Resep Gado-Gado Padang

Resep Masakan Padang

Resep Gado Gado Padang

Apa kabar, teman-teman?

Kalau ngomongin masakan Padang, mungkin yang terlintas dalam pikiran teman-teman adalah menu yang serba daging atau yang bersantan ya, macam rendang maupun gulai ayam. Lalu kalau tentang sayuran, biasanya memang daun singkong yang lebih familiar, karena selalu tersaji hampir di seluruh kedai masakan Padang.


Gado Gado Padang, adakah teman-teman yang udah pernah mencicipinya? Emang ada ya Gado Gado Padang? Haha... biasanya begini komentar teman-teman saya. Iya ada dong, Gado Gado yang sayurannya ini ada beberapa yang mirip dengan Gado Gado Betawi, eh atau apa ya saya menyebutnya. Ya udah saya bilangnya Gado Gado Betawi aja ya karena saya kan belinya di Jakarta, hehe...

Menggunakan kol mentah dan juga mie, ini yang cukup khas dari Gado Gado Padang. Lalu apalagi yang unik? Yaitu bumbu kacangnya yang pedas dengan aroma daun jeruk. Pedasnya tentu disesuaikan aja dengan selera kita ya.

Lalu penggunaan kerupuk merah yang diremas lalu ditaburi di atasnya, juga merupakan yang khas dari Gado Gado Padang. Tapi karena saya memang udah lama nggak makan kerupuk merah lagi, jadi kerupuknya saya ganti aja dengan emping atau kerupuk udang.

Gado Gado Padang ada juga dijual di beberapa restoran masakan Padang. Cuma kalau di kedai daerah perumahan mungkin jarang aja ya. Makanya saya lebih suka bikin sendiri aja.

Cara membuat Gado Gado Padang, ini dia bahan-bahan yang perlu disiapkan:

¼ - ½  kol ukuran sedang, iris tipis
2 buah timun, belah dua, iris tipis
2 ikat kacang panjang, potong-potong, rebus hingga lunak, tiriskan

2 - 4 buah telur, rebus hingga matang (+_ 15 menit), kupas, belah dua lalu iris tipis
2  buah kentang, rebus hingga empuk, kupas kulitnya, lalu belah dua dan iris.
1 bungkus mie telur, rebus hingga matang, tiriskan

1,5 gelas sedang air
Secukupnya minyak goreng
Secukupnya kerupuk
Secukupnya bawang goreng


Lalu ini bahan untuk bumbunya ya...

4 siung bawang merah, iris
1 siung bawang putih, iris
1 - 2 sdm cabe giling (+_ 10 – 20 cabe merah)

100 gram kacang tanah
1/2 sachet terasi
5 lembar daun jeruk

2 ruas jeruk nipis
Secukupnya garam

Lalu ini ya cara memasak Gado Gado Padang:

Panaskan minyak goreng, lalu goreng kacang tanah hingga kuning keemasan. Gunakan api pelan aja ya. Kalau udah mau matang, matikan aja apinya. Biar ketika diangkat, bagian bawahnya yang masih di kompor enggak hangus.

Blender kacang tanah dengan terasi. Bisa dicampurkan sedikit air yang akan digunakan.

Panaskan minyak goreng, lalu goreng bawang merah dan bawang putih hingga kuning keemasan.

Masukkan cabe giling, daun jeruk, jeruk nipis, dan garam. Tumis hingga harum.

Masukkan blenderan kacang tanah, lalu tuang air sedikit demi sedikit sembari diaduk. Kuah kacangnya jangan sampai encer ya.

Masak hingga mendidih atau meletup sembari diaduk. Gunakan api sedang aja.

Siapkan secukupnya sayuran pada piring, lalu tuang bumbu kacang, aduk dan taburi bawang goreng serta kerupuk. Saya bikinnya memang minus bawang goreng ya, hehe... Tapi tetap enak kok.

Resep Masakan Padang
Gado Gado Padang
 Kalau yang saya masak ini menggunakan 2 sdm cabe giling. Biasanya cabe giling juga udah ada rasa garamnya, jadi masukkin garamnya sedikit dulu aja.


Makasih banyak ya teman-teman udah mampir dan selamat mencoba ya... 
nita lana faera
nita lana faera

This is a short biography of the post author. Maecenas nec odio et ante tincidunt tempus donec vitae sapien ut libero venenatis faucibus nullam quis ante maecenas nec odio et ante tincidunt tempus donec.