Resep Sambal Terasi Kacang Panjang

Resep Sambal Terasi Kacang Panjang

Apa kabar, teman-teman?

Kembali dari edisi dunia persambelan, haha... Rekomendasi resep masakan olahan sambal terasi yang saya buat kali ini adalah, sambal terasi yang dicampurkan dengan irisan kacang panjang goreng. Sebelum masak-masaknya dimulai, saya mau bahas sedikit dulu ya tentang si kacang panjang ini...


Mampir juga ya di -> 5 Resep Olahan Sambal Terasi

Bagian dari kacang panjang yang biasa kita santap sebagai sayuran atau lalapan, kalau yang saya baca di Wikipedia, merupakan bagian buah yang masih muda, serta seratnya masih lunak.

Kacang panjang ini biasa tumbuh di daerah panas di Asia. Selain enak, ternyata kacang panjang juga punya banyak manfaat untuk membantu pengobatan, misalnya untuk pengobatan kanker payudara, leukimia dan kurang darah, antivirus serta antibodi, antioksidan, anti mengenang mantan walau foto di IG di-liked tiap posting, gangguan buang air kecil dan air besar, beri-beri, demam berdarah, serta sakit pinggang dan rematik.

Selain itu, kacang panjang juga bisa untuk meningkatkan sel darah merah dan juga nafsu makan. Apalagi dimakannya pakai sambal terasi ya, haha...

Kurang lebih ini ya yang saya baca dari Wikipedia. Moga bisa menambah wawasan teman-teman juga. Untuk lebih lengkapnya, teman-teman bisa baca langsung aja ya. Yuk sekarang kita mulai siapkan bahan-bahan yang diperlukan...


Bahan-bahannya:

5 batang kacang panjang (1 ikat), potong-potong, aduk dengan sedikit garam
Secukupnya minyak goreng
10 buah cabe merah

5 buah cabe rawit hijau
5 buah cabe rawit merah
4 siung bawang merah

1 siung bawang putih
1 buah tomat
1 sachet terasi

 2 ruas jeruk nipis
Sedikit garam


Lalu ini cara memasaknya ya...

Panaskan minyak goreng, lalu goreng kacang panjang dengan api sedang hingga empuk.

Panaskan minyak (sisa goreng kacang panjang nggak apa-apa) lalu goreng cabe merah, cabe rawit hijau, cabe rawit merah, bawang merah, bawang putih, dan juga tomat hingga layu. Gunakan api sedang aja.

Giling semua bahan sambal beserta terasi, jeruk nipis, dan juga garam. Bisa giling kasar maupun halus, kesukaan teman-teman aja.

Campurkan goreng kacang panjang, lalu aduk hingga merata.

Resep Sambal Terasi Kacang Panjang
Sambal Terasi Kacang Panjang
Sambal terasinya ini rasanya cukup pedas. Cabe rawitnya bisa diganti dengan cabe merah semua aja kalau teman-teman nggak begitu suka pedas. Kalau ikatan kacang panjang yang teman-teman beli melebihi dari ini sedikit, nggak apa-apa gunakan aja semuanya.

Makasih banyak ya teman-teman udah mampir dan selamat mencoba...