Resep Colatta Fineza: Bola Tape Cokelat Keju dan Praline Keju

Resep Colatta Fineza Bola Tape Cokelat Keju dan Praline Keju

Apa kabar, teman-teman?

Olahan cokelat biasanya identik dengan cake, pastry, atau kue-kue yang bahan-bahannya seabreg-abreg trus bikinnya lumayan rempong. Haha... ini menurut saya yang kurang demen bikin kue ya.
Padahal, cokelat juga bisa untuk dijadikan olahan makanan yang super simple dan nggak memerlukan bahan-bahan yang banyak. Kayak yang saya bikin ini, 2 cemilan yang menggunakan Fineza, variant cokelat terbaru dari Colatta.

Saya tau Fineza sewaktu diundang untuk berbagi cerita akan keseruan launching-nya. Cerita seru kami di sana udah saya tulis ya di link ini -> Launching Colatta“Fineza” dan Colavers Gathering di #Sweetoday3

Akhirnya saya nyobain juga masak menggunakan Fineza by Colatta ini. Karena ini jenis cokelat yang dark, jadi saya bandinginnya dengan Colatta compound yang dark juga ya.

Dibanding dark Colatta yang sebelumnya, iya memang Fineza ini rasanya lebih creamy. Jadi walaupun dark, ada rasa manisnya juga, tapi nggak semanis yang Colatta milk dari variant sebelumnya. Jadi ya... middle deh, antara Colatta sebelumnya yang dark dan milk.

Karena memang rasanya lebih manis, pas saya cemilin juga memang lebih enak. Apalagi pas dijadikan baluran tape. Uwww... yuk mari kita mulai masaknya.

Colatta Fineza Bola Tape Cokelat Keju
Bola Tape Cokelat Keju with Fineza Colatta
Yang pertama Bola Tape Cokelat Keju dulu. Bahan-bahan yang perlu disiapkan itu cuma 3 macam, yaitu...

1 bungkus Fineza Colatta
300 gram tape singkong
Secukupnya keju parut
Kertas cup kecil

Lalu cara membuatnya juga gampang. Maaf ya sebenernya saya juga bikin videonya untuk memudahkan teman-teman, tapi entah kenapa pas edit di youtube-nya error terus.

Buat tape menjadi bulatan macam cilok. Nggak usah ditimbang-timbang, dikira-kira aja yang penting cukup di kertas cup-nya.

Untuk melelehkan cokelat, memang ada alatnya. Tapi karena saya belum punya duit, jadinya pakai manual aja ya.

Panaskan air dalam panci kecil, nggak harus mendidih nggak apa-apa.

Letakkan potongan cokelat ke dalam mug alumunium, yang bisa menghantarkan panas yang baik.

Rendam mug alumunium yang udah berisi potongan cokelat ke atas panci air panas. Hati-hati jangan sampai tumpah terbalik mug-nya, dan jangan sampai cokelatnya kena air, nanti jadi nggak bisa keras kalau kena air sedikit aja.

Aduk-aduk cokelatnya sampai meleleh semua. Kalau udah, angkat mug dari panci airnya.

Masukkan 1 bulatan tape ke dalam mug cokelat, baluri sampai semua tapenya ketutup cokelat, lalu angkat dan pindahkan ke kertas cup.

Untuk pengerasan cokelatnya, bisa didiamkan aja. Bisa juga disimpan di kulkas bawah biar cepet kerasnya. Hati-hati jangan sampe kena tetesan air dari freezer ya. Dan nggak usah juga disimpan di freezer, nanti jadi berembun.

Kalau udah keras, taburi parutan keju di atasnya.

Kalau kami makannya lebih suka dingin gini. Rasanya perpaduan antara asam tape, manis agak pahit dari Fineza, dan asin gurih dari keju.

Bola Tape Cokelat Keju ini saya rekomendasikan untuk kita-kita yang nggak gitu suka makanan cokelat berlemak atau yang manisnya berlebihan.

Praline Keju Colatta Fineza
Praline Keju with Fineza Colatta

Lalu untuk resep Fineza yang kedua adalah... Praline Keju. Untuk bahannya, juga cuma butuh 3 macam aja...

1 bungkus Fineza
Secukupnya keju, potong bentuk dadu
Cetakan praline
Secukupnya kertas cup


Lalu ini cara membuatnya...

Lelehkan cokelat, caranya sama kayak di atas ya.

Tuang cokelat ke dalam cetakan praline 1/3 atau setengahnya aja. Pakai sendok kecil aja nggak apa-apa, dan untuk merapikannya nggak usah satu-satu. Kalau udah selesai, digoyangin aja sedikit cetakannya, nanti cokelatnya akan merata.

Diamkan atau letakkan ke dalam kulkas sampai keras.

Letakkan potongan keju di tengah. Bisa juga diganti makanan lainnya, tapi pastikan yang kering ya. Kalau selai, jangan sampai ada airnya.

Tuangkan cokelat sekali lagi sampai penuh. Meratakannya juga tinggal digoyangin lagi aja ya cetakannya kalau udah selesai semua.

Diamkan lagi atau simpan kembali ke dalam kulkas. Kalau ini pengerasannya agak lebih lama dari yang pertama.

Biasanya kalau udah keras akan kelihatan dari bawah cetakan, kalau cokelatnya udah mau lepas. Jangan dipaksa lepas dari cetakan ya, nanti jadi lengket di cetakan. Simpan lagi aja di kulkas.


Untuk mug sisa cokelat, bisa disimpan di kulkas tapi dibungkus rapat ya. Dan kalau 2 cemilan ini mau disimpan juga di kulkas, tutup rapat juga biar nggak berembun. Untuk praline bisa bertahan kurang lebih 2 bulan tanpa harus dikasih bahan pengawet.

Sewaktu dulu belajar bikin praline dan cokelat stik, nggak terhitung berapa kilo cokelat yang saya beli untuk hasil yang gagal, entah lengket di cetakan, perpaduan warna yang melumer, dll. Saya coba terus sampai akhirnya bisa dagang cokelat, terutama praline pas lebaran.

Jadi kalau teman-teman bikinnya baru pertama kali trus gagal, terutama yang praline, coba terus aja ya.


Makasih banyak ya udah mampir. Moga bisa teman-teman coba di rumah.