Bloggers Gathering Viva di Dunia Fantasi


Apa kabar, teman-teman?


“Ketika teman saya diterima kerja di sini, ada yang bilang... baru kali ini saya ke Ancol dan Dufan. Ini artinya, ada orang Jakarta yang memang belum pernah ke Ancol dan Dufan.”


Saya menyimak kata sambutan yang diucapkan oleh Pak Reynold, perwakilan dari Dunia Fantasi ketika memberikan kata sambutan pada kami, bloggers yang hadir untuk seru-seruan di Dunia Fantasi alias Dufan bersama viva.co.id.

Orang Jakarta yang belum pernah ke Dufan? Cika alias adik sepupu saya lah salah satunya. Tiap kali ke Dufan, entah karena ada tiket promo atau pas adik saya dari kampung pingin liburan ke Dufan, selalu kami memilih di hari kerja. Biar enggak ngantri, dan lagi kerjaan saya pun fleksibel, jadi memungkinkan untuk liburan saat weekdays. Sedangkan Cika, weekdays merupakan harinya sekolah.

Ketika Sabtu kemarin, 7 April 2018, Dufan dan Viva mengajak kami para bloggers untuk liburan bareng, plus 2 tiket lainnya, langsung saya kabari Cika karena memang event-nya ada di hari Sabtu. Sayangnya Danti lagi ada perpisahan di Jogja, jadi nggak bisa ikut seru-seruan deh.

Sabtu pagi, berangkatlah kami – saya, Cika, dan Tante Mel alias Mamanya Cika menuju terminal busway Kampung Melayu. Sejak jalur busway Kampung Melayu – Ancol ini ada, inilah satu-satunya andalan transportasi kami tiap kali mau ke Ancol. Murah dan langsung nyampe...

Sekitar jam 9, tibalah kami di halte busway Ancol. Nggak lama kemudian, teman-teman bloggers yang naik busway pun semuanya udah kumpul, lalu melintaslah kami di pintu tiket masuk Ancol.

Sekilas saya lihat harga tiket masuk Ancol. Masih 25 ribu ya. Untuk anak-anak yang umurnya udah lebih dari 2 tahun, udah harus beli tiket. Turun dari loket Ancol ini, kami pun berjalan ke arah kanan dan ngumpul di depan loket tiket DuFan.


Sekitar jam 10, semua rombongan bloggers Viva pun udah komplit berdatangan. Kami  masuk ke dalam arena Dufan. Wahana ada yang udah mulai beroperasi, tapi kami ngumpul dulu di Panggung Prestasi.

Setelah say hi oleh kakak MC dari Viva, saatnya kami menyimak sedikit speech dari Pak Adi, yang merupakan perwakilan dari Viva.

Teman-teman tentunya udah pada tau ya, viva.co.id, sebuah portal online di mana kita-kita bisa dapat banyak info berita di sana. Selain bisa baca-baca, di Viva, kita-kita yang menjadi bloggers juga bisa submit blog kita, biar pembaca blog kita makin banyak, jadi makin meluas pula tentunya sharing yang kita tulis di blog.

Sebelumnya Viva juga udah sering ngadain gathering dengan para bloggers. Biar makin saling kenal dengan sesama bloggers. Kabarnya Viva akan makin sering ngadain acara kek gini. Horeyyy... pastinya kita-kita seneng banget dengernya, haha...

Selesai nyimak kata sambutan dari Pak Adi, lanjut kami menyimak kata sambutan dari Pak Reynold yang juga menjelaskan sedikit tentang Dufan.

Dufan merupakan bagian dari Ancol alias Taman Impian Jaya Ancol yang luasnya 18 hektar. Ondeh mandehhh... makanya gempor-gempor bergembira kalau pas kelilingin Dufan. Luas banget ya.

Saking luasnya, Dufan pun menjadi taman rekreasi tematik terbesar di Asia Tenggara. Wow... Dan nggak cuma itu, dari sisi kenyamanan dan keamanannya pun, Dufan udah punya standar internasional.

