Icip-Icip Buah Cherry Australia Bersama “Taste Australia”

Cherry Australia - Taste Australia

Apa kabar, teman-teman?

Kalau ngomongin buah cherry, yang ada dalam pikiran saya dan mungkin kita-kita adalah si merah merona atau si hijau menyala yang suka ada di atas kue blackforest. Dan ternyata, saya pun baru tau kalau itu adalah buah kersen. Lalu, kayak gimana sih yang namanya buah cherry itu?

Cherry atau yang kalau di negeri ini suka disebutnya buah ceri, merupakan buah khas dari Australia. Kalau di Jepang, buah cherry ini panennya pas musim semi. Sedangkan di Amerika pada bulan Juni. Nah kalau di Australia ini, buah cherry akan matang dan siap panen pada saat moment menjelang Natal, yaitu pada bulan November hingga Februari.

Ini makanya, mulai dari bulan November hingga Februari, Taste Australia mengkampenyakan ke seluruh dunia akan buah cherry Australia ini. Indonesia pun juga terpilih oleh Taste Australia sebagai salah satu negara pendukung “Cherry Australia Campaign.”


Cherry Australia Taste Australia
Cherry Australia - Taste Australia
Launching Taste Australia ini diadakan pada tanggal 24 Januari 2018, di Almond Zucchini Kitchen Studio. Buah cherry yang dikampanyekan oleh Taste Australia ini adalah buah cherry Australia yang premium.

Cherry Australia ini akan terus diramaikan oleh Taste Australia selama musim buah merah ini berlangsung, yaitu sampai akhir Februari nanti. Kalau dibulan Maret nanti, bakalan ada kampanye buah yang lain, yaitu anggur. Moga nitalanaf diajak icip-icip lagi. Toko-toko retail pun juga udah banyak nih yang siap-siap pingin ikutan berpartisipasi.

Pada launching Taste Australia, Mr. Tim Martin, selaku trade and investment commissioner of Australian trade and investment Commission (Austrade) di Jakarta juga menjelaskan, kalau lingkungan yang bersih, hijau dan alami, tanah yang subur dan sistem keamanan makanan yang sempurna merupakan alasan makanya cherry Australia ini terasa lebih enak.

Trus apa sih yang membedakan antara cherry Australia ini dengan yang lainnya, kayak yang biasa kita lihat di topping kue?

Cherry Australia - Taste Australia
Cherry Australia - Taste Australia
Cherry Australia ini ukurannya lebih besar, ya kurang lebih 20-30 mm. Selain itu, warnanya pun juga rada beda. Kalau cherry biasa kan warnanya merah cerah. Nah kalau cherry Australia ini warnanya macam merah marun agak keunguan.

Pada saat dipanen, cherry Australia ini warnanya merah dan rasanya pun sedikit asam. Makin matang, warnanya akan lebih gelap dan rasanya pun jadi manis. Makin warnanya ungu gelap, rasanya pun akan makin manis. Kalau saya bilang sih rasa buah Cherry Australia ini perpaduan dari rasa buah plum dan anggur.

Cherry Australia ini enaknya dimakan pada saat masih segar. Australia menjamin bahwa buah cherry yang diekspor ke negara lain itu merupakan buah yang baru petik dengan kualitas terbaik.

Begitu dipetik, packing, trus langsung deh dikirim. Pengirimannya dilakukan selama 3 hari dengan jaminan keamanan dan kesegaran buah.

Mr. Tim juga menjelaskan kalau membeli cherry Australia pada saat musimnya, merupakan cara terbaik untuk menikmati buah Australia, karena tampilan dan rasanya masih segar.

Selain enak, ternyata cherry Australia ini juga kaya akan vitamin dan kalium. Cherry Australia termasuk buah yang baik untuk yang lagi program diet, karena pada buah cherry Australia nggak terdapat lemak. Nah yang ngomongnya gagal diet mulu, buruan dah mamam ini cherry, hahah...

Selain untuk menurunkan berat badan, cherry Australia ini juga bisa jadi “obat” awet muda serta menghindari penyakit kronis. Karena dalam sebuah cherry itu terdapat kandungan antioksidan, vitamin, mineral, dan anti inflamasi yang nggak terdapat pada suplemen vitamin manapun. Weh mantappp... apalagi bisa bikin awet muda ya...

Oh ya, pada launching Taste Australia kemarin itu kan juga ada demo masak bersama Chef Yuda Bustara. Nah kami juga dikasih nih contekan resep masakannya Chef ganteng. Biar nggak lupa, sekalian saya posting di sini aja ya... Biar kita-kita bisa nyobain masakannya Chef, heheh...

pic: Taste Australia

Cherry Brie Cheese and Arugula Salad

Ingredients

• 2 cups of arugula or baby spinach
• 1 cup Cherries, pitted and sliced in half
• 100 gram of brie cheese
• 1 fennel bulb, sliced
2 tbsp. pistachios or almonds, lightly toasted and chopped
• 1/4 cup of fresh mint, chopped


Cherry dressing

• 1/2 cup cherries, washed, pitted and sliced in half
• 1/2 fresh lime, juiced
• 5 tablespoon or more, light olive oil
• 1 pinch of sea salt


Directions

1. Place salad dressing ingredients into a blender and blend until it’s creamy
2. Add all salad ingredients into a bowl
3. Pour dressing over salad, toss together and enjoy


Lalu ini yang kedua ya...

pic: Taste Australia

Cherry Parfait

Sauce

 500 gram Cherries, pitted
 ½ cup sugar
 1 gelas water
 1/2 tsp orange zest
 1 vanilla stick (seeded)


Crumble

 3 tbsp brown sugar
 ½ oatmeal
 ½ flour
 2 tbsp butter
 pinch of salt


Cream

 1 cup whipping cream
 2 tbsp sugar
 1 vanilla stick (seeded)


Directions

1. For sauce, put 250gram cherries, sugar, water, orange zest and vanilla in saucepan and cook until thick and become sauce, set aside and let it cool

2. For crumble, mixed all ingredients with hands, and crumble on a tray, and bake 175 celcius for about 15-20 minutes, let cool, you can use Granola for Healthier Option

3. For cream, whip the cream with sugar and vanilla until soft peak, you can use greek yogurt for Healthier Option

4. To make parfait, put some cream in a glass, then crumble and the rest of the cherries and pour the homemade cherry syrup on top


Cherry Australia ini bisa kita borong di beberapa supermarket macam Lotte, AEON, Hero, Kem Chicks, dan juga Ranch Market. Tinggal kita pilih aja deh yang paling asyik untuk dikunjungi.

Makasih banyak ya Taste Australia atas sharing-nya. Bener-bener menambah wawasan saya banget deh tentang dunia per-cherry-an. Khususnya cherry Australia ini.

Makasih banyak ya teman-teman udah mampir. Moga bisa menambah info cemilan sehat teman-teman ya, atau untuk dipadukan sebagai bahan masakan.