Resep Gulai Mangga Ikan

Resep Gulai Mangga Ikan

Apa kabar, teman-teman?

Kalau sebelumnya saya udah pernah nulis tentang resep Gulai Mangga Udang, masakan yang sekarang ini tentang Gulai Mangga Ikan ya. Kebetulan tante beli 4 ikan ekor kuning dan lagi ada stok mangga muda untuk dibikin sambel. Jadi sisanya dibikin untuk campuran gulai ikan aja. 

Mampir juga ya di -> Resep Gulai Mangga Udang

Kalau yang saya baca di web khasiat.co.id, ikan ekor kuning merupakan jenis dari ikan laut yang tentunya punya ciri khas, yaitu ekornya berwarna kuning. Selain dagingnya lembut banget, ikan ekor kuning ini ternyata juga bagus untuk menambah stamina. Makanya untuk orang dewasa, terutama yang aktivitasnya padat, sangat baik untuk makan ikan ekor kuning ini.

Selain itu, ikan ekor kuning juga memiliki sumber protein hewani rendah lemak dan juga banyak memiliki asam esensial dan asam amino yang pastinya baik untuk tubuh kita.

Nggak cuma untuk meningkatkan stamina aja, ikan ekor kuning juga sangat baik untuk kecerdasan otak. Iya, sama dengan berbagai macam ikan yang biasa kita makan ya. Makanya waktu itu Chef Ari Galih pernah bilang, bodoh itu bukan karena MSG, tapi karena kurang makan ayam dan ikan. Moga rezeki kita cukup terus ya untuk bisa makan ikan sering-sering.

Ikan ekor kuning ternyata juga bisa untuk mengurangi nyeri haid dan juga melancarkan pencernaan. Wah saya pun baru tau ini. Oke, kurang lebih ini sedikit info tentang manfaat ikan ekor kuning bagi kesehatan kita.

Sekarang kita mulai siapkan aja masak-masaknya ya...

Cara memasak gulai mangga ikan, ini dia bahan-bahan yang diperlukan:

4 ikan ekor kuning, bersihkan
1 buah mangga muda, iris memanjang
+_ 3 genggam kelapa parut
3 gelas air (gelas belimbing)

5 – 10 cabe rawit, belah 2
1 ruas ibu jari lengkuas, keprek
1 lembar daun kunyit, sobek-sobek

5 batang daun ruku-ruku (kalau ada, memang agak susah, jadi skip aja nggak apa-apa)
1 batang serai, keprek


Bumbu gilingnya:

8 siung bawang merah
3 siung bawang putih
½ ruas ibu jari jahe
½ ruas ibu jari kunyit

15 buah cabe merah
½ sdt lada
1 sdt ketumbar
Secukupnya garam

Lalu ini cara ya cara membuat gulai mangga ikan...


Yang pertama kita buat itu santannya dulu ya. Letakkan kelapa parut dalam sebuah wadah, lalu tuang 1 gelas air. Peras. Lalu ulangi 2 kali lagi. Jadi total santannya 3 gelas ya.

Nyalakan kompor lalu masukkan santan, mangga, bumbu giling, cabe rawit, lengkuas, daun kunyit, (daun ruku-ruku), dan serai. Masak hingga mendidih sembari sering diaduk, biar santannya nggak menggumpal.

Masukkan ikan, lalu masak hingga ikannya matang sembari sesekali diaduk. Kalau udah mendidih memang nggak perlu harus diaduk terus-terusan. Masak dengan api sedang aja ya.

Resep Gulai Mangga Ikan
Gulai Mangga Ikan
Gulai Ikan Mangga yang saya buat ini pakai 15 cabe merah dan 10 cabe rawit merah yang dibelah. Rasanya cukup pedas, hahah... Teman-teman kalau nggak suka pedas, gunakan gilingan cabe merah aja ya.

Mangganya memang dimasukkan dari awal, biar rasa asamnya menyatu banget dengan kuah santannya. Khusus untuk gulai ikan, bumbunya memang nggak saya tumis dulu, jadi rasanya lebih segar karena nggak ada minyaknya.

Biasanya kalau bikin gulai ikan, saya tambahkan 1 atau 2 asam kandis. Ini karena udah pakai mangga yang asam, jadi nggak perlu saya tambahkan asam kandis lagi. Santan yang digunakan memang nggak pekat, untuk jaga kesehatan ya.

Yang menjadi ciri khas dari gulai ikan masakan Minang memang menggunakan daun ruku-ruku. Ini yang bikin gulai ikan aromanya jadi tambah wangi dan bikin melapar, hahah... Tapi memang agak susah juga ya daun ruku-ruku sekarang ini, jadi gunakan daun kunyit aja nggak apa-apa.  

Makasih banyak ya teman-teman udah mampir dan selamat mencoba...