Makanya nggak boleh ngeyel ya kalau misalnya ada larangan untuk orang-orang yang tingginya kurang, ketika mau naik wahana, haha... Ketimbang nantinya bahaya, ye kan.

Dalam setahun, semua wahana di Dufan ini diaudit sebanyak 2 kali, biar bener-bener aman untuk pengunjung yang menggunakan.

Wahana di Dufan ini juga dibikin bertema, ada tema Indonesia tentunya, Amerika, Eropa, dan juga Yunani.

Dulu, waktu pas launching Ice Age, saya juga dapat undangan dari Dufan. Nah saat itu juga dijelaskan tentang Annual Pass, alias tiket Dufan yang cukup dibayar sekali dan bisa digunakan selama setahun.

Buat yang sering-sering main ke Dufan, pastinya Annual Pass ini berguna banget ya. Tiket Annual Pass ini juga bisa dibeli online, pemirsahhh... Nah selama di bulan April ini, ada diskon Annual Pass nih. Dari yang tadinya 600 ribu, jadi 299 ribu aja. Wew, bisa buat bikin 2 kartu neh.


Ke Dufan itu ngantrinya ajegile... Biasanya begini keluhan orang-orang kalau lagi ngomongin Dufan. Nah bagi yang ogah ngantri, Dufan juga punya Fast Trax alias tiket jalur khusus. Pas saya main ke wahana 4D ada nih 1 keluarga yang pakai tiket Fast Trax ini. Jadi begitu dateng, langsung masuk. Enak ye, haha...

Kalau saya bilang, Fast Trax ini bermanfaat banget untuk teman-teman yang lagi liburan ke Jakarta. Belum tentu kan bulan depan mentemen ke Jakarta lantas ke Dufan lagi. Jadi walau harganya sekitar 2x lipat dari tiket biasa, mentemen bisa puas-puasin semua wahana yang disuka. Bisa dapet banyak kan.

Oh ya, dulu waktu pas launching Ice Age juga, kami juga dihibur dengan parade Dufan. Kalau jadwal rutinnya, parade Dufan ini ada di hari Minggu tiap jam 4 sore. Ini keren banget memang. Ada marching band dan juga badut-badut Dufan.


Ngomongin tentang badut-badut Dufam, saya pun baru tau kalau ternyata badut Dufan itu ada 9 karakter, pemirsahhh... Bahkan si Dufan punya pasangan namanya Dufi. Alamakkk... itu pasangan apa anak kembar ya? Namanya mirip gitu. Atau para emak mereka pas beranak udah janjian kalau nama anak mereka miripan aja, trus pas udah gedenya dijodohin. Okehhh... lupakan analisa kagak jelas saya!


Selain ada diskon Annual Pass, ternyata di bulan April ini juga ada Magic House alias atraksi sulap. Uww... cukup beli tiket Dufan aja, bisa nonton sulap yang kecehhh sangat. Eh tapi kemarin itu saya nggak sempet nonton sih. Kami sibuk naik teriak-teriak dari atas Alap-Alap, hahah...

Kurang lebih ini yang dijelaskan Pak Reynold dari Dufan. Acara pun ditutup dengan foto bareng. Selesai sudah menyimak speech dari Pak Adi dan Pak Reynold. Selanjutnya adalahhhh.... saatnya menggila di atas wahana, ahahahah...


Eh enggak deng, kami makan siang dulu di Penyetan Dekko yang lokasinya deket Niagara. Selesai makan, saya dan Tante Mel nungguin Cika sholat Dzuhur dulu. Abis itu barulah petualangan kami di Dufan dimulai. Pokoknya terserah Cika mau naik apa aja.


Target yang pertama, Cika memilih ke Istana Boneka. Antrian yang cukup panjang, tapi kuota masuknya pun banyak. Jadi kami ngantri nggak lama amat sih. Ini ya video Istana Boneka dari sisi kiri. Ntar kalo pas ada rezeki ke Dufan lagi, saya mau videoin yang sisi kanannya, hahahah...



