Resep Pastry Kentang Tahu Panggang Kompor

Resep Pastry Kentang Tahu Panggang Kompor

Apa kabar, teman-teman?

Kalau ngomongin pastry, biasanya memang identik dengan kue-kue manis dan juga gurih dari hasil panggangan oven ya. Ini juga yang dulu awalnya yang bikin saya malas beli kulit pastry, haha... karena oven juga belum jadi diganti-ganti.

Kalau banyak makanan yang juga bisa dipanggang kompor, kenapa nggak nyoba bikin pastry yang dipanggang kompor aja. Setelah bikin beef pastry dengan bumbu kari lada hitam yang dipanggang kompor, kali ini cemilan yang saya buat adalah pastry yang terbuat dari campuran kentang dan tahu, dengan adukan saus barbeque.


Kalau sebelumnya kulit pastry yang saya gunakan itu yang lembaran besar isi 25, kali ini saya belinya yang lembaran kecil isi 50. Ketimbang kulit lumpia, kulit pastry memang lebih tebal, jadi peluang bredel di kompor pun sangat kecil, kecuali diaduk-aduk mungkin ya, haha...


Yuk sekarang kita siapkan bahan-bahannya:

20 lembar kulit pastry, kurang lebih
Secukupnya minyak goreng
2 buah kentang ukuran besar, iris tipis, lumuri sedikit garam

1 bungkus tofu bungkus kecil 150 gram
10 lembar jamur kuping, iris tipis
4 siung bawang merah, iris

1 siung bawang putih, iris
½ siung bawang bombay, iris
1 batang daun bawang, iris

3 sdm saus barbeque
1 sdt lada bubuk
1 sdt oregano

Secukupnya margarin
 Secukupnya garam

1 sdt gula
1 butir telur


Lalu ini cara memasaknya ya...

Panaskan minyak, lalu goreng kentang hingga kuning keemasan.

Haluskan kentang macam bikin perkedel, lalu campurkan tofu, jamur kuping, bawang merah, bawang putih, bawang bombay, dan daun bawang. Aduk hingga merata.

Lelehkan margarin, lalu tumis adukkan dengan api kecil dengan campuran saus barbeque, lada, oregano, garam, dan gula. Aduk hingga jamur kupingnya empuk. Ini sebentar kok.

Matikan kompor, angkat, lalu campurkan telur. Aduk-aduk, lalu cobain ya rasa garamnya. Kalau kurang gurih, tambahkan sedikit margarin aja.

Ambil 1 lembar kulit pastry, isi kurang lebih 1 sdm makan adukan, letakkan di tengah lalu lipat memanjang.

Lelehkan 1 sdm margarin pada wajan anti lengket, lalu panggang pastry hingga garing dengan api pelan.

Resep Pastry Kentang Tahu Panggang Kompor
Pastry Kentang Tahu Panggang Kompor
Ini jadinya kurang lebih 20 porsi. Rasanya gurih agak pedas dari lada. Kalau ada stok lada hitam, pakai lada hitam aja. Tofunya bisa diganti dengan tahu putih biasa.

Telurnya memang dicampurkan terpisah setelah adukan matang, biar pas dipanggang, isinya jadi agak padat. Kalau lagi nggak ada stok jamur kuping, mungkin bisa diganti dengan jamur kancing atau jamur tiram. 

Bisa juga dengan sayuran lain kesukaan teman-teman. Penggunaannya disesuaikan aja ya. Kalau stok oregano nggak ada, nggak usah digunakan, cuma dengan penambahan oregano, jadi ada rasa gurih khas oregano juga.

Makasih banyak ya teman-teman udah mampir dan selamat mencoba...