Liburan ke Malaysia Tanpa Menguras Kantong? Bisa Kok

(moed.com.my)

Apa kabar, teman-teman?

Ngayap ke Malaysia merupakan alasan utama saya untuk bikin paspor 4 tahun yang lalu. Sebagai negara tetangga, liburan ke Malaysia bisa jadi alternatif untuk menikmati waktu senggang. Ah sombong amat, lu, Nit. Punya waktu senggang aja mesti ngayap ke Malaysia? Hahahah...

Nggak gitu juga sih. Kala itu saya masih punya bimbel, jadi nggak mungkin kan kalau saya ninggalin bimbel misalnya sampe seminggu-dua minggu cuma buat ngayap. Jadi kalau ke Malaysia, plan saya mah tiga hari cukup lah.

Selain itu, ketimbang ke negara lain, liburan ke Malaysia juga nggak terlalu makan banyak biaya, karena kurs rupiah dari ringgit itu nggak jauh beda. Kurs Malaysia masih lebih murah dibandingkan dengan Singapura. Jadi dari duit yang ada, saya masih bisa ngirit-ngirit lah.

Hingga pada akhirnya, paspor pun udah di tangan, eh salah... di dompet deng. Selanjutnya yang saya ceki-ceki adalah... berapa biaya liburan ke Malaysia? Setelah cari info sana-sini, kurang lebih ini ya gambaran kasar dari perkiraan jumlah biaya yang harus dikeluarkan buat liburan alias ngayap ke sana.

Tiket Pesawat

Harga tiket pesawat Jakarta – Malaysia atau Surabaya – Malaysia nggak jauh beda dengan Jakarta – Surabaya atau Jakarta – Malang. Nggak percaya? Coba deh cek tiket penerbangan saat low season. Rata-rata tiketnya itu antara Rp 400 ribu – Rp 600 ribu sekali jalan. Murah banget kan?

Biar lebih murah, pilih maskapai murah seperti Air Asia. Kalau beruntung, kita-kita bisa dapat tiket gratis buat ke Malaysia. Syaratnya, cari tiket promo sejak jauh-jauh hari sebelumnya.

Jadi ketimbang nanya-nanya orang lain kapan nikah atau kenapa belum hamil, mending kita pergunakan waktu untuk ngumpulin another income, trus ceki-ceki tiket promo deh. Siapa tau dapet yang gratisan juga kan.

Penginapan
(media.timeout.com)

Ada banyak hotel backpacker di Malaysia, juga hostel-hostel murah yang berada di pusat kota. Rata-rata harganya sekitar Rp 200 ribu per malam. Tapi kalau kita berangkat dengan rombongan yang lebih dari tiga orang, mendingan nyewa apartemen aja.

Kita juga bisa menyewa lewat jasa website biasa, atau lewat AirBnb yang harganya lebih murah. Rata-rata sewa apartemen sekitar Rp 200 ribu per hari. Sama dengan hotel murah, tapi kalau apartemen bisa ditinggali beberapa orang sekaligus dan ada dapur juga di dalamnya.

Jika dibagi dengan banyak orang, tentu harga apartemen bisa jadi lebih murah. Dan apartemen yang disewakan di Malaysia biasanya bagus-bagus sih. Udah lengkap dengan fasilitas kayak gym dan juga kolam renang yang memadai. Selain itu juga bisa ngirit biaya makan karena ada dapur tempat masak.

Transportasi
(themalayonline.com)

Rata-rata harga bus sekali jalan adalah Rm 5 atau sekitar Rp 15 ribu. Sementara tiket MRT sekitar Rp 12 ribu untuk sekali masuk stasiun. Murah kan?

Itulah mengapa selama di Malaysia sangat disarankan untuk naik kendaraan umum kayak bus atau kereta aja. Karena kalau kita milih naik taksi, biayanya bisa membengkak sampai puluhan kali lipat. Sayang banget kan, uangnya bisa dipakai buat yang lain-lain.

Makan

Bawa makanan sendiri dari Indonesia memang lebih murah. Tapi nggak selamanya kan kita bakal makan bekal. Sesekali coba deh makan di luar, di warung-warung tepi jalan yang bersih banget.

Biaya sekali makan juga nggak mahal kok, rata-rata Rp 20 ribu untuk sekali makan di warung sederhana. Dengan jumlah yang sama, kita juga bisa mencicip jajanan street food Malaysia yang udah terkenal dengan kelezatannya.

(blog.tootoomoo.co.uk)

Kalau kita-kita nggak bawa bekal dari Indonesia, makan di Malaysia nggak bakal nguras kantong banget kok. Dan para penjualnya juga ramah-ramah, juga jujur soal harga pada wisatawan. Jadi nggak perlu takut ketipu yee.

Biaya-biaya ini tentu akan bertambah kalau kita masuk ke wahana wisata yang ada di Malaysia. Kalau pengen hemat, nikmati jalan-jalan di pusat kota aja, jadi kita-kita cuma perlu biaya transportasi dan makan tanpa perlu biaya tiket.

Ada bus wisata yang bakal bawa kita keliling kota dengan biaya nggak nyampe Rp 50 ribu udah bisa keliling Kuala Lumpur dan menikmati serunya liburan di Malaysia.

Nah, murah kan liburan ke Malaysia. Jadi kamuuu... kapan berangkat?

No comments:

Post a Comment

Hai, temans... Makasih banyak ya udah mampir. Semua komen lewat jalur moderasi dulu ya :D Don't call me "mak" or "bund", coz I'm not emak-emak or bunda-bunda :P

Mohon maaf untuk menghindari serangan spam anonymous, komen cuma bisa untuk akun yang punya G+ ya :)