Resep Kecipir Wortel Tumis Terasi

Cara memasak kecipir wortel tumis terasi

Apa kabar, teman-teman?

Pas pertama kali ngelihat di warung ibu sayur, pikir saya itu oyong yang kecil-kecil. Eh ternyata namanya kecipir yang tentunya beda dengan oyong. Karena masih asing banget dengan sayuran ini, makanya belum tertarik untuk beli, haha...


Sampai akhirnya salah seorang mom foodgram posting video tumis kecipir. Oww... baiklah, ternyata ini sayur enak untuk ditumis, haha...

Kecipir, kalau yang saya baca di Wikipedia, merupakan tanaman yang pucuk dan polong mudanya enak untuk dijadikan sayuran. Kalau dalam bahasa Inggris, namanya winged bean atau winged pea.

Kecipir banyak ditemui di daerah Asia Tenggara, karena memang tanaman ini lebih bisa hidup di daerah tropis. Kecipir banyak dibudidayakan di Papua, timur laut India, serta Burma.

Kecipir
Kecipir
Di Indonesia, kecipir banyak ditanam untuk diambil buahnya yang muda, serta pucuk dan juga daunnya untuk dijadikan sayuran, macam lalapan, pecel, dan masakan lainnya. Kalau di Bangladesh, kecipir dimakan dengan campuran ikan atau daging. Wokehhh... ntar saya bikin masakan macam kek gitu juga ya, haha...

Biji kecipir punya kandungan protein yang tinggi. Begitupun dengan kandungan lemaknya yang menyerupai zat-zat pada kedelai. Selain itu, kecipir juga mengandung forfor, kalsium, dan juga magnesium. Kalsium tertingginya ada pada daunnya.

Ternyata kecipir juga mengandung karbohidrat, vitamin C, dan juga tocopherol atau sejenis antioksidan yang bisa bikin tubuh kita jadi banyak menyerap vitamin A. Wow, karena mengandung karbohidrat, jadi kayaknya cocok juga ya sebagai menu diet yang bisa bikin kenyang.

Ini sedikit info tentang kecipir yang saya baca dari Wikipedia ya. Yuk sekarang kita mulai masak-masaknya. Oh ya, karena punya 2 wortel, jadi tumis kecipirnya ini saya tambahin potongan wortel juga ya.

Mampir juga ya di resep masakan sayuran saya sebelumnya di -> Resep Sayur Campur Kuah Teriyaki

Cara membuat kecipir tumis terasi, bahan-bahan yang diperlukan:

7 buah kecipir, buang pinggirannya yang berigi, iris menyerong
2 buah wortel, kerik, iris menyerong
1 buah tomat, belah 4, iris

Secukupnya minyak goreng
½ gelas air (gelas belimbing)
1 sdt gula


Bumbu gilingnya:

4 siung bawang merah
1 siung bawang putih
5 buah cabe merah

½ sdt lada
1 sdt ketumbar
1 sachet terasi

½ ruas ibu jari kunyit
Secukupnya garam

Lalu ini ya cara memasak kecipir tumis terasi ...

Panaskan minyak, lalu tumis bumbu hingga harum.

Masukkan air, lalu didihkan.

Masukkan kecipir, wortel, dan tomat. Masak hingga empuk dengan api sedang.

Menjelang matang, masukkan gula, lalu aduk hingga merata.

Cara memasak kecipir wortel tumis terasi
Kecipir Wortel Tumis Terasi
Kecipir yang saya beli ini udah 1 bungkusan yang isinya 7 buah. Kalau bungkusan yang teman-teman beli mungkin lebih dari ini sedikit, pakai aja semuanya.

Ini rasanya lumayan pedas, karena pakai cabe merah giling plus lada juga. Kalau teman-teman pakai terasinya yang mentah, pemakaian garamnya belakangan aja ya, karena terasi mentah ini suka udah asin banget.

Makan kecipir ini kalau kata saya kayak lagi makan pare, agak keras cuma kalau kecipir ini sih nggak pahit. Rasa aslinya hambar macam oyong, cuma kalau udah dikasih bumbu kan bumbunya jadi meresap. Apalagi ada rasa khas terasinya. 

Makasih banyak ya teman-teman udah mampir dan selamat mencoba.