Resep So Good Nugget Kentang Saus Tomat

So Good Nugget Kentang Saus Tomat

Apa kabar, teman-teman?

Hampir semua resep masakan yang saya tulis di nitalanaf.com ini merupakan masakan pedas. Tapi kali ini saya nggak masak yang pedas-pedas, karena yang saya mau tulis sekarang ini adalah masakan dari olahan nugget.

Nugget memang identik dengan makanan anak-anak, walau yang bangkotan macam saya mah hayuk aja mamam nugget cocol saus sambel yang buanyaggg... Nah pada umumnya kan anak-anak nggak doyan pedes, jadi untuk masakan olahan nugget ini saya masak dengan saus tomat.

Untuk nugget-nya ini saya pilih dari produk So Good. Ini pas lagi ke supermarket, eh lihat nugget So Good yang bentuknya kayak donat gini. Maap saya norak karena emang baru lihat, haha... Makanya langsung beli juga, biar siapa tau teman-teman yang belum pernah nyoba, jadi pingin beli juga. Nugget donat So Good ini di dalamnya juga ada kejunya.

Oh iya, untuk resep olahan ayam dari ayam potong So Good, bisa mampir di sini ya:


Ayam Goreng So Good Sambal Hijau Belimbing

Waktu itu saya pernah baca, kalau produk So Good siap masak ini udah melalui proses pemasakan pada suhu 170 derajat celcius, selama tidak kurang dari 3 menit, langsung dibekukan. Tujuannya untuk menjaga kesegaran, kelezatan, serta nutrisi kandungan daging olahan.

So Good Nugget with Cheese
So Good Donat with Cheese 
Masalah kesehatan suatu produk tentunya harus kita pahami dulu ya sebelum memutuskan untuk membeli. Produk So Good siap masak lainnya, saya udah tulis ya di post  sebelumnya, tapi untuk info lebih lengkapnya tentang So Good siap masak, teman-teman bisa mampir aja ya di link ini... 

http://www.sogood.id/

Oke... sekarang mari kita mulai menyiapkan bahan masakannya. Untuk masak So Good Nugget Kentang Saus Tomat ini, yang perlu disiapkan itu...

1 bungkus So Good Nugget. Silakan teman-teman mau pakai variant So Good Nugget yang mana aja.
250 gram kentang (kurang lebih 4 buah)
200 gram tomat merah (kurang lebih 3 yang besar)

2 butir telur
¼ bawang bombay (kalau yang kecil, gunakan ½ ya)
1 siung bawang putih

3 sdm saus tomat
½ sdt oregano
½ sdt gula

Secukupnya garam
Secukupnya minyak goreng
1 sdm margarin untuk menggoreng nugget

2 sdm margarin untuk saus pasta
Secukupnya keju parut
Cup alumunium


Lalu ini cara memasaknya ya...

Rebus kentang dan tomat dengan api sedang. Kalau saya, kentangnya belum dikupas, cukup dibersihkan aja.  

Kalau kulit tomatnya udah pecah, angkat tomat dan kentang. Kalau kentangnya belum empuk nggak apa-apa, nanti kan mau dikukus lagi.

Kupas tomat, blender bersama 1 buah nugget. Nugget-nya yang diblender ini nggak usah digoreng dulu.

Kupas kentang, lalu belah empat dan iris agak tipis.

Panaskan minyak goreng campur 1 sdm margarin, lalu goreng nugget dengan api pelan hingga kuning kecoklatan. Untuk yang nugget donat ini karena di dalamnya ada keju, pas digoreng gini kejunya akan mencair, jadi pelan-pelan ya pas dibalik, karena kejunya bisa meletus.

Lelehkan 2 sdm margarin lalu tumis bawang bombay campur bawang putih hingga matang

Masukkan blenderan tomat, saus tomat, gula, dan garam, lalu aduk hingga merata.

Masukkan kentang dan oregano, lalu aduk hingga merata.

Pindahkan ke mangkok, masukkan telur, lalu aduk hingga merata

Cobain dulu ya rasa garamnya sebelum dituang ke dalam cup.

Isi adonan ke dalam cup alumunium. Isinya setengah aja karena nanti kalau udah dikukus akan naik.

Panaskan dandang lalu kukus adonan kurang lebih 20-30 menit dengan api sedang. Lihat aja kalau adonan udah nggak ada airnya lagi. Tutup dandangnya dibungkus dengan serbet ya biar uap airnya nggak turun.

Kalau udah matang, keluarkan adonan. Taburkan keju parut.

Letakkan nugget So Good di atas keju lalu hias dengan taburan oregano dan saus tomat.


Kalau menggunakan cup alumunium kayak yang di foto ini, jadinya kurang lebih 11 cups. Oh iya, ini karena dikukus, nanti hasilnya akan seperti lembab ya, nggak kering karena nggak dipanggang.

Untuk mengukus dengan magic com saya belum nyoba, haha... Mungkin teman-teman bisa coba juga.

So Good Nugget Kentang Saus Tomat ini rasanya perpaduan dari gurihnya nugget keju So Good dan juga parutan keju, ada rasa yang khas karena pakai oregano, serta asam segar dari tomat.

Kalau teman-teman nggak punya persediaan oregano nggak apa-apa nggak usah digunakan, cuma untuk saus tomat memang akan lebih ada rasa yang khas kalau ditaburi oregano. Terkadang saya bikin saus tomat juga nggak pakai oregano kok. Dengan tambahan gula juga bisa menambah rasa gurih.

Kalau cuma pakai saus tomat tanpa tomat blenderan aja gimana? Tetap enak tapi rasanya jadi kurang segar.

Makasih banyak ya udah mampir. Moga bisa jadi rekomendasi masak simple yang bergizi, terutama untuk teman-teman yang punya anak.