Resep Jamur Tiram Telur Puyuh Balado

Resep Jamur Tiram Telur Puyuh Balado

Apa kabar, teman-teman?

Jamur tiram, biasanya memang gampangnya dimasak sayur bening aja ya. Kalau lagi bosan, jamur tiram ini juga suka saya bikin untuk campuran bakwan atau gorengan aja. Selain itu, digorengan balado pun juga sama enaknya, seperti yang masak ini... jamur tiram yang dicampur dengan telur puyuh goreng.

Mampir juga ya di -> Resep Martabak Jamur Jagung

Sebelum nulis bahan masakannya, saya mau bahas sedikit ya tentang jamur tiram ini, dari yang saya baca di Wikipedia. Mungkin bisa bermanfaat juga untuk teman-teman ya...

Mengenali jamur tiram yang paling gampang tentu dari model dan warnanya, yaitu kayak bunga dan warnanya putih hingga krem. Kalau di alam bebas, jamur tiram ini ada di hampir sepanjang tahun di hutan pegunungan yang daerahnya sejuk.

Jamur tiram ini tumbuh di batang yang daunnya lebar atau tanaman berkayu. Tanamannya nggak memerlukan cahaya matahari yang banyak.

Selain enak, jamur tiram tentunya punya kadar gizi yang bagus juga. Dalam jamur tiram yang kita makan, terdapat protein, air, kalori (rendah), karbohidrat, serta sisanya itu berupa serat zat besi, kalsium, vitamin B1, vitamin B2, serta vitamin C.

Serat dari jamur tiram ini juga bagus untuk pencernaan, dan cocok pula dikonsumsi untuk yang lagi program diet. Wow...

Selain itu, jamur tiram juga bagus untuk menurunkan kolesterol, anti bakterial, serta anti tumor. Manfaat lainnya dari jamur tiram ini adalah bisa dijadikan semacam obat untuk penyakit lever, diabetes, dan juga anemia.

Ini kurang lebih yang saya baca di Wikipedia ya. Moga bermanfaat untuk teman-teman juga. Yuk sekarang kita mulai masak-masaknya...


Bahan-bahan yang diperlukan:

2 genggam jamur tiram. Bisa diris 2 atau 3 biar nggak lebar banget, lumuri dengan sedikit garam.
10 butir telur puyuh (biasanya udah 1 kantongan ini dijualnya, pakai aja semua kalau lebih sedikit)
Secukupnya minyak goreng


Bumbu gilingnya:

20 buah cabe merah
4 siung bawang merah
1 ruas jeruk nipis

½ sachet terasi
Secukupnya garam


Lalu ini cara memasaknya ya...

Panaskan minyak goreng, lalu goreng jamur tiram hingga empuk. Tiriskan biar minyaknya turun, karena minyak akan menempel banyak nih. Gunakan api sedang.

Panaskan minyak goreng, lalu goreng telur puyuh hingga berkulit kuning keemasan. Gunakan api sedang sembari diaduk biar kulitnya ini merata.

Panaskan minyak goreng, lalu goreng sambal hingga matang, berwarna agak oranye.

Masukkan jamur dan telur, lalu aduk hingga merata.

Resep Jamur Tiram Telur Puyuh Balado
Jamur Tiram Telur Puyuh Balado 
 Ini rasanya cukup pedas ya dan ada aroma terasinya yang bikin makan jadi makin mantap, hahah...

Makasih banyak ya teman-teman udah mampir. Moga bisa jadi rekomendasi masakan teman-teman ya...   

No comments:

Post a Comment

Hai, temans... Makasih banyak ya udah mampir. Semua komen lewat jalur moderasi dulu ya :D Don't call me "mak" or "bund", coz I'm not emak-emak or bunda-bunda :P