Resep Perkedel Tahu

Cara membuat perkedel tahu, yang biasa juga disebut dengan bakwan tahu. Resep olahan tahu yang dicampurkan dengan sedikit tepung, telur, dan bumbu rempah, lantas digoreng hingga kuning keemasan.

Cara membuat perkedel tahu
Perkedel Tahu
Apa kabar, teman-teman?

Layaknya tempe, tahu juga merupakan salah satu makanan yang paling ada di meja makan kami. Mungkin begitu juga dengan teman-teman ya. Baik cuma dikukus atau digoreng siram sambal aja, tahu juga seringkali kami bikin olahan masakan lainnya, biar nggak bosan menyantapnya. Seperti yang saya tulis kali ini, yaitu gorengan perkedel tahu.


Kalau yang saya baca di Wikipedia, tahu merupakan olahan makanan yang dibuat dari endapan biji kedelai. Pertama kalinya, tahu ini ada di Tiongkok. Iya, begitupun dengan olahan kedelai lainnya ya kayak kecap dan juga tauco.

Kata “tahu” ini berasal dari bahasa Hokkian, yaitu “tauhu” yang artinya kedelai yang difermentasikan. Tahu ternyata udah dikenal sejak ribuan tahun yang lalu ya, yaitu sejak zaman dinasti Han sekitar 2200 tahun yang lalu. Wow...

Kalau di Jepang, tahu yang terkenal itu adalah tahu sutra. Tekstur tahunya lebih lunak dan kurang tahan yang dijadikan pengolahan masakan selanjutnya. Makanya, tahu sutra atau tahu Jepang ini lebih suka dimakan mentahan gitu aja.

Pada akhirnya, oleh para perantau Cina, tahu diperkenalkan ke para pecinta masak di seluruh dunia, hingga akhirnya sampai juga ke Asia Timur dan juga Asia Tenggara.

Di Indonesia sendiri, tahu ada yang berwarna putih dan juga kuning. Di Kediri, tahu udah menjadi makanan khas mereka. Begitupun dengan Sumedang ya, ngetop juga kan dengan kuliner tahu Sumedang.

Iyess... kurang lebih ini ya sejarah singkat tentang tahu seperti yang saya baca di Wikipedia. Moga bisa menambah wawasan kita-kita yang baru tau kayak saya ya, hehe... Yuk sekarang kita mulai bikin perkedel tahunya.

Cara membuat perkedel tahu, ini dia bahan-bahan yang diperlukan:

5 potong tahu putih ukuran sedang, bejek-bejek
1 buah wortel, kerik kulitnya, iris tipis atau potong dadu kecil-kecil
+_ 3 sdm terigu

Sedikit air
1 butir telur
1 batang daun bawang, iris

Secukupnya minyak goreng
1 sdm margarin


Bumbu gilingnya:

4 siung bawang merah
1 siung bawang putih
½ sdt lada

1 sdt ketumbar
½ ruas ibu jari kunyit

3 cabe merah
Secukupnya garam

Lalu ini cara memasak perkedel tahu:

Campurkan tahu, wortel, terigu, telur, daun bawang, dan bumbu giling. Aduk hingga merata. Kalau terlihat padat, bisa dikasih sedikit air.

Panaskan minyak goreng dan margarin. Lalu masukkan adonan kurang lebih 1 sdm. Goreng hingga kuning keemasan dengan api pelan menuju sedang.

Karena teksturnya nggak sepadat bakwan, jadi hati-hati ya pas mau membaliknya. Gunakan sendok makan aja biar nggak hancur.                      

Cara memasak perkedel tahu
Perkedel Tahu

Ini hasilnya kurang lebih 16 – 20 potong. Rasanya sih nggak pedas dan pastinya cocok untuk dijadikan cemilan maupun lauk.

Makasih banyak ya teman-teman udah mampir dan selamat mencoba...