandra Tour pada turun, kami pun kembali naik mobil dan bersiap menuju KLIA 2 Airport. Saya pulang bareng rombongan Pandra Tour karena Mba Piet dan anak-anak baru mau hunting tiket pulang. Laen dah yang punya Air Asia, hahah...

Tiba di KLIA 2, kami makan siang dulu di KFC. Rame banget, sampe mau makan aja saya sempet diri dulu, lalu pas ada meja yang udahan barulah saya duduk. Makanya saya cuma pesen burger plus minum aja. Di KFC bandara ini juga ada nasi lemak, cuma karena rame banget, jadi saya pesen burger aja.

Selesai makan, saya juga sempat nemenin buibuk Pandra Tour ke supermarket. Namanya juga supermarket bandara, yang dijual lebih banyak souvenir macam cokelat dan juga kebutuhan harian yang sekiranya orang akan butuh saat itu juga. Ini sih yang sekilas saya lihat di supermarket.

Proses imigrasi kepulangan saya dan rombongan Pandra Tour berjalan lancar. Oh ya, di pintu pemeriksaan awal, si adek ada yang beli pistol mainan dari plastik, cuma segede gaban, makanya ditenteng. Sama petugasnya nggak boleh, karena walau gimanapun bentuknya senjata. Tapi karena ini mainan, kalau mau dimasukkan ke dalam bagasi nggak apa-apa, ke cabin yang nggak boleh.

Ketika mami si adek pada akhirnya ngebuang itu pistol mainan ke tempat sampah, sama petugasnya aja masih ditanya, mau disatukan aja nggak dengan barang yang udah masuk bagasi. Baek yaaa... Cuma karena rempong, ya sudahlah dibuang aja.

Lanjut kami ke pemeriksaan barang dan menuju boarding room. Eh akhirnya 1 pesawat juga sama Mba Piet dan anak-anak. Sekitar jam 3 sore, kami pun bersiap naik pesawat menuju Jakarta tanpa delay. Sekitar jam 5, kami pun tiba di bandara Soetta terminal F deh rasanya.

Selesai sudah rangkaian cerita ngayap-ngayap saya bersama Pandra Tour ke Kuala Lumpur dan Melaka. Selanjutnya saya mau review 2 hotel yang saya nginap di sana ya. Doakan saya ada rezeki lebih lagi ya biar bisa ke Malaysia lagi, haha... dan juga tempat-tempat lainnya. Untuk teman-teman yang pingin ke sana juga, moga rezekinya juga dimudahkan ya...

Anyway makasih banyak Mba Piet juragan travel Pandra Tour udah ngajak saya ngayap bareng. Makasih juga Mas dan Dede yang udah berbagi kamar sama Tante Nita selama di sana. Begitupun Mba Cici yang udah nemenin saya di hari pertama, keluar duit banyak juga buat saya, hahah... Moga segala kebaikan menjadi berkah ya...

Makasih banyak ya teman-teman udah mampir. Moga bisa jadi rekomendasi liburan teman-teman ya. Yang mau jalan-jalan bareng Pandra Tour, bisa hubungi di sini ya...

Pandra Tour

Batu Cave
Gombak, 68100, Batu Cave, Selangor, Malaysia

Untuk akses train-nya bisa disimak di klsentral.org ya.