Selesai dari Istana Boneka, lanjut kami naik Alap-Alap alias cucunya Halilintar, hahah... Karena modelnya memang mirip Halilintar cuma nggak kelewat menyeramkan macam Halilintar.


Kelar naik Alap-Alap, kami pingin lanjut naik Ice Age, tapi karena ngantrinya masih panjang dan hari masih panas, kami memutuskan untuk ke Hello Kitty Adventure aja. Sebagai abegeh kedoyanan Hello Kitty dan warna pink, pastinya segambreng-segambreng selfie dan wefie Cika di sini.

Ini videonya pas saya ke sana sama Nisa ya, adek saya di kampung. Video narsisnya Cika menyusul...


Ini cerita lengkapnya: Ketemu Hello Kitty di Hello Kitty Adventure Dufan 

Lanjut kami naik Pontang-Pontang. Saya paling demen naik Pontang-Pontang ini pas lagi gerah, karena pas udah muter kenceng, jadi banyak angin. Pertama kali naik ini dulu, saya sempet takut. Sekarang mah udah bisa sambil ngambil video, ahahahah... Satu kursinya bisa dinaikkin bertiga dan itu artinya kami langsing. Setuju kan kalau kami langsing, bukan Cika doang, hahah...

Di sebelah alap-alap, ada naik wahana yang saya lupa namanya. Bentuknya kayak piring. Pikir saya, ah ini mah palingan macam Pontang-Pontang yang cuma buat nyari angin doang. Elalahhh... ternyata muter di atas dan lumayan gokil juga, hahah... Cika yang tadinya niatan mau ngambil video, alamakkk boro-boro. Pegangan aja susah karena dia duduk sendirian di depan.


Selesai badan oleng gara-gara naik wahana Piring muter-muter itu, lanjut kami naik Ice Age. Walau antrian agak panjang, tapi hari udah sore. Saya bilang, nggak pa-pa antri aja yuk daripada nggak ke sini nanti nyesel loh, haha... Karena buat saya Ice Age itu keren banget.

Oh ya, dulu kami dijelaskan kalau Ice Age itu katanya cuma ada 2 di dunia, yaitu di Jerman dan di Dufan ini. Entah kalau sekarang ya. Dulu pas saya denger, dalem hati saya bilang... gileee, di Singapur aja nggak ada.

Alhamdulillah nggak lama juga sih kami antri. Kalau di Ice Age ini nggak boleh pegang kamera. Ice Age ini merupakan wisata perahu yang kanan kirinya macam petualangan es. Tapi pastinya seru banget ketimbang Istana Boneka, karena perahunya bakalan naik turun sebanyak 2 kali, hahah... Latihan naik Niagara dah. Makanya anak-anak yang dibolehkan pun seusia SD ya.

Theater 4D merupakan penutup kegilaan kami di Dufan, hahah... Kalau ini antrinya lumayan lama. Kemarin itu film yang ditonton macam petualangan di atas langit. Ah saya lupa judulnya. Cuma ketimbang yang Log atau yang Pinguin, film kemarin itu kurang serem. Kalau yang Log atau Pinguin lebih banyak scene terjunnya, jadi pas kursi kami gerak ke bawah, berasa karena terjun beneran juga, hahah...

Selesai sudah seharian kami di Dufan. Selepas Cika sholat Maghrib, kami pun bersiap pulang. Oh ya, pas Cika sholat, saya dan Tante Mel duduk di taman dekat Rajawali. Dan ternyata ada Drinking Water di area ini. Wah Dufan udah macam Singapur aja ya, hahah... Ada Drinking Water-nya juga. Kami pun isi botol minum untuk perjalanan pulang.

Ini ya sedikit rekaman kami selama di sana kemarin...


Anyway, makasih banyak ya Dufan dan Viva udah ngajakin kami liburan bareng. Pastinya ini jadi pengalaman dan keseruan yang luar biasa untuk Cika, serta saya dan Tante Mel.




Makasih banyak juga ya teman-teman udah mampir. Moga bisa jadi rekomendasi wisata teman-teman ya.